Yuk, Kenali Berbagai Manfaat dari Buah Apel dan Beragam Jenisnya

Tanggal ane Desember di Amerika Serikat digaungkan selaku Hari Nasional Makan Buah Apel Merah. Menarik untuk memeriksa hal ini sebab apel merah memang selalu diasosiasikan dengan apelnya orang Amerika. Meskipun Republic of Indonesia juga memiliki varian apel Malang yang terkenal, ternyata buah apel lebih banyak lagi jenisnya. Selain itu, buah yang bagus renyah ini terlalu banyak manfaatnya untuk kesehatan.


pai yang terbuat dari buah apel
Pai apel, satu sajian yang menciptakan buah ini makin terkenal! (Foto: Shutterstock)

Yuk, kita tinjau satu per satu mengenai keunggulan buah ini dan aneka macam jenisnya yang terkemuka!


Manfaat buah apel untuk kesehatan


Bahasan buah apel kita mulai dengan suatu peribahasa renta, “An apple tree a 24-hour interval keeps the MD away”. Yang berarti jika buah ini memiliki banyak makna penting bagi kesehatan. Terlebih lagi, apel yakni buah yang paling dibudidayakan di dunia serta salah satu yang terbanyak dikonsumsi. Tidak salah jika ada yang menyebut apel selaku “buah mukjizat”.


buah apel red delicious
Red Delicious, produk bersejarah yang menjadikan kita mengasosiasikan apel dengan warna merah. (Foto: Shutterstock)

Mengapa demikian? Satu studi yang dicantumkan dalam sebuah jurnal kesehatan Experimental Biology too Medicine di tahun 2006 menyatakan bahwa mengonsumsi apel dapat menolong mempertahankan kesehatan otak. Ini dikarenakan bagian apel bisa memperlambat ajal sel dalam otak balasan oksidasi ataupun inflamasi. Ternyata buah ini tidak cuma berperan untuk membakar lemak dan menolong hitungan kalori yang lebih rendah. Lebih jauhnya, buah apel juga menghadirkan manfaat bagi penderita Alzheimer serta meminimalkan resiko stroke.


Kandungan apel sendiri begitu kaya akan antioksidan, flavanoid, serta serat. Ini dapat membantu juga menangkal kanker, hipertensi, penyakit jantung, serta diabetes. Maka secara nutrisi, buah apel memiliki vitamin C, vitamin B-kompleks serta mineral.


Secara umum, buah apel aman untuk disantap sehari-harinya. Hanya saja hindarilah bagian bijinya alasannya berpotensi mengandung sianida dan tidak aman kalau dimakan dalam jumlah banyak. Selain itu menurut satu studi oleh seorang profesor di bidang kedokteran gigi, rasa apel yang cenderung masam mampu lebih berpeluang merusak gigi dibandingkan minuman bersoda.


Pertanyaan yang sering diajukan adalah tentang kulit apel, apakah pantas dikonsumsi atau tidak? Ternyata beberapa studi menyarankan kita supaya memakannya. Ini dikarenakan kandungan serat serta antioksidan ternyata banyak terkandung di bab kulit buah apel. Melegakannya lagi, beberapa ilmuwan menyatakan bahwa secara konsisten tingkat pestisida yang melekat pada kulit sangatlah rendah.


Jenis-jenis buah apel yang terkenal


Meskipun Amerika Serikat khusus merayakan Hari Makan Buah Apel Merah, tetapi pantas kita ketahui bahwa buah apel tidaklah senantiasa berwarna merah. Varietas apel begitu bermacam-macam, dengan warna serta rasa yang juga berlawanan-beda. Mari kita lihat beberapa yang terkenal di dunia:


1. Red Delicious


Inilah apel yang paling terkenal di dunia. Dibudidayakan sejak tahun 1800an akhir, Red Delicious menjadi simbol bergotong-royong apel “haruslah” berwarna merah. Rasanya agak elok, renyah, dan cocok untuk dirasakan dalam sepiring salad segar.


two. Honeycrisp


buah apel honeycrisp
Honeycrisp menjadi pesaing berat di pasar yang dulunya dikuasai Red Delicious. (Foto: Shutterstock)

Pemunculannya yang gres sekitar xx tahun lalu mulai menggoyahkan dominasi Red Delicious. Ini dikarenakan Honeycrisp memiliki rasa yang anggun, juicy, dan sesuai namanya – renyah. Selain itu, jenis ini lebih fleksibel digunakan dalam aneka macam kuliner mirip salad, pai, saus, serta untuk makanan yang dipanggang.


three. Granny Smith


buah apel granny smith
Granny Smith, apel dengan cita rasa masam yang begitu populer. (Foto: Shutterstock)

Berasal dari Australia, jenis apel Granny Smith ini terkenal karena warna hijaunya. Sesuai namanya Granny Smith memang kurang lebih seumuran dengan pemunculan Red Delicious di periode lampau. Rasanya yang lebih cenderung masam cocok untuk disuguhkan dalam bentuk salad ataupun pai apel.


iv. Fuji


Sesuai namanya, salah satu apel termanis di dunia ini berasal dari Jepang. Warna merahnya ternyata berasal dari persilangan antara Red Delicious dengan jenis lainnya. Rasa cantik dari apel Fuji menjadikannya cocok untuk disantap eksklusif serta diaplikasikan dalam berbagai teknik memasak.


5. Gala


Kalau Australia punya Granny Smith, maka New Zealand punya Gala. Apel yang satu ini begitu aromatik dan mempunyai rasa yang sangat bagus. Warnanya sendiri begitu unik – dasarnya berwarna kuning dan ditumpangi paduan warna pinkish serta oranye. Apel Gala paling cocok untuk dicicipi langsung, sebagai materi untuk salad serta untuk menciptakan saus.


Demikian berbagai manfaat dari buah apel yang mampu kita pelajari kali ini. Bahkan dalam bentuk cuka apel sekalipun menghadirkan faedah untuk kesehatan. Sungguh mempesona untuk menjadikannya sebagai bahan petualangan para pencinta masakan ataupun yang kegemaran masak! Kalau tergiur, cobalah berbagai jenis yang belum pernah dicoba sebelumnya. Nikmati pribadi sehabis berolahraga ketika Car Free Day nanti ataupun siapkan untuk dimasak. Jadikan selesai pekan kali ini berbeda dari biasanya!


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel