Ketahui Cara Membuat Omelet Prancis Berikut Ini!

Omelet Prancis berlawanan dari pada umumnya omelet yang kita sering temui dalam keseharian kita. Tekstur luarnya yang mulus dan isi omeletnya yang masih lembut dan tidak padat ialah keutamaan dari jenis omelet yang satu ini. Yang satu ini memang memerlukan sedikit keahlian lebih dalam membuatnya, namun jangan cemas karena MAHI akan berbagi langkah demi langkah dalam menjadikannya!


Konon, omelet khas Prancis ini ialah ujian tersendiri bagi para koki yang ingin bekerja di restoran-kedai makanan terkemuka di negeri masakan tersebut semenjak zaman dulu. Para pemilik restoran ataupun chef seniornya akan mampu untuk menilai keterampilan masak seseorang hanya berdasarkan keterampilannya dalam menciptakan omelet yang unik ini. Ketika lulus, karir di dunia memasak yang sungguh dihormati di negeri itu seolah menjadi jaminan tersendiri untuk masa depannya.


Omelet Prancis tersaji saat makan pagi.
Tipikal teman sejati omelet Prancis ialah roti serta jus ataupun kopi dan teh. (Foto: Shutterstock)

Kembali ke cara menjadikannya, berikut ialah langkah-langkah yang perlu kau ketahui untuk menjadikannya:


Gunakan wajan yang sempurna dan mulus


Beruntung di abad kini kita mampu menggunakan wajan teflon mulus untuk membuat omelet Prancis dibandingkan zaman dulu yakni dengan wajan besi karbon. Tujuan dari mulusnya wajan ini ialah biar permukaan yang mulus dari omelet dapat tersadar dengan baik. Selain itu, gunakan wajan berskala sedang yang dapat menampung setidaknya tiga butir telur untuk membuat omelet jenis ini.


Siapkan garpu plastik


Satu poin menawan dari tips dan trik dalam menciptakan omelet Prancis ini yaitu penggunaan garpu plastik. Rupanya kaitannya yakni demi menjaga permukaan wajan itu sendiri. Penggunaan sendok logam diyakini mampu merusak permukaan wajan dalam jangka waktu panjang. Mengapa demikian? Itu dikarenakan adanya proses pengadukan telur ketika memasak omelet Prancis. Tentunya bahan plastik yang lebih lunak akan membuat lebih mudah proses tersebut sekaligus mempertahankan kualitas wajan.


Proses mengolah masakan omelet Prancis


Pertama-tama, aduk tiga butir telur ayam segar dalam mangkuk sampai merata. Usahakan biar permukaan telur yang sudah diaduk tidak menyisakan sedikitpun putih telur. Ini akan memengaruhi hasil tamat dari omelet. Selanjutnya bubuhi garam apalagi dulu. Ini dimaksudkan supaya telur dapat mempertahankan kelembapannya serta membuatnya lembut.


Selanjutnya panaskan wajan dengan menggunakan api sedang. Lelehkan satu potong mentega atau secukupnya untuk mengolah masakan omelet berukuran tiga butir telur sekaligus. Goyangkan wajan agar mentega menyanggupi seluruh permukaan wajan dan tentukan biar mentega tidak hangus alasannya adalah api yang terlalu besar.


Kemudian, tuangkan telur ayam yang telah diaduk dan segera aduk dengan cepat, konstan dan mengikuti bentuk bulat. Gunakan tangan kiri untuk menggoyangkan terus wajan sembari mengikuti gerakan ajun yang mengaduk telur. Pastikan agar pinggiran telur yang biasanya masak terlebih dahulu untuk ditarik ke tengah supaya tidak gosong. Berhentilah memasak dikala telur sudah berganti teksturnya menjadi mulai padat namun tetap lembut dan tidak mencapai konsistensi scrambled eggs. 


Omelet Prancis tersaji di atas piring hitam.
Omelet Prancis membalut sempurna isiannya yang masih lembut dengan permukaannya yang masak. (Foto: Shutterstock)

Berikut ini yaitu tahapan vital dimana kita memerlukan kemampuan yang mampu kita asah seiring berjalannya waktu. Angkat pegangan wajan ke atas dengan menggunakan satu tangan dan arahkan isi wajan menuju ke bawah. Secara perlahan, gunakan garpu plastik untuk melipat telur bertahap ke arah bawah. Sambut dengan melipat bagian bawah telur supaya omelet mampu tertutup sepenuhnya. Setelah rapi, hidangkan di atas piring dan permukaan yang mulus mengarah ke atas untuk presentasi terbaik.


Cukup menantang, bukan? Sekarang giliranmu untuk mencobanya di rumah. Pastikan juga untuk mencoba aneka macam olahan telur yang lain dari Masak Apa Hari Ini seperti Opor Telur Kuning, Tahu Telur, ataupun Telur Dadar Padang. Begitupun untuk teknik-teknik kekinian lainnya mirip kiat dan trik membuat poached egg, scrambled eggshingga telur mata sapi yang sempurna. Selamat mencoba!


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel