Bahan-Bahan yang Wajib Hadir Demi Menciptakan Resep Tom Yam Enak

Siapa yang tidak mau tahu kunci resep tom yam yang lezat? Untuk menciptakan semangkuk tom yam yang bercita rasa sedap, wajib hukumnya untuk menyertakan bahan-materi berikut ini. Alasannya tentu yaitu agar tom yam menciptakan unsur-elemen rasa yang kompleks. Memang membutuhkan banyak materi dan bumbu, namun dijamin pasti rasanya takkan kalah dengan semangkuk tom yam di kedai makanan premium.


Apa sajakah itu? Mari simak materi-bahannya berikut ini:


ane. Resep Tom Yam dimulai dari kecap ikan


Kecap ikan memberi cita rasa dan olfactory property yang khas pada kuah tom yam. Kamu wajib menyertakan kecap ikan ke dalam resep tom yam. Di dapur Thailand, kecap ikan tak hanya memegang perananan penting sebagai bumbu kuliner, tetapi juga sebagai salah satu bahan saus atau cocolan (nam pla prik).


two. Daun jeruk dan daun ketumbar


Daun memberi sensasi aromatik pada kuah tom yam. Dua jenis daun yang penting ialah daun jeruk dan daun ketumbar. Saat memakai daun jeruk, robek daun dari tulangnya untuk mengeluarkan odor jeruk yang lebih besar lengan berkuasa. Sementara daun ketumbar, cincangan daun dan batangnya dipakai selaku taburan, sementara bagian akarnya ditambahkan dalam proses mengolah masakan kaldu.


 


Seikat daun ketumbar segar untuk resep tom yam.
Aromatik dan unik. Sensasi daun ketumbar memang susah digantikan untuk resep tom yam. (Foto: Shutterstock)

iii. Serai dan lengkuas


Perpaduan serai dan lengkuas menguatkan rasa dan odour kuah dalam proses perebusan kuah sup udang ini. Rasa dan aroma serai dan lengkuas sangatlah unik dengan sensasi limey, aromatik, dan sedikit sensasi pedas. Jadi, kalau tak punya lengkuas dan serai, jangan bilang ini tom yam, ya!


four. Kaldu ikan atau kaldu seafood


Jangan sia-siakan ampas tulang ikan atau ampas udang yang tak terpakai (kulit dan kepala). Gunakan untuk menghasilkan kaldu ikan atau seafood yang gurih untuk kuah tom yam. Rebus tulang ikan atau ampas udang bersama bawang putih, jahe, akar daun ketumbar, dan kecap ikan sampai kaldu meresap. Kaldu yang diolah kembali bareng bumbu dan isi tom yam ini pastinya akan memberi cita rasa yang menggugah selera.


Resep tom yam membutuhkan kehadiran udang.
Untuk resep tom yam, menentukan udang segar penting supaya kaldu tak berbau. (Foto: Shutterstock)

v. Air asam jawa


Kuah asam yang dihasilkan dari tamarin atau asam jawa memberi sentuhan asam pada kuah tom yam. Peran bumbu yang medok dengan ini diimbangi dengan bantuan rasa tamarin yang asamnya condong santai. Sangat pas dipadukan dengan tom yam berkuah santan atau tanpa santan.


Selain cita rasanya yang asam, pedas, dan gurih, kekayaan bumbu dalam sebuah resep tom yam juga memiliki kegunaan menghangatkan badan dan acap kali disebut selaku sup herbal. Buat kau yang ingin carte du jour sehat dan sedap, memasak resep tom yam mampu jadi saah satu opsi yang seru!


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel