Menjelang Tahun Baru Cina, Inilah Jajanan Wajib Coba di Kawasan Pecinan

Salah satu acara yang harus kamu lakukan menjelang Tahun Baru Cina yakni menjelajahi pasar Pecinan terdekat di kotamu. Serunya menikmati nuansa merah, kuning, dan emas yang menyemarakkan setiap sudut jalanan! Selain itu, banyak hadir lampion, amplop merah atau angpao, kembang api, petasan, dan embel-embel Imlek yang lain. Elemen-bagian warna ini mempunyai makna sukacita, keberuntungan, dan juga diandalkan sebagai warna yang paling indah (warna kuning).


Sambil menyisiri toko-toko yang sedang ramai-ramainya dibanjiri hadirin, beberapa kue yang sangat khas dengan masakan peranakan Cina ini wajib kau coba.


1. Mochi


Beberapa daerah Pecinan di Republic of Indonesia mirip Sukabumi, Semarang, Surabaya, dan Djakarta merupakan sentra buatan kudapan manis ketan isi kacang tanah, kacang merah, atau kacang hijau ini. Kalau mujur menemukannya, kau mampu melihat secara langsung proses pengerjaan kue kenyal yang mempunyai rasa legit berkat isian kacang-kacangannya yang cantik.


Mochi dengan isi kacang tanah.
Bukan hanya pada peringatan Tahun Baru Cina, Mochi juga terkenal pada peringatan Tahun Baru Jepang. (Foto: Shutterstock)

ii. Cempedak Goreng


Gorengan cempedak goreng yang tak biasa kamu dapatkan di penjaja gorengan, salah satunya mampu didapatkan di kawasa Pecinan kota DKI Jakarta, yaitu di bilangan Glodok. Cempedak diaduk bersama campuran tepung bagus kemudian digoreng sampai kecokelatan dan sedikit terkaramelisasi. Cocok tersaji bersama menu gorengan yang lain!


Cempedak goreng bertabur wijen.
Cempedak goreng tepung umumnya jual bareng pisang goreng atau sukun. (Foto: Shutterstock)

three. Ci Cong Fen


Cita rasa khas Kanton yang juga populer di Medan ini merupakan salah satu kombinasi dimsum ini yaitu lembaran tepung beras yang dihidangkan bareng siomay, uyen (gorengan dari talas serut), dan disuguhkan bareng bawang goreng, kuah kecap asin, dan sambal.


Disajikan bersama taburan bawang goreng.
Jajanan ini sungguh terkenal di Medan. (Foto: Shutterstock)

iv. Choi Pan


Bentuk choi pan mirip dengan pangsit rebus. Hanya saja kulit choi pan lebih tipis dan berwarna putih transparan alasannya dibuat dari tepung beras. Choi pan diisi dengan bengkuang dan ebi yang dibumbui bawang putih. Biasanya choi pan dijual beberapa buah dalam bungkus plastik mika lengkap dengan saus sambalnya.


v. Pia


Cocok juga sebagai hantaran, ternyata ada berbagai kombinasi isian kudapan manis pia. Garing diluar dengan cita rasa isi yang elok dan lembut. Biasanya pia diisi dengan kacang merah, kacang hitam, kacang hijau, cokelat, atau durian.


Yuk, belanja variasi pia untuk buah tangan Imlek 2019.
Pia sungguh terkenal sebagai oleh-oleh sepanjang tahun. (Foto: Shutterstock)

vi. Aneka es


Variasi es yang dijajakan di pasar Pecinan  juga tak kalah menggiurkan. Dimulai dari es susu kacang, es cincau, es kiamboi, es kacang hijau, atau liang teh. Selain itu, kamu juga bisa berburu aneka bahan-materi untuk menciptakan sajian aneka minuman.


Sambil belanja oleh-oleh Tahun Baru Cina yang keluarga yang merayakan, pastinya akan lebih seru bila lidah juga dipuaskan dengan bermacam-macam penganan yummy khas Pecinan. Jajan, yuk!


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel