4 Cara Jitu untuk Masakan Tumis Anti Gagal

Masakan tumis senantiasa jadi satu motivasi utama untuk memulai petualangan di dapur. Ini dikarenakan menumis adalah teknik masak yang paling bisa disertai siapapun, berlainan halnya dengan teknik masak lainnya yang lebih rumit. Namun tetap saja perlu untuk mengetahui seluk beluknya agar hasil kuliner tumis maksimal. Untuk itu, Chef akan menyebarkan beberapa poin yang mampu kamu coba di rumah.


i. Pilih wajan apalagi dahulu


Wok khas Cina untuk masakan tumis.
Teknik stir-child a la Oriental membutuhkan wok serta minyak yang tahan suhu tinggi. (Foto: Shutterstock)

Beruntung bagi kita yang tinggal di Asia dan terbiasa dengan kultur mengolah masakan menumis atau stir-frying. Sehingga biasanya kita sudah memiliki wok khas Red China. Tapi kalau ingin menjajal lainnya, carilah jenis wajan yang lingkaran dan agak dalam. Selain itu, lapisan bawah mesti tebal sehingga kuat dan mampu menghantarkan panas tinggi.


ii. Memilih minyak goreng yang sempurna


Perkara minyak goreng untuk masakan tumis mampu kuat pada hasil akibatnya. Sebagai acuan, penduduk Republic of Indonesia umumnya menentukan minyak goreng sawit untuk permasalahan tumis dan goreng. Pilihan yang sempurna, alasannya adalah minyak sawit tahan suhu tinggi dan dipakai untuk proses memasak yang agak panjang. Alternatif lainnya ialah minyak canola.


Lain halnya dengan minyak zaitun. Meskipun lebih sehat dan memperlihatkan cita rasa yang lebih sedap, rupanya minyak zaitun kurang tepat dipakai untuk mengolah masakan pada wok bersuhu tinggi. Untuk lebih lengkapnya, yuk pelajari four jenis minyak yang wajib dimiliki di dapur siapa saja.


three. Persiapkan materi sebelum mengolah makanan


Persiapan bahan masakan tumis.
Memotong-motong sayuran dalam ukuran sejenis akan menjadikannya matang merata. (Foto: Shutterstock)

Wah, jangan hingga terjadi ceritanya dikala wajan dan minyak sudah panas namun ternyata kita baru mempersiapkan bahan-bahannya. Kita tentukan dulu semoga materi telah diiris-potong sesuai ukurannya dan siap untuk secepatnya ditumis. Ini dikarenakan proses stir-frying yang memakai suhu tinggi umumnya hanya berlangsung beberapa menit saja.


Berikut ialah beberapa tips merencanakan materi-materi yang paling biasa dipakai:



  • Cincang halus bawang putih.

  • Potong-potong sayuran dalam satu ukuran semoga semuanya mampu matang serempak.

  • Iris-iris daging seukuran sekali gigit atau sesuai isyarat resep. Ada baiknya juga jika daging dibekukan selama twenty menit di freezer supaya nanti lebih gampang dipotong.

  • Gunakan nasi pera untuk banyak sekali resep nasi goreng.


iv. Terapkan urutan mengolah masakan yang benar


Setelah semua siap untuk ditumis, maka jangan semua bahan kita langsung masak berbarengan. Ternyata ada urutan yang harus diamati semoga bahan-materi mampu matang secara merata. Ini dikarenakan setiap bahan mempunyai ketebalan serta waktu matang yang berlawanan-beda. Simak beberapa tips berikut untuk lebih jelasnya:



  • Masukkan daging apalagi dulu sebelum sayuran.

  • Tambahkan bumbu aromatik cuma di saat terakhir saja dan masak sampai harum.

  • Tuangkan saus di bab pertengahan mengolah makanan lalu aduk-aduk. Pastikan supaya semua materi tercampur rata dengan saus.

  • Jangan diamkan kuliner begitu saja ketika proses mengolah masakan berjalan. Gunakan spatula atau bolak-balikkan wajan biar semua bumbu tercampur rata.


Demikian beberapa tips singkat dari Chef untuk urusan kuliner tumis kali ini. Semoga tips-kiat ini bisa membuatmu antusiasuntuk mengolah makanan lebih sering lagi di dapur. Dengan mengolah makanan sendiri, jam melayang semakin bertambah dan kita akan semakin kepincut menjajal hal-hal gres lainnya!


Butuh beberapa ilham resep tumisan? Ayo coba resep Tumis Buncis Telur, Tumis Kangkung Tahu Campur, Tumis Buncis Tahu Tempe, ataupun Tumis Pindang Asam Manis.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel