Cara Masak Telur Setengah Matang a la Restoran

Ingin tahu cara masak telur setengah matang a la kedai makanan? Telur yang sejatinya merupakan poly peptide termurah ini bisa tampil dengan begitu eloknya. Selain rasanya yang yummy, soft-boiled egg bisa dipadu padankan dengan terlalu banyak resep.


Awalnya, telur separuh masak ini merupakan elemen vital dari kuliner ramen khas Jepang ataupun bermacam-macam masakan brunch dari Barat. Bayangkan telur yang bab putihnya sudah matang namun kuningnya masih separuh leleh. Sungguh tersaji menggiurkan dan memanggil selera!


tampilan telur hasil cara buat telur separuh masak
Secara performa saja sudah menarik hati, bukan? (Foto: Shutterstock)

Itulah mengapa perlu bagi kita-kita yang hobi di dapur biar mengenali cara buat telur separuh masak ini. Yuk, kita simak langkah-langkahnya berikut ini:



  1. Siapkan panci berisi air dan didihkan dengan memakai api sedang.

  2. Setelah mendidih, perlahan masukkan telur satu per satu dengan menggunakan sendok berongga. Masak hanya selama 6 one/two menit, tidak lebih dan tidak kurang.

  3. Siapkan semangkuk terdiri dari air es atau dipenuhi es watu. Setelah meraih six i/two menit, secepatnya pindahkan telur ke dalam mangkuk ini. Biarkan selama dua menit biar telur berhenti menjadi masak dan kulit mudah untuk dikelupas.

  4. Setelah dua menit, perlahan kelupas kulit telur hingga higienis. Telur bisa dicicipi secepatnya atau dimasukkan ke dalam kulkas bila ingin dinikmati di lain waktu.


Cara buat telur separuh masak khas Jepang


cara buat telur separuh masak cocok dengan masakan Jepang
Ini ialah contoh penggunaan soft-boiled egg pada masakan fusion Jepang-Italian Republic (Foto: Shutterstock)

Orang Barat lazimjuga menyebut telur jenis ini sebagai jammy soft-boiled egg. Dalam kondisi polos dan tidak dibumbui, maka telur ini cocok untuk diterapkan pada banyak sekali masakan. Contohnya ialah salad, laksa, bubur ayam, ataupun nasi goreng.


Khusus untuk ramen, direkomendasikan sekali untuk membumbui telurnya terlebih dahulu. Orang Jepang menyebutnya selaku  ajitsuke tamago atau ajitama. Dengan membumbuinya, rasa telur menjadi lebih sedap dan cocok dengan cita rasa kuliner Jepang – khususnya ramen.


Inilah langkah-langkah yang membedakannya:



  1. Siapkan kecap asin khas Jepang yang halal, serta campuran antara perasan lemon dan gula selaku pengganti mirin.

  2. Campurkan seluruhnya bersama air di dalam kantung plastik yang mampu dirapatkan. Tes rasa terlebih dahulu supaya pas. Sisihkan.

  3. Langkah berikutnya mirip dengan cara menciptakan telur separuh masak yang disebutkan di atas.

  4. Setelah kulit telur selesai dikelupas, masukkan telur ke dalam kantung plastik biar saling berkenalan dengan bumbu-bumbu yang telah menghuni di dalam sebelumnya.

  5. Biarkan telur dimarinasi selama setidaknya semalam di dalam kulkas.

  6. Setelah siap, keluarkan telur dan buang bumbu marinasi. Potong dua agar tampil elok tertata bersama kuliner. Gunakan benang agar cuilan rapi dan tidak menghancurkan bab kuningnya yang masih leleh.


Sekarang telah tidak ingin tau lagi dong dengan cara masak telur setengah matang yang tampil menarik hati ini? Dijamin deh sesudah ini malah ketagihan untuk menjadikannya saban hari di rumah. Pelajari juga teknik-teknik mengolah makanan telur yang kekinian yang lain, ataupun resep-resep keren seperti Kerak Telor, Pizza Mie Cabe Hijau serta Fu Yung Hai Bumbu Rujak.


Yuk, segera kita berbelanja dan mulai mengolah masakan seru di dapur hari ini!


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel