Inilah Cara Membuat Susu Kedelai Tanpa Pengawet

Ternyata ada lho cara membuat susu kedelai sendiri di rumah! Sebagai pelaku salubrious lifestyle, tentu perlu bagiku untuk sharing hal-hal menawan yang bisa kamu coba sendiri. Sumber protein yang murah meriah ini mampu jadi alternatif selain susu almond atau susu edamame yang tak kalah populernya. Tanpa menggunakan mesin pembuat susu kacang, ternyata mampu juga kok membuat susu kedelai dengan perlengkapan sederhana mirip yang berikut ini.


Cara membuat susu kedelai dari kacang kedelai segar.
Pilih kacang kedelai berkualitas demi menghasilkan susu bercita rasa segar. Inilah fondasi dari cara menciptakan susu kedelai. (Foto: Shutterstock)

Cara membuat susu kedelai dengan alat rumahan


Baskom plastik besar


Gunakan bejana plastik besar untuk merendam kacang kedelai. Estimasi volume ember pastinya lebih tinggi untuk ruang kacang kedelai yang mengembang proses perendaman.


Blender


Blender berfungsi untuk menghaluskan kacang kedelai hingga menghasilkan sari kacang kedelai. Gunakan blender dengan bilah tajam dan kecepatan tinggi untuk menerima ekstrak kedelai secara cepat dengan ampas yang minim.


Saringan


Usai proses menghaluskan kacang kedelai, gunakan saringan logam dengan lubang yang tipis untuk menyaring ampas saat proses perebusan.


Kain tipis


Untuk menyaring ampas halus dari sari kacang kedelai, gunakan kain higienis yang tipis untuk membersihkannya. Kamu juga mampu memakai saringan kain yang biasa digunakan di kedai kopi tradisional.


Panci atau stock pot


Digunakan untuk merebus susu kedelai sampai siap dimakan. Pastikan panci atau stock pot yang kau gunakan sudah benar-benar higienis dan tidak berbau supaya susu kedelai yang dihasilkan juga bersih dan tidak mempunyai rasa kuliner lain.


Bahan-bahan untuk membuat susu kedelai


300 g kacang kedelai

1500 ml air

three lembar daun pandan, ikat simpul


Cara membuat susu kedelai dari proses merebus susunya.
Cara membuat susu kedelai yang bagus yakni dengan menyertakan daun pandan berfungsi untuk menetralisir langu dari susu kedelai. (Foto: Shutterstock)

Cara membuat susu kedelai:



  1. Rendam kacang kedelai yang sudah dicuci higienis selama kurang lebih 8 jam. Kacang kedelai yang sudah siap dihaluskan ditandai dengan kulitnya yang terlepas dan kacangnya yang terbelah atau pecah alami.

  2. Cuci bersih kembali. Kemudian blender bareng air hingga sari-sari kedelai keluar ditandai dengan airnya berkembang menjadi putih. Gunakan blender kecepatan tinggi untuk mempercepat proses menemukan sari kedelai.

  3. Saring kedelai menggunakan saringan berbahan logam. Masak di atas api sedang sampai mendidih dan amis susu kedelai tak langu.

  4. Saring kembali susu kedelai memakai kain tipis biar ampas halusnya tak berpartisipasi. Susu kedelai siap dihidangkan. Kamu juga dapat menyimpannya dalam kulkas setelah tidak panas bila ingin menyajikannya masbodoh.


Susu kedelai rumahan ini juga bisa kamu variasikan menjadi minuman segar dengan cita rasa baru. Misalnya susu kedelai cokelat, smoothies susu kedelai dengan pisang dan es krim, atau susu kedelai yang diblender dengan buah-buahan.


Ternyata minuman tradisional ini makin menarik olahannya di periode sekarang, bukan? Yuk, kita bergairah menjadikannya demi gaya hidup yang lebih sehat lagi!


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel