Siapkan Hal-Hal Berikut Ini agar Hasil Masak Ayam Gepuk Pedas Sukses Maksimal

Apakah kamu salah satu dari jutaan kaum millennial yang ketagihan dengan ayam gepuk pedas yang sensasional? Pastinya kau ingin tau dengan bagaimana cara menciptakan kuliner ayam terpopuler ketika ini di Republic of Indonesia.


Sebagai pandangan baru, aku ingin menyebarkan apa-apa saja yang kamu perlukan agar bisa menjadikannya sendiri di rumah. Selain kompor, ada beberapa perlengkapan masak yang bakal menunjang proses menciptakan ayam gepuk pedas. Ternyata tidak sembarang lho persiapannya!


Alat masak


Berikut ialah beberapa yang perlu kamu rencanakan:



  1. Wajan atau penggorengan: Wajan deep-frying atau wok dibutuhkan untuk mengungkep daging ayam dan menggorengnya. Wajan yang dalam dan cekung akan menciptakan ayam terendam minyak sepenuhnya biar permukaannya garing merata.

  2. Saringan: Proses menggoreng daging ayam membutuhkan saringan untuk mengeluarkannya dari wajan sekaligus meniriskannya. Pilihlah saringan dengan jaring lebar agar lebih mudah dipakai saat menyaring materi makanan berskala sedang seperti penggalan ayam ini.

  3. Spatula atau sodet stainless: Untuk mengaduk dan menumis bumbu, gunakan spatula berbahan logam dengan bentuk yang agak cekung ke bab dalam. Selain memudahkan untuk mengaduk bumbu ungkep saat ditumis, kau juga bisa membalikkan ayam secara perlahan dengan mudah supaya daging ayam tak lantas hancur permukaannya.

  4. Cobek kerikil: Untuk menciptakan sambal bawang yang sedap dengan tekstur yang cantik, maka cobek kerikil ialah kuncinya.

  5. Spatula plastik: Ini adalah alat bantu dikala mengulek sambal bawang.


Peralatan menggoreng untuk ayam gepuk.
Wajan, sutil, dan saringan yang wajib dipunyai untuk menggoreng. (Foto: Shutterstock)

Bahan dasar ayam gepuk pedas



  1. Ayam segar: Kamu bisa memakai ayam kampung, ayam broiler, atau ayam probiotik. Potong ayam menjadi iv bagian.

  2. Bumbu ungkep: Masak ayam sampai matang bersama bumbu ungkep yang dibuat dari bumbu kuning. Terdiri dari bawang merah, bawang putih, ketumbar, kunyit, serai, lengkuas, dan daun jeruk. Kamu juga bisa mencontoh resep bumbu ungkep dengan menggunakan bahan bumbu ungkep untuk ayam goreng lengkuas ini.

  3. Sambal bawang: Pilih materi-materi sambal bawang yang segar. Kamu memerlukan cabe rawit merah, bawang putih, dan minyak sisa menggoreng ayam. Caranya ialah mengulek cabe rawit merah dengan jumlah sesuai dengan kesanggupan level pedasmu. Ulek bersama bawang putih dan Royco Kaldu Ayam sampai tingkat kehalusannya sesuai dengan yang kamu mau. Siram dengan minyak panas sisa menggoreng ayam untuk cita rasa sambal yang lebih mantap. Sajikan bersama ayam gepuk dan nasi panas.


Menggoreng ayam gepuk.
Goreng daging ayam dalam minyak banyak biar permukaannya garing merata. (Foto: Shutterstock)

Pastikan kau sudah mempunyai dan menyiapkan alat serta bahan untuk menciptakan ayam gepuk biar tak perlu lagi jajan di luar untuk ayam goreng pedas ini. Kalau kamu suka ayam gepuk, pastinya kau juga menggemari ayam geprek. Yuk, coba resep ayam geprek lada hitam a la MAHI yang tak kalah sedap.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel