Masakan Sederhana Jadi Lebih Sehat dengan Teknik Masak Berikut Ini

Ingin dietmu berhasil dengan kuliner sederhana? Kamu butuh gosip seputar teknik masak yang akan membantumu menciptakan masakan sehat dengan cara yang praktis. Menariknya, beberapa teknik ini akan membuatmu mengurangi pemakaian minyak untuk keperluan mengolah makanan. Selain lebih sehat, teknik-teknik memasak ini juga mudah dan sempurna untuk aneka macam jenis masakan.


Yuk, intip apa saja teknik kuliner sehat untuk membuat masakan sederhana ini:


Blanching atau blansir


Yaitu mencelupkan bahan ke dalam air mendidih sampai tingkat kematangan yang dikehendaki. Kemudian bahan diangkat kemudian dicelupkan ke dalam air es untuk menghentikan proses pemasakan.


Blansir bisa kau praktikkan untuk mengolah masakan sayuran, daging ayam, seafood, dan kacang-kacangan. Misalnya: sayuran tumis, grilled vegetables (teknik ini digunakan untuk sayuran yang perlu dimatangkan terlebih dulu),  dan sayuran untuk steak.


Kamu juga bisa membuat stok sayuran rebus ini lalu dibekukan dalam freezer untuk persediaan sayuran matang disaat kau terburu-buru. Tinggal dipanaskan dengan cara ditumis atau di-grill. Praktis!


Masakan sederhana berupa plecing kangkung dengan sambal pedas khas Lombok.
Masakan sederhana yang sehat mirip plecing kangkung diproses dengan cara diblansir. (Foto: Shutterstock)

Roasting


Atau memanggang makanan dalam panggangan. Sangat pas bila kau menerapkannya untuk daging ayam utuh atau pecahan dan juga daging sapi. Meski begitu, kamu juga dapat menghidangkan sayuran dan karbohidrat menggunakan teknik masak ini. Misalnya saja roasted white potato atau kentang panggang, labu-labuan, dan umbi-umbian.


Ayam dan kentang yang dipanggang dalam oven, satu contoh makanan sederhana.
Ayam panggang yang sungguh sederhana tetapi sedap ini cocok untuk carte dietmu. (Foto: Shutterstock)

Pan frying


Pan frying yaitu teknik menggoreng dengan minyak sedikit dan lazimnya dijalankan dalam wajan datar. Memasak dengan memakai teknik ini dikerjakan agar menerima tekstur garing pada permukaan bahan. Misalnya saja pan-fried salmon, pan-fried vegetables (sangat sering digunakan untuk mengolah masakan zucchini, terung, bawang bombay, wortel, dan lainnya), steak ikan, dan dada ayam.


Steaming atau kukus


Agar tidak jenuh dengan menggunakan dedaunan sebagai pembungkus, kau dapat mengukus kuliner dengan menggunakan baking newspaper atau kertas roti dan aluminum foil. Supaya lebih beraroma, kau bisa menyertakan bawang putih serta daun aromatik seperti rosemary, thyme, atau kuman. Jika ingin nuansa tradisional, tentunya kau memerlukan serai, lengkuas, daun salam, serta daun jeruk.


Masakan sederhana sayuran kukus dalam bamboo steamer.
Selain ditumis, kau juga mampu memasak sayur dengan cara dikukus. (Foto: Shutterstock)

Grilling


Inilah saatnya kau membeli grill pan atau wajan grill. Wajan ini akan sangat menolong mendukung planning pola hidup sehatmu. Masakan mirip ikan, daging ayam, daging sapi, atau seafood pastinya tak kalah enak kalau dibakar. Jangan lupa dibumbui terlebih dulu, ya!


Dengan berbekal teknik masak di atas, kau mampu berkreasi dengan bermacam-macam menu. Coba juga resep Ikan Bakar Bumbu Rujak, Ayam Bakar Ketumbar Jeruk Nipis, atau Gado Gado Surabaya selaku permulaannya. Selain itu, jika ingin sesekali mencoba memasak dengan teknik deep-frying, jangan lupa juga perhatikan langkah-langkahnya supaya akhirnya tepat. Selamat mengolah masakan!


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel