Ingin Memasak Menggunakan Panci Presto? Pelajari Dulu Kelebihan dan Kekurangannya

Bagi kau yang belum tahu fungsi panci presto, Chef ingin membuatkan wacana manfaat dan banyak sekali keuntungan dari memakai alat masak ini. Dikenal juga dengan sebutan pressure level cooker, panci dengan yang berteknologi khusus ini sangat mudah dipakai untuk mempercepat proses mengolah makanan – terutama ketika memasak daging.


Kelebihan panci presto


Perbedaan panci presto dengan panci biasa yakni penggunaan tekanan uap yang tinggi untuk mematangkan bahan kuliner. Penutup panci diberi fitur kedap udara yang menghasilkan tekanan tinggi dan menaikkan suhu secara drastis sehingga mampu membuat materi makanan bertekstur keras cepat lunak. Saat panci tekan ini dipanaskan dan ditutup, cairan di dalamnya membentuk uap yang menimbulkan tekanan tinggi tersebut di dalam panci.


Soto betawi bisa dimasak dengan panci presto.
Soto Betawi mampu jadi ide manis untuk kamu yang baru membeli pressure level cooker. (Foto; Shutterstock)

Selain itu, titik didih air dalam panci juga naik cepat dan menghasilkan panas yang tinggi sehingga menolong makanan matang lebih cepat. Tekanan tinggi ini juga memaksa cairan masuk ke dalam daging sehingga menjadi empuk lebih cepat. Selain lebih hemat, menggunakan panci presto juga meminimalkan bahan bakar. Kamu bisa memotong waktu mengolah masakan hingga sepertiga dari waktu memasak memakai panci biasa.


Adalah pilihan yang tepat bagi kamu kalau mengolah makanan daging sapi yang teksturnya susah empuk. Misalnya saja mirip iga sapi atau kambing, ayam kampung, kikil, jeroan mirip babat, hati sapi, dan untuk melunakkan tekstur tulang seperti halnya bandeng presto.


Kekurangan panci presto


Dibalik kelebihannya, panci presto juga mempunyai beberapa kelemahan. Hal ini perlu untuk diperhatikan, terutama bagi yang masih pemula dalam menggunakannya.


Pertama, waktu yang pendek dalam proses pematangan dan pengempukkan daging umumnya menciptakan tekstur daging telah keburu lunak padahal bumbu belum cukup meresap ke dalam daging.


Selain memakai, kamu juga wajib merawat panci presto agar tetap berfungsi dengan baik.
Kamu mampu juga memilih panci tekan elektrik supaya lebih mudah. (Foto: Shutterstock)

Untuk jenis daging mirip ayam kampung, kau harus hati-hati dalam memperkirakan waktu mengolah makanan. Jika terlalu usang diolah dalam panci tekan, bukan hanya teksturnya yang menjadi terlalu empuk, namun dagingnya mampu menjadi hancur dan terlepas dari tulangnya.


Perawatan panci presto juga benar-benar membutuhkan perhatian dari pemiliknya. Tutup panci tekan sesudah dipakai akan menyimpan sisa-sisa materi masakan. Sisa ini mampu melekat di sela-sela tutup panci sampai ke bab karet panci presto. Kamu harus tekun membersihkannya bahkan sampai ke sela-sela ini. Periksa juga mutu kekedapan tutup panci biar senantiasa berfungsi dengan baik.


Sebagai rekomendasi, aku ingin menyebarkan beberapa resep yang bisa kamu praktikkan dengan menggunakan panci presto. Misalnya resep Soto Betawi, resep Sup Konro, dan resep Sup Iga Sapi. Selamat menjajal !


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel