Ingin Masak Enak di Akhir Pekan? Cobalah Resep-Resep Seru Berikut Ini!

Akhir pekan selalu jadi pilihan yang sempurna untuk menjajal resep-resep gres dan masak enak untuk keluarga. Setelah sehari-hari sibuk dan hanya mampu mengolah makanan yang itu-itu saja, berikut Tim MAHI pilihkan beberapa resep yang mampu segera dicoba.


Hamburger Gaya Jepang


masak enak hamburger untuk akhir pekan
Burger tanpa roti ternyata lezat juga! Tambah porsi sayur untuk makan siang yang mengenyangkan. (Foto: Shutterstock)

Di Jepang, Hamburger adalah carte populer untuk makan siang ataupun malam. Berbeda dengan yang umum, Hamburger gaya Jepang tidak memakai roti. Kamu mampu mengganti roti dengan selada atau telur untuk embel-embel protein. Bahkan banyak juga yang mencicipinya dengan nasi.


Bahan-bahan yang diperlukan: Daging sapi giling, daging ayam giling, bawang bombay, telur, tepung almond, santan, bubuk pala, Royco Kaldu Sapi, dan saus yang terbuat dari adonan kaldu sapi, pasta tomat, cuka balsamik, bawang bombay bubuk, bawang putih debu, bubuk mustard, garam, abu kayu bagus dan lada hitam.


Cara membuatnya:



  1. Potong bawang bombay menjadi dadu kemudian tumis di atas api sedang dengan minyak kelapa sampai keemasan. Bumbui dengan sedikit garam dan lada hitam.

  2. Dalam mangkuk besar, campurkan daging sapi dan daging ayam giling, tumisan bawang, 1 telur, ½ cangkir tepung almond, santan, dan pala. Bumbui dengan garam dan Royco Kaldu Sapi. Campur semuanya hingga rata dengan tangan.

  3. Ambil campuran dan bentuk menjadi patty, ulangi sampai gabungan daging habis.

  4. Untuk mengolah makanan hamburger, panaskan wajan besar dengan ane sendok makan minyak kelapa. Saat panas, kemudian masak patty selama two-three menit setiap sisinya hingga matang.

  5. Untuk menciptakan saus, campurkan semua di dalam panci. Masak di atas api sedang hingga mendidih sambil terus diaduk. Angkat dan sajikan bareng hamburger.


Setup Ayam khas Maroko


Hidangan khas Maroko yang dinamakan Djej Besla ini sederhana dan rumahan. Cocok untuk masak lezat selesai pekan ini. Terutama sebab menggunakan banyak banyak bombay serta cita rasa makanannya yang cantik dan gurih.


Bahan-bahan yang dibutuhkan: Bawang bombay, ayam, bawang putih, jinten, paprika abu, kunyit debu, minyak zaitun, lada hitam, buah zaitun, buah lemon, dan Royco Kaldu Ayam.


Cara menjadikannya:



  1. Haluskan bawang putih bersama garam dan bawang putih di atas talenan sampai menjadi bumbu halus.

  2. Pindahkan ke mangkuk besar dan masukkan jinten, paprika dan kunyit debu. Tambahkan minyak zaitun dan penggalan ayam. Aduk sampai rata. Tutup mangkuk dengan plastik, dan diamkan di lemari es selama four jam.

  3. Panaskan panci yang diisikan minyak. Secara sedikit demi sedikit, masak ayam hingga kedua sisinya berwarna kecokelatan. Ulangi hingga ayam habis.

  4. Masih menggunakan panci yang sama, masukkan bawang bombay, Royco, dan lada hitam. Masak sampai bawang lunak. Masukkan ayam, irisan lemon dan air. Masak sampai mendidih.

  5. Angkat panci dari kompor, tambahkan buah zaitun dan daun ketumbar. Aduk kemudian sajikan.


Beef Bulgogi


masak enak bulgogi untuk akhir pekan
Biasanya, Bulgogi disajikan di atas nasi panas. Untuk pembatasan makanan keto ini kamu bisa mengubah nasi dengan tumisan bunga kol atau nasi shirataki. (Foto: Shutterstock)

Bulgogi yakni contoh olahan daging terkenal asal Korea. Masakan yang sering kau dapatkan dewasa ini adalah daging sirloin yang dipotong tipis kemudian diolah dengan kecap asin dan rempah-rempah pilihan.


Bahan-materi yang diperlukan: Bawang butih, jahe, minyak canola, kecap asin, gula stevia, abu bawang bombay, daging sirloin, bawang daun, Royco Kaldu Sapi, debu cabe merah, dan garam.


Cara membuatnya:



  1. Dalam mangkuk kecil, tambahkan jahe, bawang putih, kecap, minyak canola, stevia, dan debu bawang. Kocok bahan-bahan sampai rata kemudian sisihkan.

  2. Panaskan panci besar di atas api sedang kemudian tambahkan daging sirloin yang sudah dipotong tipis. Aduk daging dengan spatula kayu. Tambahkan kecap asin dan aduh hingga merata.

  3. Masak selama v-vii menit di atas api sedang sampai daging benar-benar matang. Pindahkan ke mangkuk dan bubuhi dengan daun bawang.




Kalau masak enak dengan tiga resep ini tidak cukup, jangan lupa mampir ke bagian resep, atau coba beberapa usulan Tim MAHI lainnya seperti resep Dori Fish & Chips Cabe Hijau, Spaghetti Dendeng Cabai Hijau, ataupun Makaroni Kukus. Yuk, kita berkreasi seru di dapur selesai pekan ini!


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel