10 Kuliner Unik Indonesia yang Selalu Bikin Kangen

Bumi Nusantara begitu kaya akan masakan unik dan rasanya yang tak tergantikan. Inilah yang menciptakan lidah penikmatnya enggan berpaling pada rasa lain dan akan senantiasa mengidolakan makanan negerinya sendiri. Saat jauh dari rumah, kita tentunya akan selalu kangen dengan cita rasa lokal yang sangat khas. Tim MAHI menghimpun sebagian yang difavoritkan dari terlalu banyak kuliner unik Republic of Indonesia yang nyatanya senantiasa dirindukan.


i. Satai Lilit


Keunikan satai lilit terletak pada batang serai yang dipakai selaku pengganti tusuk satai sekaligus pemberi odor dan rasa serai yang khas. Bicara soal masakan Bali yang eksotis, satai lilit akan senantiasa hadir selaku salah satu yang dijagokan. Satai lilit tidak hanya disukai oleh warga asal Bali, namun sudah menjadi favorit masyarakat Indonesia serta bahkan para wisatawan abnormal.


2. Mi Ayam


Sajian mi memang banyak tersedia di mancanegara dengan berbagai versi, namun tak ada yang bisa mengambil alih kelezatan semangkuk mi ayam yang ialah masakan unik Republic of Indonesia. Mi telur segar dibumbui dengan minyak bawang dan diberi topping daging ayam yang ditumisSulit untuk menolak tawaran seperti ini!


Sebagai salah satu sajian terkenal yang favorit, beberapa tempat mempunyai gaya mengolah makanan mi ayam yang berlawanan. Misalnya di daerah Jawa, ayam tumis diolah dengan bumbu kuning dan diberi kecap manis. Ada juga model kawasan yang dipengaruhi oleh peranakan Tionghoa, daging ayam biasa ditumis dengan bumbu kecap asin. Wah, yang mana ya yang menjadi terfavorit?     


iii. Soto


Kepopuleran soto sebagai salah satu kuliner khas Nusantara memang sudah tak diragukan lagi. Ini juga yang menjadi alasan mengapa soto diseleksi selaku salah satu dari 5 Makanan Nasional Republic of Indonesia oleh Kementerian Pariwisata. Beberapa acuan soto yang terkenal adalah Soto Betawi, Soto Lamongan, Coto Makassar, dan Soto Medan.


4. Sup Buntut


Tidak semua orang mampu mengolah makanan sup buntut enak. Ini juga yang menyebabkan alasan mengapa penikmatnya senantiasa menyantap sup buntut di rumah makan atau kedai makanan favorit. Sup buntut yang sedap biasanya kuahnya tak terlalu berlemak tetapi kaya akan rasa buntut daging sapi yang gurih dengan bumbu dan rempah yang pas.


kuliner unik
Rebus kaldu sop sebanyak dua kali biar lemaknya berkurang. (Foto Shutterstock)

v. Nasi Kuning


Dikenal selaku kuliner perayaan dan juga carte du jour sarapan dengan beberapa lauk pelengkap, nasi kuning yakni kuliner yang membutuhkan antisipasi yang cukup panjang. Masing-masing tempat di Indonesia yang mempunyai ciri khas nasi kuning yang berlawanan, utamanya dari lauk atau pelengkapnya. Salah satu acuan ialah nasi kuning Bandung yang khas dengan sambal oncom, atau nasi kuning khas Gorontalo dan Manado yang dihidangkan dengan telur rebus dan sambal roa. Unik!


six. Bakso Kuah


Siapa yang tak suka dengan semangkuk bakso kuah panas? Bakso yakni opsi yang tak pernah salah dan senantiasa sedap dimakan kapan saja. Demi menciptakan semangkuk kuah bakso yang sedap, penjualbakso harus merebus tulang atau dengkul sapi selama beberapa jam dalam panci yang besar dan dalam.


vii. Rujak


Salad buah model Indonesia ini menggunakan variasi buah khas alam tropis mirip nanas, mangga, jambu air, mentimun, pepaya, dan ubi merah. Jika dibandingkan dengan salad buah di negara lain, pastinya rujak sangatlah unik. Belum lagi cocolannya yang bercita rasa pedas dan manis. Segar!


kuliner unik
Selain rujak tumbuk, ada juga rujak serut. (Foto: Shutterstock)

eight. Rawon


Sup daging asal Jawa Timur ini memang sungguh khas dengan warna gelap berkat bantuan keluwak. Selain rawon klasik dengan bahan daging sapi bab sandung lamur, rawon juga populer dari racikan kuah kaldu dengkul sapi. Jangan lupa dengan telur asinnya jika ingin rasanya ingin lebih spesial.


ix. Rendang


Bukan cuma disenangi oleh masyarakat Indonesia, keharuman nama rendang juga menobatkannya selaku salah satu masakan terenak di dunia model CNN. Saking fanatiknya orang Indonesia kepada rendang, masakan khas Sumatera Barat ini kerap berkeliling dunia selaku bekal atau oleh-oleh.


ten. Pempek


Kuah cuko yang asam dan pedas selaku cocolan pempek ikan jadi balasan mengapa pempek adalah salah satu masakan Indonesia yang unik dan bikin kangen. Meski restoran atau rumah makan Indonesia di mancanegara menyuguhkan pempek, nyatanya kenikmatan jajan pempek di tanah air akan senantiasa lebih sedap. Setuju, kan?


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel