Sejarah Seru di Balik Hidangan Legendaris Caesar Salad

Pastinya sudah tidak aneh dengan istilah Caesar Salad, bukan? Bisa dibilang ini adalah salad paling terkenal di dunia. Tapi tahukah jika ternyata salad yang satu ini punya dongeng unik di balik penciptaannya? Segera saja simak yuk apa ceritanya di sini!


Sahabat MAHI tentu saja cukup umur ini kian menggandrungi bermacam-macam makanan sehat. Khusus untuk salad, telah banyak ilham yang Tim MAHI bagi supaya semua kian kepincut untuk mencoba hal-hal gres. Misalnya saja kita sempat membicarakan jenis salad dressing, kombinasi sayur untuk salad, sampai berbagai pandangan baru salad buah. Selalu saja ada yang bisa kita petik dari tema yang satu ini.


Asal ajakan Caesar Salad


Otomatis mendengar namanya kita akan teringat pada Julius Caesar, seorang diktator di masa Romawi dulu kurun. Sepertinya pas, mengingat masyarakat Romawi di periode keemasannya populer hedonis dan peradaban kulinernya terbilang progresif. Tapi benarkah demikian adanya?


Caesar Salad untuk vegetarian.
Caesar Salad bisa dirancang cocok untuk vegetarian. (Foto: Shutterstock)

Ternyata tidak, teman MAHI, Caesar Salad justru gres diciptakan kurang dari 100 tahun yang kemudian. Menariknya, bukan juga berasal dari Eropa ataupun Amerika Serikat. Yang memulainya yaitu imigran asal Italy yang berdomisili di San Diego pada tahun 1920an dan tidak sengaja membuat salad ini di restorannya yang berlokasi di Tijuana, United Mexican States! Alasannya adalah alasannya adalah tamu yang datang membludak dan bahan makanan terbatas. Keadaan ini memaksakan datangnya improvisasi yang balasannya melahirkan menu legendaris ini.


Caesar Cardini (atau Cesare Cardini jikalau orang Italia menyebutnya), mempunyai jaringan bisnis restoran yang cukup luas. Khusus yang terletak di Tijuana, pasarnya justru adalah kelompok selebritis Amerika Serikat. Mereka bertandang ke sana dan mendapatkan bahwa sajian yang satu ini begitu lezat. Reputasi salad ini lalu berkembang ke segala penjuru, tergolong Eropa.


Sayangnya, kisah asli penciptaannya ternyata masih simpang siur. Ada teori yang mengatakan bahwa yang membuat yakni para pegawai restorannya dan disempurnakan oleh saudaranya sendiri Alex. Salad ini sempat pula populer dengan nama “Aviator’sec Salad” yang terkenal di kelompok airplane pilot Amerika yang menerbangkan penumpang menuju Tijuana. Serunya lagi, belakangan malah timbul lagi pengukuhan dari seorang berjulukan Livio Santini yang menyatakan bahwa salad ini berasal dari resep orang tuanya yang di lalu hari “dicuri” oleh Caesar Cardini.


Namun apapun kisah aslinya, tetap sejarah menorehkan tinta bahwa pemenang balasannya ialah Caesar Cardini. Terbukti dengan ditetapkannya nama Caesar Salad dan bukan yang yang lain. Terlebih lagi pada tahun 1953, International Society of Epicure di Eropa memutuskan salad ini sebagai resep terbaik yang tiba dari daratan Amerika selama l tahun terakhir.


Komposisi Caesar Salad


Julia Child sendiri pernah bercerita soal pengalamannya mengunjung restoran Caesar Cardini pada tahun 1920an bersama orang tuanya. Berikut kurang lebih penuturannya:


“Orang renta saya pasti memesan salad. Caesar sendiri yang melayani kami dan mendorong meja saji mendekat ke meja kami. Kemudian beliau mengaduk selada Romaine dalam sebuah mangkuk kayu besar. Seandainya aku masih bisa mengenang semua gerakannya, namun sayangnya tidak.


Yang saya paling ingat ialah adanya kehadiran telur. Saya melihatnya memecahkan dua butir telur di atas selada Romain dan mengaduknya. Sayuran hijau pada salad menjadi creamy sebab bercampur. Dua telur dalam salad? Dua telur yang direbus dalam satu menit? Dan ada crouton bawang putih serta parutan keju Parmesan? Begitu ingatku.


Tapi itu adalah salad yang begitu dibicarakan dari ujung Amerika ke ujung lainnya. Bahkan kudengar bahwa salad ini juga berhasil di Eropa!”


Crouton biasa digunakan pada Caesar Salad.
Salah satu teladan penggunaan croutons ialah pada sup. (Foto: Shutterstock)

Secara komposisi, Caesar Salad mempunyai bagian-unsur sebagai berikut:



  • Selada Romaine

  • Saus Worcestershire

  • Minyak zaitun

  • Bawang putih yang digeprek

  • Telur rebus

  • Crouton

  • Dijon mustard

  • Garam

  • Merica hitam

  • Air jeruk lemon

  • Keju Parmesan parut

  • Opsional: Ayam panggang


Sementara sempat terjadi perdebatan apakah seharusnya Caesar Salad menggunakan anchovy (sejenis ikan asin) atau tidak. Versi yang menggunakannya adalah yang digarap oleh saudaranya sendiri adalah Alex. Sementara Caesar sendiri mendebat bahwa salad miliknya ini cukup cuma menggunakan saus Worcestershire saja. Ini dikarenakan saus ini mempunyai representasi rasa ikan dan sudah mencukupi.


Namun apapun itu dan bagaimanapun kombinasinya, Caesar Salad ialah satu menu yang terjaga komposisi aslinya sampai sekarang dan pribadi dimengerti dari sisi cita rasa maupun bahannya. Rasanya tak tabah untuk secepatnya mencicipinya, bukan? Yuk, secepatnya buat sendiri versi kita sendiri di rumah!


Butuh inspirasi kuliner yang lain? Jangan lupa kunjungi bab resep ataupun postingan di Masak Apa Hari Ini!


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel