Yuk, Pelajari Cara Makan Kepiting Seperti Seorang Penikmat Kuliner Profesional!

Bagaimana tepatnya cara makan kepiting supaya kenikmatan terasa maksimal? Itu ialah satu pertanyaan yang diajukan para penggemar menu boga bahari. Hewan maritim jenis krustasea ini memang istimewa. Selain harganya yang tidak murah, kepiting biasanya tersaji hanya di abad ada momen istimewa. Apakah itu alasannya adalah gres gajian, atau memang ketika program makan besar bareng keluarga tersayang.


Maka dari itu, penting untuk mengetahui cara makan kepiting yang benar. Tujuan lainnya adalah agar tidak ada daging yang tersia-siakan. Tentu sayang bukan jikalau ada bab-bab khusus yang tidak sukses dikeruk hanya karena kesusahan untuk mengambilnya? Berikut Tim MAHI menyebarkan beberapa tips khusus untuk dicoba segera pada acara makan selesai pekan ini!


Persiapan


pelajari cara makan kepiting cabai khas Singapura
Kepiting yang bersaus banyak mirip ini akan menciptakan tangan berlumuran. Siapkan taplak plastik dan celemek agar lebih rapi menikmatinya. (Foto: Shutterstock)

Menikmati sajian seafood umumnya mewajibkan kita menggunakan tangan. Alasannya sederhana – lebih gampang sekaligus lebih seru! Khusus untuk kepiting, lazimnya akan tersaji dengan lumuran saus yang enak. Maka dari itu bila ingin mencicipinya di rumah, tentukan untuk merencanakan semacam taplak plastik yang gampang untuk dibersihkan. Bahkan biar mempertahankan baju tetap higienis, pertimbangkan juga untuk mengenakan celemek.


Selebihnya, siapkan beberapa perlengkapan yang hendak membantu kita untuk lebih gampang mengeruk dagingnya. Contohnya yakni garpu kecil, palu, ataupun penjepit yang masing-masing memiliki fungsi khusus. Umumnya alat-alat ini tersedia di restoran dan jangan lupa untuk menggunakannya. Biasanya dikala bertandang ke warung-warung seafood, maka tanganlah yang menjadi senjata utama.


Saat menikmati kepiting


cara makan kepiting yang tepat adalah menggunakan tangan
Serunya bersantap kepiting dengan tangan! Lengkapi dengan alat-alat lainnya biar semua daging dapat dinikmati. (Foto: Shutterstock)

Setelah kepiting tersaji, yang pertama dikerjakan yaitu memisahkan kaki-kaki kepiting dari badannya. Lakukan gerakan pelintir biar lebih gampang melepasnya. Sisihkan bab kaki beserta capitnya untuk nanti dicicipi.


Selanjutnya adalah bagian badannya. Lepaskan bagian “celemek” dari kepiting – umumnya berupa mirip lempengan kulit kecil yang menjulur keluar. Kemudian, pisahkan bagian atas badan kepiting yang berbentuk lempengan besar dengan bagian bawah badannya. Lakukan proses yang satu ini dengan hati-hati.


Ketiga, belah dua bagian bawah badannya yang berisi daging ini. Nikmati dengan tangan atau gunakan pisau dan alat-alat yang lain untuk mengeruk bab yang agak susah.


Terakhir dan yang paling menantang yakni menikmati daging yang berada di dalam kaki ataupun capit. Gunakan penjepit untuk meretakkan capitnya. Buka perlahan dengan menggunakan tangan ataupun alat makan lainnya. Palu juga mampu dipakai untuk meremukkan bagian kulit yang sulit untuk dikupas. Gunakan garpu kecil untuk mengambil daging yang sulit untuk dicapai dengan jari ataupun alat makan pada umumnya.


Tidak lupa, pelajari kiat-kiat untuk mengolah masakan kepiting yang praktis. Sebagai pendamping hidangan istimewa ini, beberapa resep seperti Nasi Cumi Cabe Hijau, Ikan Goreng Kecap Manis, ataupun Udang Goreng Mentega. Jangan lupa juga untuk cek bab bumbu-bumbu yang bakal diharapkan dikala proses mengolah makanan nanti.


Demikian kiat-kiat singkat dari Tim MAHI khusus untuk sahabat sekalian yang berencana untuk menikmati makan malam seafood simpulan pekan ini bareng keluarga tersayang. Praktekkan kiat-kiat ini dan ajari keluarga cara makan kepiting seperti seorang profesional. Semua pasti akan terkagum-takjub!


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel