Inilah Variasi Salad Dressing Untuk Inspirasi Diet Kamu

Di masa makanan sehat seperti sekarang ini, kian banyak tipe salad ataupun salad dressing yang kita jumpai setiap harinya. Mungkin saja kita sudah mulai mengetahui unsur-bagian materi dalam semangkuk salad , namun soal salad dressing bisa jadi masih ada keraguan. Di sinilah peran saya untuk membuatkan sedikit banyak cerita mengenai berbagai tipe salad dressing dan apa yang tepat dipadankan dengannya.


tiga botol berisi salad dressing yang berbeda
Contoh beberapa tipe salad dressing. (Foto: Shutterstock)

Dikarenakan hidangan salad lazimnya berasal dari kebudayaan kuliner Barat, maka pertama-tama yang perlu kita ketahui adalah pembagian dua jenis dressing – vinaigrette atau creamy. Nah, apa sih yang menjadi perbedaannya?


Vinaigrette


Vinaigrette ialah emulsi atau perpaduan antara minyak untuk salad dengan cuka. Tapi biasanya tidak hanya itu alasannya ada paduan bumbu yang lain yang mengakibatkan salad dressing jenis ini lebih kaya rasanya. Contohnya ada paduan herba, rempah, gula pasir, garam, merica, dan banyak sekali bahan yang lain. Pemilihan minyak untuk salad juga bisa bermacam-macam. Misalnya saja ada minyak kedelai, minyak canola, minyak bunga matahari, minyak jagung, ataupun safflower fossil oil dan grape seed crude. Pastikan juga untuk mempersiapkan aneka macam jenis minyak lainnya untuk kebutuhan masak sehari-hari.


salad dressing vinaigrette
Rasa dressing vinaigrette begitu sederhana namun menyegarkan! (Foto: Shutterstock)

Bisa jadi kau akan menemui kata French dressing, meskipun sejatinya satu tipe dengan vinaigretteLucunya, orang Amerika Serikat dan Kanada menciptakan juga apa yang disebut sebagai Italian dressing. Bedanya yakni dia memakai air, cuka atau jus lemon, minyak sayur, potongan paprika, serta gula dan perpaduan herba-herba mirip fennel, dill, oregano, dan garam.


Bisa ditarik kesimpulan jika vinaigrette biasanya mempunyai cita rasa lebih masam, sedikit berminyak, dan menyegarkan. Cocok untuk dipadukan dengan banyak sekali sayuran yang bermutu dan sejuk. Hasilnya ialah sebuah salad yang terasa ringan dan menyehatkan.


Creamy


Disebut demikian, pasti sebab tekstur dan bahannya yang membuatnya berasa tebal dan lembut. Mungkin inilah jenis salad dressing yang paling diketahui di Republic of Indonesia. Dasar dari materi yang digunakan adalah mayones atau produk susu fermentasi seperti yogurt, sour creme, sampai buttermilk.


Kelebihan dari dressing tipe ini adalah rasanya yang begitu berisi. Hanya saja kita harus cermat menentukan bahan-bahannya. Dressing yang creamy cenderung mampu menyebabkan materi-materi salad lembek ataupun tidak lagi renyah. Untuk itu seleksilah sayur yang tepat, telur separuh masak, atau materi-bahan yang kuat menerima “beban” seperti ini. Dengan pemilihan dan paduan yang tepat ini, salad akan menjadi sebuah hidangan yang membuat kenyang! Tambahkan juga beberapa macam sayuran super sehat yang biasa dimakan oleh para vegan.


honey mustard salad dressing
Honey mustard, manis dan masam dengan tekstur creamy. Cocok untuk mewarnai salad kesukaan! (Foto: Shutterstock)

Sekarang kau telah mengenal dua tipe utama dari salad dressing. Mengenai turunannya ternyata masih banyak lagi. Misalkan saja ada Caesar saladRussian dressing, dearest mustard, wafu dressing dari Jepang, serta dressing yang memakai blueish cheese, ataupun tahini dari Timur Tengah. Bahkan cuka apel juga bisa dijadikan materi untuk dressing.


Manakah yang kamu suka? Ayo segera berbelanja keperluan menciptakan saladmu dan persiapkan sausnya. Bisa jadi besok kamu ingin membuatnya menjadi bekal untuk makan siang yang menyehatkan!


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel