Berencana Liburan ke Seoul? Nikmati Gurihnya 7 Jajanan Korea yang Populer Ini!

Popularitas kue Korea semakin merajalela di kalangan anak muda jaman sekarang. Kini, bertambah banyak restoran yang menjajakan banyak sekali camilan yang enak dari Negeri Ginseng di Jakarta. Bahkan semakin banyak juga materi-materi makanan dari Korea yang masuk ke Republic of Indonesia dan memungkinkan kita untuk menjadikannya di rumah. Tapi khusus untuk yang ingin berlibur ke sana, jangan lupa untuk menikmati berbagai panganan seru berikut ini!


ane. Tteok-bokki


topokki, jajanan korea yang tersaji di atas wajan
Topokki yaitu salah satu yang paling terkenal di Republic of Indonesia. (Foto: Shutterstock)

Jajanan Korea ini lazimdisebut juga selaku  topokki, kudapan yang satu ini mampu jadi adalah yang paling terkenal di dunia. Rasa kenyal dari tepung beras yang dikukus dan dibentuk seukuran jari ini memang bikin nagih. Versi paling terkenalnya yakni yang diolah bareng saus gochujang yang kental dan pedas. Namun selain model ini, topokki juga bisa dipadankan dengan daging iga, seafood, saus kedelai bagus, hingga pastinya – mi instan!


ii. Odeng


Tersedia dari warung kaki lima hingga restoran, kuliner yang setipe dengan otak-otak ikan ini tersaji berkuah dan dikonsumsi menggunakan tusuk satai. Bahan aslinya yaitu daging ikan putih yang digiling dan diolah dengan gabungan tepung, gula, dan sayur. Secara penamaan, kuliner ini mampu jadi terinspirasi dari oden milik Jepang. Hanya saja versi Jepangnya bisa memakai banyak sekali sayuran dan protein. Nama asli versi Korea-nya sendiri yakni eomuk.


three. Gimbap


Memiliki nama terkenal lainnya yang disebut kimbap. Makanan ini begitu mirip dengan maki khas Jepang. Gimbap bisa disajikan sendiri atau tergolong dalam satu set up sajian khas Korea. Makanan ini juga sangat cocok selaku menu bekal ke sekolah ataupun kantor. Isiannya sendiri mampu begitu beragam. Dimulai dari danmuji atau daikon (asinan lobak putih), daging, crab cake, telur, hingga kimchi, bulgogi, dan membuatkan macam yang lain.


four. Korean Fried Chicken


ayam goreng jadi ciri khas jajanan korea yang sukses di mancanegara
Ayam goreng khas Korea meraih popularitas tidak hanya di Amerika Serikat, tetapi juga Asia Tenggara! (Foto: Shutterstock)

Ayam goreng khas Korea ini berlainan dengan model Amerika Serikat yang sudah lebih dahulu kita kenal baik. Menariknya, ayam goreng Korea ini sempat menciptakan heboh Negeri Paman Sam bertahun-tahun yang lalu. Perbedaannya yaitu rasa garing yang datang dari proses penggorengan dua kali, sehingga ini membuatnya tidak terlalu berminyak. Selain itu, ayam goreng ini dilumuri saus bagus rasa anggun pedas gochujang atau rasa anggun gurih ganjang.


v. Mandu


Awalnya pangsit khas Korea ini merupakan makanan para bangsawan. Sekarang, mandu mampu didapatkan dimana-mana dan memiliki terlalu banyak varian. Menariknya, mandu tidak cuma dikukus, tetapi juga ada yang digoreng dan direbus. Jjin-mandu misalnya dikukus memakai wadah bambu, pyeonsu berbentuk persegi panjang dan diisikan sayuran, atau saengchi-mandu diisikan daging unggas, daging sapi, dan tofu. Begitu banyak yang mampu dicoba!


six. Pajeon


pajeon, jajanan korea yang populer
Pajeon senantiasa tampil menggiurkan! (Foto: Shutterstock)

Bisa dikatakan pajeon ini ialah martabak telurnya Korea. Terbuat dari campuran yang berisikan telur, tepung terigu serta tepung beras, dan yang wajib yaitu bawang daun. Kata “pa” dalam Bahasa Korea adalah bawang daun alias scallion. Yang membedakan pajeon yang satu dengan yang lainnya yakni tambahan bahan berbentukdaging sapi, kimchi, atau banyak sekali jenis bahan boga bahari.


7. Jajangmyeon


jajangmyeon, jajanan korea yang terkenal
Mie dengan saus hitam cantik gurih ini begitu khas! (Foto: Shutterstock)

Terinspirasi dari masakan mi khas PRC yang populer di Incheon pada permulaan kurun ke twenty, sekarang model Korea-nya disebut dengan ungkapan jajangmyeon dan sudah mendunia. Yang unik dari kuliner mi ini ialah sausnya yang disebut chunjang. Saus ini yang dibuat dari pasta kacang yang bagus lalu ditambahkan kecap asin, daging, serta materi boga bahari ataupun sayur-sayuran. Ketika tersaji, jajangmyeon dilengkapi juga dengan bagian ketimun, telur, bawang daun, serta rebung.


Masih terlalu banyak kue Korea yang lain yang mampu ditemukan. Setidaknya untuk yang pertama kali ke sana, penganan -kue ini wajib untuk dicoba. Tidak sabar menanti simpulan tahun? Maka cobalah mengolah makanan resep Bubur Ayam Bulgogi yang khas kreasi dari Masak Apa Hari Ini. Sebelum ke sana, pelajari juga vi Kebiasaan Makan Orang Korea yang pantas ditiru oleh kita.


Selamat berlibur di akhir tahun ini!


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel