Kacang Hijau Bantu Turunkan Berat Badan. Ini Faktanya!

Kacang hijau dikenal oleh masyarakat Republic of Indonesia sebagai salah satu bahan kuliner sehat yang gampang diolah menjadi aneka macam jenis kuliner. Salah satu dari sederet jenis kacang-kacangan terkenal di Indonesia ini memegang takaran cukup besar penggunaannya dalam kuliner Nusantara. Sama halnya dengan kacang merah, kacang tanah dan kacang kedelai.


Seperti yang kau ketahui, kacang-kacangan adalah sumber protein nabati yang banyak mengandung vitamin dan zat yang bagus bagi badan. Bagi kamu yang menganut contoh hidup vegan dan vegetarian, tentu saja kamu telah terbiasa mengolah aneka kacang-kacangan selaku sajian utama ataupun pendamping.


Bubur kacang hijau terkenal di Indonesia
Kalau ingin lebih sehat, ganti santan dengan susu kedelai atau susu rendah lemak. (Foto: Shutterstock)

Tahukah kau bahwa mengonsumsi kacang yang juga ialah bahan pembuat taoge ini dapat menolong mengendalikan berat badanmu? Faktanya, materi isi onde-onde ini mengandung protein dan serat yang tinggi. Kedua argumentasi ini menjadikannya menghasilkan hormon cholecystokinin, ialah  hormon yang dapat membuat seseorang mudah merasa kenyang.


Selain mengandung serat dan poly peptide, berikut yaitu kebaikan lainnya dari kacang hijau:



  • Fitonutrien, ialah meningkatkan metode kekebalan badan dan mampu meminimalisir risiko penyakit degeneratif.

  • Mencegah penyakit jantung.

  • Mencegah kanker, karena bisa menghalangi kerusakan sel akhir radiasi.

  • Melancarkan pencernaan, karena kaya akan serat.

  • Kandungan didalamnya bisa menghasilkan kolagen yang mampu menunda penuaan.


Untuk kue tradisional biasanya menggunakan kacang hijau kupas yang dimasak bersama gula.
Diadaptasi dari kue terkenal Thailand, kudapan berisi kacang hijau kupas ini sungguh menggemaskan. (Foto: Shutterstock).

Bagaimana cara menikmati kacang serbaguna ini? Ada berbagai hidangan yang dibuat dari bahan ini. Misalnya saja yang terpopuler adalah bubur kacang hijau, bubur gunting, kudapan manis ku, pia, hingga suun. Pada masyarakat Republic of Indonesia timur, kacang yang senantiasa tersedia setiap dikala ini juga dijadikan selaku salah satu materi isi sup daging sayuran atau sup ayam sayuran.


Kamu juga bisa bereksperimen dengan kacang sarat gizi ini dengan mengolahnya menjadi kudapan manis kering (dari tepung kacang hijau), es kacang hijau, atau pudding yang diaduk dengan kacang jenis lain – contohnya saja kacang merah.


Jadi, mulai kini kau akan lebih sering memakan bubur kacang hijau, dong? Supaya lebih sehat, ganti santan dengan susu rendah lemak atau padukan juga dengan susu kedelai.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel