6 Jenis Jamur Bernutrisi yang Wajib Kamu Coba untuk Masak

Ada banyak sekali jenis jamur begitu kaya nutrisi dan umumnya dimasak dalam kuliner maupun obat-obatan. Di dapur kuliner Indonesia dan modernistic, jamur kerap dihidangkan sebagai menu sayuran, sajian pendamping, atau bahan aksesori dalam masakan.


Selain kaya akan antioksidan, jamur juga rendah kalori dan bisa memperabukan lemak. Inilah sebabnya mengapa kedai makanan-restoran yang berkonsep menghidangkan hidangan vegetarian dan masakan sehat berbagai macam jenis jamur senantiasa disuguhkan dalam menunya. Untuk kedai makanan yang memberikan kuliner yang merawat keelokan, jamur disuguhkan selaku materi makanan yang mengandung anti aging atau menangkal penuaan kulit dan menciptakan kulit kekal muda.


Berikut yaitu 6 jenis jamur yang mudah untuk dicari dan dapat dimasak menjadi berbagai jenis hidangan yummy:


1. Jamur tiram


Warnanya putih dan bentuk seperti seperti cangkang tiram dengan bagian tengah yang agak cekung. Karena masih sekeluarga dengan Rex oyster mushroom, jamur tiram mempunyai bentuk yang seperti dengan jamur putih besar dengan batang yang tebal ini.


Hotpot lengkap dengan daging dan sayuran dan berbagai jenis jamur.
Berbagai jenis jamur menjadi sajian sayuran paling disukai pada hidangan hotpot atau shabu-shabu. (Foto: Shutterstock)

2. Jamur merang


Dikenal juga dengan sebutan straw mushroom, jamur merang hidup di iklim tropis dan subtropis. Bentuknya bulat lonjong (untuk yang masih muda) dan berwarna cokelat sampai abu-abu. Jamur merang sangat familiar pada sajian cap cay sayuran.


three. Jamur telinga


Disebut jamur kuping karena bentuk tubuhnya melebar dan melengkung seperti daun indera pendengaran. Ada dua jenis jamur telinga , adalah jamur kuping hitam dan jamur telinga putih. Selain dalam kondisi segar, lazimnya jamur ini diawetkan dengan cara dikeringkan. Di dapur masakan Cina, jamur kuping putih biasa disuguhkan selaku hidangan manis.


iv. Jamur enoki


Berwarna putih dengan bentuk panjang dan tipis. Pilih jamur enoki yang masih menyatu dengan akarnya dan hindari berbelanja jamur enoki yang batangnya sudah banyak terlepas dari akarnya. Jamur enoki juga gres-gres ini dinisbatkan sebagai salah satu dari superfood generasi gres sebab kandungan nutrisinya yang kaya.


v. Jamur shiitake


Jenis jamur ini kerap kali dijadikan sebagai materi dasar kaldu jamur. Jamur shiitake bersahabat dijumpai pada kuliner Jepang dan Cina. Kamu juga mampu menemukan jamur yang disebut juga dengan nama jamur hioko ini dalam kondisi telah dikeringkan.


Kalau sudah terbiasa menikmati sukiyaki atau shabu-shabu, kamu pasti mengenal dua jenis jamur ini.
Jenis jamur shimeji dan shiitake punya rupa yang seperti. Jangan hingga tertukar, ya! (Foto: Shutterstock)

vi. Jamur shimeji


Biasa ditemukan dalam dua warna, adalah cokelat dan putih. Jamur shimeji memiliki tekstur yang lembut sehingga jadi salah satu jamur yang digemari banyak orang.


Bukan hanya banyak variasinya, jamur juga mampu diolah ke dalam aneka macam jenis kuliner, yakni sup, tumis, panggang, bakar, goreng, dan dijadikan keripik. Yuk, warnai masakanmu dengan berbagai jenis jamur yang berbagai manfaatnya!


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel