9 Jenis Panci yang Wajib Diketahui Para Pemula di Dapur

Seperti yang kita pahami, ternyata begitu banyak jenis panci yang beredar di pasaran. Ini dikarenakan alat masak yang satu ini memiliki fungsi yang berlawanan-beda. Bagi kau yang ingin semakin ahli di dapur, wajib hukumnya untuk mengetahui aneka macam macamnya. Selain itu, mungkin inilah saatnya untuk mulai berinvestasi dan menambah jumlahnya di dapur.


1. Panci jenis Saucepan


Kamu niscaya sungguh familiar dengan yang satu ini. Saucepan sering kali disebut selaku panci multi guna yang mampu dipakai untuk mengolah masakan mi instan atau dipakai untuk mengolah makanan materi masakan yang jumlahnya sedikit. Di dapur-dapur kuliner Barat, saucepan biasa dipakai untuk mengolah masakan saus, kondimen ataupun menu suplemen.


2. Roasting pan


Yang satu ini digunakan sebagai wadah memanggang dalam oven. Bahannya terbuat dari shape atomic number 26 atau besi cor sehingga bebannya cukup berat. Pegangan atau kupingnya harus dibentuk dari bahan yang tahan panas sehingga tak meleleh ketika dipanggang.


Ayam panggang utuh dimasak dalam panci roast pan
Gunakan roasting pan untuk memanggang daging atau pasta. (Foto: Shutterstock)

three. Frying pan


Wajan berbentuk datar ini tidak cuma digunakan untuk menggoreng dan menumis. Frying pan juga digunakan dalam teknik mengolah makanan pan-fried atau mengolah masakan dengan cuma memakai sedikit minyak. Gunakan jenis yang satu ini untuk memasak salmon, steak, dan banyak sekali materi lainnya yang dimasak dengan sedikit minyak.


iv. Stock pot


Bervolume banyak dan berskala tinggi, panci ini tepat dipakai untuk mengolah makanan kaldu, sup, atau masakan yang membutuhkan jumlah air yang banyak. Gunakan stock pot untuk membuat kuliner sehari-hari mirip semur, bubur, atau selaku kawasan untuk merebus bahan-bahan kuliner.


five. Milk pan


Volume milk pan cenderung kecil dengan bibir panci yang dibuat untuk menuang susu yang sudah dipanaskan. Milk pan lazimnya berbahan aluminum, stainless steel, atau enamel.


Susu panas yang siap dicampur sereal dimasak dalam panci milk pan
Semangkuk oatmeal yang diolah dengan susu sangat pas dimasak dalam milk pan. (Foto: Shutterstock)

vi. Grill pan


Adalah wajan yang digunakan untuk teknik masak grill atau bakar. Kamu bisa menerima tekstur grill dan sensasi smokey tanpa mesti memakai alat yang khusus ataupun bara api. Gunakan jenis ini untuk mengolah masakan satai, patty burger, ikan bakar, ayam bakar, sayuran, atau aneka olahan daging seperti smoked beef, sosis, dan bakso.


7. Saute pan


Berbeda dengan sauce pan, panci yang satu ini berbentuk datar dan pendek. Sesuai namanya, ia digunakan untuk teknik mengolah makanan saute atau tumis. Selain untuk menumis bahan sayuran, saute pan cocok diolah untuk banyak sekali masakan yang mudah dimasaknya ataupun tumis-tumisan khas Chinese food jika tidak memiliki wok.


viii. Steamer pan


Atau disebut juga panci kukusan. Dandang adalah istilahnya dalam Bahasa Republic of Indonesia sejatinya digunakan untuk mematangkan nasi, mengukus masakan pepes atau lauk yang berbungkus daun. Kue-kudapan manis tradisional juga cocok dimasak menggunakan ini. Di dapur-dapur Eropa, steamer pan banyak digunakan untuk mengolah masakan sayuran ataupun lauk yang dikemas dalam baking newspaper atau aluminum foil.


9. Pressure cooker


Pressure cooker atau disebut juga panci presto ialah cara tercepat untuk mengempukkan masakan daging dan membutuhkan waktu lama. Ia memakai uap bertekanan tinggi untuk membuat daging lebih cepat empuk. Gunakan yang satu ini untuk mengolah makanan daging iga, masakan ayam kampung, serta daging kambing. Contoh masakannya adalah sup iga, soto iga, sup konro, gulai ayam, soto ayam kampung, dan lainnya.


Terakhir, kamu juga perlu mengetahui tentang perawatannya, terutama dikala panci berkerak. Setelah mengenal fungsi-fungsi ini, maka tahap berikutnya yaitu mengenal aneka macam materi wajan dan penggunaannya yang tepat. Semoga berguna!


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel