Apakah Tenderloin Beef Itu? Para Penikmat Steak Wajib Mengetahui Ini

Sebagai penggemar steak, kamu niscaya tak abnormal lagi dengan tenderloin beef. Nah, apakah tenderloin beef itu?


Tenderloin atau dalam versi lokal disebut daging has dalam ialah bab daging yang berasal dari punggung sapi. Karena terletak di bagian badan sapi yang jarang digerakkan, tekstur daging sapi bab has dalam lebih empuk dibanding lainnya. Makanya para juru masak akan lebih sering menggunakan bagian daging ini untuk kuliner yang praktis dan hanya membutuhkan waktu sedikit untuk proses pemasakannya. Misalnya seperti steak, tumisan, ataupun carte grill.


Meski bertekstur empuk, kau wajib mengamati proses mengolah masakan tenderloin beef agar tekstur dan aspek juicy dari daging ini tidak rusak alasannya pembuatan yang kurang sempurna.


tenderloin beef
Agar lebih kenyang, suguhkan steak bareng sayuran grill. (Foto: Shutterstock)

Berikut yakni tips dan trik mengolah masakan steak menggunakan tenderloin beef:



  1. Saat akan membumbui daging dan mengolahnya, pastikan daging berada dalam suhu ruang biar proses pematangan optimal dan tekstur empuk serta sisi juicy-nya tidak hilang. Kemudian kecilkan suhu biar daging matang merata. Masak sekitar i-ii menit di setiap permukaan daging.

  2. Pastikan wajan datar atau grill pan benar-benar panas saat akan mengolah masakan daging. Suhu wajan yang panas akan mengunci serat daging dan menjaga sari daging di dalamnya. Inilah cara paling tepat supaya daging tidak kering ketika matang.

  3. Masak daging sapi sesuai dengan tingkat kematangan yang diinginkan. Pilih tingkat kematangan medium supaya cita rasa manisnya daging masih terasa.

  4. Untuk mengolah masakan steak, bumbui daging secara minimalis. Misalnya hanya dengan memakai garam, merica, dan herba mirip thyme atau rosemary agar rasa daging tetap secara umum dikuasai.

  5. Kamu juga bisa menggunakan lemak sapi selaku pengganti minyak. Dengan begitu rasa permukaan daging akan terasa lebih gurih.


tenderloin beef
Tenderloin beef juga bisa kau jadikan inspirasi bekal mudah. (Foto: Shutterstock)

Selain steak, daging sapi has dalam juga sedap dimasak dengan cara ditumis. Karena waktu mengolah masakan yang singkat, kamu dapat memarinasi atau melumuri daging dengan bumbu perendam supaya daging terasa lebih berbumbu. Misalnya untuk masakan teriyaki, yakiniku, tumis daging kecap, atau tumis daging asam manis. Sebagai inspirasi, kamu mampu mengintip resep-resep daging yang Tim MAHI kumpulkan.


Yuk, masak bekal sendiri dengan tenderloin beef!


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel