Ragam Tips Membersihkan Cobek Batu

Banyak yang menduga bila cobek watu hanya cukup dibilas saja setelah dipakai. Padahal dengan telaten memperhatikan kebersihannya akan berguna untuk kesehatan keluarga di rumah. Berikut MAHI berbagi kiat membersih cobek watu yang mampu kita coba di rumah.


cobek batu
Tahu, tempe, ayam, daging, ataupun ikan yummy tersaji di atas cobek dan beralaskan sambal. (Foto: Shutterstock)

Cobek Batu


Cobek dan ulekan dari jenis kerikil yakni yang terbanyak dipakai di rumah tangga penduduk Indonesia. Untuk itu, cara membersihkannya juga berlainan dengan bahan keramik ataupun beling. Yuk, kita simak caranya berikut ini:


Bilas Cobek dan Ulek Dengan Air


Setelah selesai digunakan, segera bilas cobek dan ulek batu dengan menggunakan air hangat. Bahan kerikil dapat mudah kotor bila terlalu usang diendapi sisa bumbu yang bersifat asam ataupun berminyak.


Bersihkan dengan Telaten


Gunakan tangan ataupun sikat garang supaya lebih seksama membersihkan yang tertinggal. Setelahnya bersihkan dengan memakai sabun yang tidak diberikan pewangi. Sabun yang wangi justru akan meninggalkan wangi pada cobek dan akan berimbas pada bumbu yang hendak dibentuk berikutnya. Setelahnya, letakkan di kawasan cucian piring supaya kering.


Gunakan Beras supaya Lebih Bersih


Pertama tentukan dahulu cobek dan ulekan dalam kondisi kering. Kemudian, tuangkan sekitar dua sendok makan beras putih ke dalam cobek. Ulek sampai beras mulai berwarna gelap. Buang dan ulangi proses yang serupa hingga beras benar-benar putih, menerangkan bahwa cobek sudah bersih sepenuhnya.


Bilas dengan Air Hangat


Sebagai kelanjutan proses membersihkan dengan memakai beras, langkah selanjutnya adalah untuk membilas cobek dan ulekan dengan air hangat. Dengan membilasnya, maka sisa masakan pada cobek ataupun ulekan mampu hilang sepenuhnya. Setelahnya, letakkan di tempat cucian piring agar kering.


cobek batu
Masakan Republic of Indonesia diketahui memakai cobek sebagai media penyajian dan bukan sekadar dikala dimasak. (Foto: Shutterstock)

Cobek Granit


Selain watu, di dapur-dapur abad kini banyak juga yang memiliki cobek dan ulekan jenis lain, atau yang yang dibuat dari granit. Tentunya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika membersihkannya. Berikut ialah langkah-langkahnya:



  1. Bilas cobek dan ulekan secepatnya sesudah dipakai agar meminimalisir datangnya noda. Bahan granit rentan terkena noda membandel balasan masakan yang bersifat asam atau berminyak.

  2. Cuci cobek dan ulekan granit dengan menggunakan air hangat dan sabun atau cairan pembersih. Gunakan sabun tanpa wangi supaya tidak meninggalkan wewangian sehingga kuat pada masakan yang akan diolah. Untuk noda membandel, gunakan sikat.

  3. Bilas dengan air hangat untuk menghilangkan residu. Terakhir, gunakan lap higienis untuk mengelap cobek dan ulekan semoga noda air tidak membentuk di badan granit.


Demikian tips-tips singkat semoga cobek dan ulekan di dapur tetap higienis dan mampu digunakan hingga bertahun-tahun. Setelah higienis, pasti waktunya untuk memasak, bukan? Jangan lupa cek bagian resep dari MAHI untuk ilham memasakmu hari ini!


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel