Kenali Perbedaan Masakan Cina dari Kelima Wilayah Kulinernya

Tata cara penjabaran kuliner Cina secara regional mampu dibagi dalam banyak sekali cara. Secara tradisional, ada yang disebut dengan istilah Eight Great Traditions yang berasal dari kawasan-daerah kuno Negeri Cina. Delapan kuliner regional ini lalu disertakan empat daerah gres mirip Xinjiang, Mongolia, Yunnan, dan juga Tibet.


Namun kali ini, Tim MAHI ingin membaginya secara daerah geografis yang lebih besar dan di dalamnya terdapat penggabungan aneka macam masakan besar yang disebutkan tadi. Berikut yakni daftarnya.


one. Kuliner Cina Timur


Wilayah inilah yang memiliki jenis-jenis kuliner besar paling banyak dalam masakan Cina. Satu di antaranya sudah terkenal hingga seantero dunia. Tentu kita semua mampu menebak bahwa itulah masakan Kanton yang terkenal dengan bill of fare dim kernel dan aneka macam carte du jour tumisan lainnya. Kuliner khas Kanton umumnya berfokus pada teknik masak yang sederhana namun memanfaatkan rasa alami dan segar dari materi-bahannya.


Sementara itu ada juga kuliner-masakan terkenal yang lain seperti masakan Fujian yang berkonsentrasi pada masakan yang berkuah dan waktu memasaknya yang lama. Kuliner Zhejiang populer sebab perpaduan berbagai teknik memasaknya dan rasanya yang segar sekaligus lembut. Kuliner Anhui memperkenalkan banyak bahan-materi yang didapat segar dari pegunungan. Terakhir ada juga masakan Jiangsu yang terkenal dengan kelembutan tekstur makanannya serta penggunaan poly peptide dari sungai serta maritim.


ii. Kuliner Cina Tengah


Terdiri dari dua kuliner regional populer seperti Sichuan dan Hunan. Keduanya memanfaatkan materi lada Sichuan dan bumbu mala yang mempunyai rasa pedas. Makanannya rata-rata tampil dalam warna merah atau gelap sebab cita rasa yang berani dipertunjukkan oleh kedua kuliner kawasan ini. Contoh masakan Sichuan yang paling terkenal adalah mapo tofu, mie dandan, ataupun ayam kung pao


Ayam kung pao adalah masakan Cina yang sangat terkenal.
Berasal dari wilayah Sichuan, ayam kung pao ini sudah kondang hingga ke seluruh dunia. (Foto: Shutterstock)

Sementara kuliner Hunan memperkenalkan kuliner yang lebih pedas dan juga menyegarkan. Khususnya ketika trend panas tiba, perjamuan biasanya dimulai dari kuliner yang dingin. Salah satu kuliner Hunan yang sekarang populer di DKI Jakarta yakni mala hotpot.


iii. Kuliner Cina Utara


Terdiri dari tiga wilayah yang mewakilinya yaitu masakan Beijing, Mongolia Dalam, dan juga kuliner Shandong. Umumnya masakan Cina dari kawasan ini tampil lebih sederhana dan memiliki rasa gurih serta memakai sayuran dalam jumlah sedikit.


Bebek Peking adalah masakan Cina paling ternama di dunia.
Bebek Peking adalah masakan utama para keluarga kerajaan serta pejabat tinggi di kurun lampau. (Foto: Shutterstock)

Yang paling populer yakni masakan Beijing yang merupakan warisan dari kuliner mewah dinasti-dinasti di kala lalu dan Bebek Peking yaitu jagoannya. Sementara itu masakan Mongolia Dalam mempunyai bill of fare-bill of fare bakaran daging merah terkenal mirip rusa, sapi, serta kambing. Kuliner Shandong sebaliknya lebih berfokus pada boga maritim yang mengandalkan rasa segar serta carte du jour yang berkuah.


iv. Kuliner Cina Barat


Satai kambing khas Uyghur adalah masakan Cina yang unik.
Masakan etnis Hui Muslim di Cina Barat didominasi oleh daging kambing. Contohnya adalah yang seperti dengan satai klatak yang satu ini. (Foto: Shutterstock)

Terdapat dua wilayah besar yang mewakili daerah Barat Cina dan keduanya mempunyai ciri khas yang unik. Yang pertama yaitu kuliner Xinjiang yang memiliki pengaruh masakan Asia Tengah serta Timur Tengah dan orangnya mayoritas Muslim. Sementara itu masakan Tibet mengambil imbas kuliner dari India serta Nepal dan juga kuliner Sichuan yang populer.


5. Masakan Cina Selatan


Masakan Cina kurang lengkap tanpa kehadiran teh pu'er.
Teh pu’er yang unik ini berasal dari Yunnan di wilayah selatan Cina. (Foto: Shutterstock)

Wilayah selatan Cina ini mempunyai banyak suku minoritas dan kuliner Yunnan mewakili kesemuanya ini. Ditambah juga kuliner Cina di negeri ini mempunyai banyak pengaruh juga dari kuliner Asia Tenggara sehingga sulit untuk dikategorikan secara rinci. Secara biasa , masakan Yunnan mempunyai rasa lebih pedas dan memanfaatkan bahan-materi seperti jamur, alga, sampai serangga. Wilayah ini juga terkenal karena merupakan negeri asalnya teh pu’er serta sebagai produsen keju sapi dan kambing.


Bagaimaan sedikit banyak kisah wacana masakan Cina kali ini? Tentunya membuka pengetahuan bagimu yang tahun ini akan merayakan Imlek. Kenali juga beberapa kuliner legendaris Imlek mirip pindang bandeng ataupun penganan legendaris yang layak dicoba. Selamat merayakan!


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel