Cari Tahu Tips Masak Sayur Sup Kesukaanmu di Sini

Sup yaitu sajian menu berkuah favorit dari sederetan masakan di Nusantara. Apalagi sup ayam sayuran, kita pasti takkan bisa menolak kelezatan kuliner rumahan yang satu ini. Tapi sebelum memasaknya, kita wajib mengerti tips masak sayur sup yang bisa membantumu menghasilkan kuah sup yang sedap dan segar.


Di Indonesia, jenis hidangan sup sangat banyak dengan materi utama hewani yang berlawanan-beda – mirip sapi, kambing, ayam, dan ikan. Variasinya pun terbilang banyak dan sering dihidangkan bareng lontong ataupun bihun mirip soto. Beberapa kiat masak sayur sup ini dikelompokkan berdasarkan materi terutama.


Sup atau soto berbahan tulang iga atau sumsum


Untuk sup berbahan tulang iga atau tulang sumsum, rebus tulang iga atau sumsum sebanyak dua kali untuk menghilangkan kotoran dan menghemat lemak berlebih pada materi utama. Caranya yakni dengan merebus tulang sumsum atau iga sampai mendidih, buang airnya dan cuci bersih dari kotoran yang menempel di panci. Ganti dengan air baru untuk membuat kaldu atau sup. Agar sari-sari dalam tulang keluar, rebus kaldu selama berjam-jam dengan api kecil.


tips masak sayur sup
Kehadiran bahan penyedap kaldu seperti wortel, seledri, dan bawang sangat pentind dalam sup. (Foto: Shutterstock)

Sup ikan atau seafood


Pastikan ikan didapat dalam kondisi segar dan tidak berbau anyir untuk menghasilkan kuah yang sedap. Sertakan bumbu atau rempah seperti serai, jahe, daun jeruk, lengkuas, dan bawang-bawangan pada proses perebusan untuk menyamarkan anyir ikan. Untuk sup seafood, gunakan tulang ikan atau kulit dan kepala udang untuk membuat rasa kaldu yang kuat.


Sup ayam


Gunakan banyak tulang dengan daging untuk menciptakan kaldu yang kaya rasa. Untuk sup ayam, kita mampu memakai bagian punggung dan paha untuk menghasilkan kaldu gurih. Untuk sup sayuran, masukkan belahan dada ayam di tengah proses memasak karena bab dada ayam yang cenderung lebih singkat matang. Selain itu, mencelupkan bawang bombay ketika merebus kaldu menciptakan cita rasa kaldu lebih sedap dan kaya.


tips masak sayur sup
Menyiapkan stok kaldu ayam akan menolong banyak proses mengolah masakan di waktu mendatang. (Foto: Shutterstock)

Jika ingin menyiapkan sup dengan cepat, terutama untuk sup berbahan daging yang durasi memasaknya cukup memakan waktu, kita mampu mempersiapkan beberapa macam kaldu dalam freezer. Caranya, masak kaldu dengan bahan utama dan bumbu. Setelah matang, biarkan sampai tidak panas.


Simpan kaldu dalam freezer dengan ukuran sesuai dengan keperluan sekali masak. Kita bisa membagi kaldu dalam beberapa daerah semoga memudahkan kita ketika mencairkannya. Saat akan mengolah masakan, kita hanya memanaskan kaldu siap pakai, dan memasaknya bersama sayuran atau bahan isi yang lain. Jauh lebih simpel!


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel