Ingin Sukses Membuat Resep Masakan Cina? Inilah Alat-Alat Masak yang Wajib Dimiliki

Resep masakan Cina di restoran seperti ifu mie, mi goreng, cap cay, cah sayuran, ataupun hidangan bebek umumnya membutuhkan alat masak spesifik. Ini dikarenakan setiap alat memiliki fungsi atau kegunaan yang hendak menolong para chef memudahkan proses menyiapkan materi sampai saat memasaknya. Berikut yakni alat-alat yang selalu jadi ‘senjata’ para juru masak di restoran Cina:


Wok atau wajan khas Cina


Wok atau wajan khas Cina ini menempati urutan nomor wahid selaku alat terpenting ketika mengolah resep kuliner Cina. Ada argumentasi spesifik mengapa wok tidak bisa digantikan dengan wajan datar biasa.


Alasan khususnya adalah hasil panas wajan yang merata. Karena bentuknya yang khas, sang juru masak mampu mengaduk dengan leluasa sehingga bumbu dan tingkat kematangan menjadi lebih merata. Inilah juga mengapa cita rasa nasi goreng atau mi goreng takkan sama jikalau dihasilkan hanya dengan memakai wajan datar.


Selain itu ada sensasi rasa smokey yang didapat dari suhu tinggi dari wok. Serunya lagi, wok mempunyai peranan multifungsi. Sehingga kita bisa mengolah masakan hidangan berkuah, cah sayuran, cap cay, ayam goreng mentega, dan banyak yang lain.


Chef menggunakan wok untuk resep masakan Cina seperti mi goreng
Wok menjadi alat paling wajib dimiliki di dapur kuliner Cina. (Foto: Shutterstock)

Caidao atau pisau dapur Cina


Bilah pisau yang lebar dari caidao akan menolong membuat lebih mudah pisau untuk melaksanakan proses mengiris, mencincang, ataupun memotong dalam bentuk kepingan besar.  Pisau khas dapur Cina ini khas alasannya adalah berbentuk lebih besar, lebar, dan juga berat. Kalau kau amati, para juru masak restoran kuliner Peranakan ataupun Tiongkok asli pasti selalu menggunakan pisau jenis ini alasannya adalah fungsinya yang bermacam-macam.


pisau dengan daun bawang.
Pisau khusus ini senantiasa dipakai para chef restoran Cina. (Foto: Shutterstock)

Sumpit kayu besar


Sumpit kayu berukuran jumbo biasa digunakan untuk mengangkat dan mengaduk mi dalam panci atau wok. Tujuan menggunakan sumpit kayu besar ini adalah semoga mi tersalut rata dengan bumbunya baik sebelum diolah atau dikala di dalam wok. Dengan sumpit besar, maka mi akan lebih terurai dan tercampur dengan materi masakan lain beserta bumbunya secara merata.


Saringan besar


Biasa digunakan untuk menyaring mi rebus, sayuran, atau gorengan. Ukurannya cukup besar sehingga mampu dipakai untuk menyaring dalam jumlah cukup banyak. Saringan biasa digunakan untuk kuliner yang bahannya perlu direbus atau digoreng apalagi dahulu.


saringan besar di atas panci panas digunakan saat mengolah resep masakan Cina
Saringan ini sungguh multifungsi, dipakai untuk mengambil mi atau menyaring sayuran. (Foto: Shutterstock)

Kukusan bambu


Kalau kau pernah menyaksikan buku resep kuliner Cina bertemakan dim core, niscaya tak aneh lagi dengan wadah pengukus bambu ini. Alat masak ini dipakai untuk mengukus bermacam-macam dim center seperti siomay, xiao long bao, bakpao, tim ceker ayam, dan juga aneka lauk seperti angsa, daging ayam, serta tim iga.


Praktis, kukusan bambu ini dapat ditumpuk dan cocok untuk resep masakan Cina seperti dimsum
Selalu tergiur membayangkan dim nitty-gritty di balik kukusan bambu ini, bukan? (Foto: Shutterstock)

Sendok sayur besar


Di dapur kuliner Cina umumnya disediakan sepanci air panas yang digunakan selaku sumber air untuk masakan atau untuk membersihkan wok secara cepat. Nah, sendok sayur yang dalam dan besar dengan gagang panjang ini dipakai untuk menuang air ke dalam kuliner dan mengaduk kuliner biar lebih gampang tercampur rata.


ladle dengan gagang panjang biasa dipakai dalam mengolah resep masakan Cina
Sendok sayur di dapur Cina wajib mempunyai gagang panjang supaya tak mudah karam dalam panci. (Foto: Shutterstock)

Kini kita lebih paham mengapa alat-alat masak di dapur kedai makanan Cina itu sangat spesifik dan tak tergantikan. Semua ini bertujuan untuk membuat lebih mudah para chef dalam proses memasaknya dan hasil yang paling maksimal. Selain alat-alat masak khas Tiongkok ini, pelajari fungsi banyak sekali jenis panci ataupun perlengkapan dapur yang ramah digunakan oleh bawah umur.


Untuk kamu yang ingin tau ini secepatnya beraksi di dapur, cobalah beberapa resep mirip fu yung hai, ayam goreng mentega, dan cah sayuran a la Masak Apa Hari Ini. Ingin balasannya lebih maksimal? Mungkin sudah waktunya untuk mulai berinvestasi dengan alat-alat masak khas Tiongkok ini.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel