8 Jajanan Khas Semarang yang Wajib Dicoba Saat Jelajah Tol Trans Jawa!

Dengan kedatangan tol Trans Jawa yang baru-baru saja didirikan, berburu penganan khas Semarang kelihatannya akan jadi acara seru menghabiskan weekend. Dengan waktu perjalanan selama kurang lebih 6 jam dari ibu kota, kau bisa bermalam semalam di kota Lumpia ini. Ajak lidahmu bereksplorasi dengan berbagai cita rasa khas kue ibu kota Jawa Tengah ini!


Sebagai anjuran , saya ingin membuatkan beberapa jajanan khas Semarang yang selalu jadi acara para turis setempat saat sedang menyambangi kota yang populer dengan bandeng prestonya.


one. Kue Lekker


Ini wajib coba! Sejatinya leker mirip halnya martabak tipis yang diisi dengan pisang, cokelat, atau keju. Ada juga leker yang disuguhkan dengan keju, olahan daging, dan saus.


two. Tahu Gimbal


Mirip dengan kupat tahu dengan perhiasan gorengan bakwan. Tahu gimbal lazimnya dijajakan menjelang siang hingga malam hari. Seporsi tahu gimbal terdiri dari lontong, bakwan udang, tahu, kol, taoge, dan siraman bumbu kacang.


three. Roti Ganjal Rel


Nama roti yang unik ini bahwasanya yakni roti gambang. Kue ini telah dikenal sejak zaman kolonial Belanda. Warnanya kecokelatan ini didapat dari gula merah dengan ciri khas bentuk panjang, taburan wijen, dan sentilan rempah adas anggun.


4. Lumpia


Kehadirannya sebagai salah satu picture masakan Semarang membuat lumpia bukan cuma laris elok selaku jajanan tetapi juga selaku oleh-oleh para turis. Yang khas dari lumpia ini adalah berisi rebung dengan saus elok dan disuguhkan bareng lokio.


Jajanan khas Semarang berupa lumpia dan pendampingnya.
Lumpia, salah satu jajanan khas Semarang yang tak boleh dilewatkan. (Foto: Shutterstock)

v. Tahu Bakso


Jajanan ini adalah tahu yang diisi dengan adonan bakso daging sapi. Tahu bakso sebelum disajikan umumnya digoreng apalagi dahulu. Mantap, kan? Saking jadi favorit, tahu bakso umumnya juga dijadikan selaku oleh-oleh. Banyak pedagang tahu bakso yang telah mempersiapkan tahu bakso selaku oleh-oleh yang tahan usang di perjalanan.


half dozen. Wedang Tahu


Juga diketahui dengan ungkapan kembang tahu di luar Semarang. Wedang tahu ialah adonan tahu yang super halus yang disendokkan ke dalam mangkuk dan dikucuri dengan kuah gula merah-jahe. Waktu paling pas menikmatinya umumnya pagi atau sore hari.


vii. Nasi Pindang


Sekilas nasi pindang nampak mirip nasi rawon. Nasi pindang yakni nasi yang dihidangkan bersama daging sapi berkuah yang dibumbui dengan keluak. Mirip mirip rawon, hanya saja kuahnya terasa lebih ringan.


viii. Nasi Ayam


Tampilan nasi ayam khas Semarang punya kesamaan dengan nasi liwet. Ada telur pindang, ayam suwir, labu siam, tahu opor, dan kucuran kuah opor. Jika masih kurang lauk, kamu bisa menyertakan aneka satai dan opor ayam.


Jajanan khas Semarang berupa nasi ayam yang mirip nasi liwet.
Seporsi nasi ayam Semarang dengan satai usus. (Foto: Shutterstock)

Sempatkan juga menyicip kelezatan Tahu Pletok khas Tegal atau Nasi Lengko khas Cirebon jikalau kau dalam perjalanan santai dan ingin juga menyicip kelezatan kuliner kota-kota yang hendak dilintasi ketika menuju Semarang.


Selamat berburu jajanan khas Semarang di final pekan ini!


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel