Suka dengan Jeruk Peras? Kenalilah Beragam Manfaatnya di Sini!

Rasanya hampir tidak mungkin ada penduduk di muka bumi ini yang tidak menyukai jeruk peras. Rasanya yang kecut manis menyegarkan seolah memberikan semangat dan kesegaran tersendiri, apalagi saat menghadapi hari yang panas. Warnanya yang kuning oranye begitu bagus untuk dilihat, seakan terbit air liur meski rasa haus belum meradang.


Sayangnya banyak dari kita yang cuma meminumnya tanpa mengetahui manfaat dan hal-hal yang lain yang bergotong-royong mampu menyebabkan jeruk peras lebih spesial. Mari simak ceritanya berikut ini!


Manfaat jeruk peras bagi kesehatan


Berasal dari perasan buah citrus atau jeruk, minuman ini digadang-gadang sebagai salah satu yang tersehat di dunia. Ini dikarenakan faedah kesehatannya begitu bermacam-macam. Contohnya seperti memperkuat imunitas berkembang, menghalangi penuaan, menolong perbaikan sel dan metabolisme, serta detoksifikasi. Minuman ini juga mampu membantu menangkal kanker, mencegah inflamasi, menurunkan tingkat kolesterol, serta memperlancar anutan darah dalam badan.


segelas jeruk peras yang sedang diangkat
Begitu banyak kandungan gizi dalam segelas jeruk peras. (Foto: Shutterstock)

Tidak cuma selaku jeruk peras, selaku buah yang utuh untuk dimakan juga sama bermanfaatnya. Namun sebagai minuman, penting untuk kamu ketahui bahwa manfaatnya akan optimal hanya jika tidak mengandung zat pengawet ataupun gula.


Kemudian secara nutrisi, dalam jeruk peras terkandung banyak vitamin serta mineral. Misalnya saja vitamin A, vitamin C, potassium, folat, thiamin, tembaga, magnesium, dan banyak sekali macam yang lain. Bersyukur kita yang hidup di Indonesia dapat begitu gampang mendapatkan buah jeruk sepanjang tahun, sekarang dengan varian yang berbeda-beda. Rasanya hidup sehat itu yaitu sesuatu yang gampang untuk diraih, bukan?


Maksimalkan kandungan nutrisinya


Minuman jeruk dalam bungkus sebaiknya memang perlu dikesampingkan karena kandungan gula atau pengawetnya bisa berlebih. Namun jeruk yang masih segar diperas juga bergotong-royong rentan kehilangan kadar nutrisinya. Ini mampu disebabkan alat yang digunakan untuk memeras jeruk umumnya menjadi panas dan suhu yang meninggi ini menimbulkan kandungan nutrisi dari jeruk berkurang.


jeruk peras dari hasil cold press
Cold-pressed juices kini telah menjadi minuman kontemporer. (Foto: Shutterstock)

Itulah sebabnya teknik kontemporer dalam ilmu peras memeras sayuran atau buah-buahan disebut dengan common cold-press. Mesin juicer jenis cold-press memakai tenaga hidrolik yang mempertahankan suhu bab alat yang bersentuhan dengan sayur dan buah tetap sejuk. Namun kekurangannya, proses ini lebih menyantap waktu dan dengan output yang lebih kecil. Sehingga tidak jarang common cold-pressed juice dibanderol dengan harga lebih mahal.


Suhu panas dari mesin jus kebanyakan bisa menghancurkan enzim dan nutrisi yang berguna. Beberapa jenis sayur contohnya memang perlu diolah terlebih dahulu karena alasan kesehatan, namun beberapa yang mampu diolah secara sekurang-kurangnyajustru mempunyai nilai gizi yang lebih tinggi. Begitupun dengan buah jika ditangani secara “sejuk” dengan memakai teknik ini.




Jeruk yang diperas secara tradisional tentu tetap tersadar segala nilai nutrisinya. Namun ketika dibuat menjadi jus, perlu juga kita menyadari bahwa ada saja kemungkinan berkurangnya gizi karena prosesnya yang menggunakan tenaga panas. Lain halnya tentu jikalau menggunakan teknik cold-pressed.


Sehingga kini kau mampu lebih membayangkan kekayaan manfaat dari jeruk dan bagaimana cara mengolahnya yang baik. Begitu cocok rasanya menikmati minuman jeruk sambil menikmati bermacam-macam sarapan sehat kekinian, bukan? Apalagi, selaku teman bekal ke kantor. Sudah pernah mencoba resep Sandwich Tempe? Tepat dipadankan dengan minuman jeruk.


Bicara soal minuman sehat, salah satu yang sedang kontemporer juga yaitu susu almond. Sebagai camilannya, banyak juga jenis kacang-kacangan yang menyehatkan. Seru, bukan? Mari kita mulai hidup sehat dimulai dari segelas jeruk peras!


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel