Mengetahui Dahsyatnya Sayur Kale yang Sehat dan 5 Cara Mengolahnya

Setidaknya telah satu atau dua tahun ini semenjak sayur kale makin disukai. Ketersediaannya pun sekarang semakin banyak. Sayur yang sedianya hanya ada di toko-toko bahan makanan sehat ataupun gourmet supermarket, sekarang beberapa supermarket kelas menengah di perkotaan besar sudah mulai memperkenalkannya. Meskipun demikian, sayur ini sejatinya bukan barang gres dan berbagai negara di Barat serta Jepang sudah mengonsumsinya semenjak usang.


Sayur kale mendapatkan predikat sebagai salah satu dari aneka macam superfood yang sekarang digemari mereka yang menjalani pola hidup sehat. Itulah mengapa sayur kale cukup dihargai tinggi. Berikut akan kita diskusikan banyak sekali khasiatnya.


Manfaat sayur kale untuk kesehatan


Begitu banyak dari kandungan sayur kale yang sangat berfaedah untuk kesehatan. Kandungan vitamin A dari kale saja telah cukup untuk menyanggupi kebutuhan harian kita dalam menjaga kesehatan mata. Sementara itu, kandungan omega iii dan rendahnya kalori dari sayur kale juga mampu menjaga kesehatan jantung kita. Yang namanya sayur, pasti saja ada kandungan seratnya dan kale punya kadar yang cukup tinggi sehingga menolong terusan pencernaan manusia.


Sayur kale akan dimasak.
Sayur kale kian gampang ditemui. (Foto: Shutterstock)

Selain hal-hal ini, sayur kale bisa menjadi alternatif asupan harian kita untuk mempertahankan pengeroposan tulang sebab kandungan vitamin thou serta kalsium yang tinggi. Lalu, kedatangan vitamin due east membantu peremajaan kulit. Kandungan mineralnya didominasi oleh zat besi. Berbagai mineral yang lain yaitu natrium, sulfur, fosfor, dan juga tembaga.


Meskipun begitu kaya akan manfaat, pastinya makanan sehat sekalipun perlu dijaga tingkat asupannya. Bila terlalu sering dimakan, sayur kale dapat mengakibatkan perut kembung dan kandungan oksalatnya dapat memengaruhi kerja ginjal.


Cara mengolah sayur kale


Di luar dugaan, mengolah sayur kale ternyata tidak sesulit yang dibayangkan. Dari salad, smoothie, sampai makanan yang lebih berat, banyak cara untuk menikmati sayur yang sangat sehat ini. Berikut adalah beberapa cara yang mampu kamu coba di rumah:


one. Kale chips


Tekstur sayur kale sejatinya cocok untuk dijadikan selaku keripik dan bisa dijaga teksturnya agar tetap renyah. Cara menjadikannya sendiri mirip dengan Resep Keripik Bayam yang sudah pernah kita portion di Masak Apa Hari Ini.


2. Jus atau smoothies


Sayur kale bisa diolah menjadi smoothie.
Jus atau smoothie dari sayur kale? Menarik, bukan? (Foto: Shutterstock)

Meskipun terdengar unik, sayur kale juga kerap dijadikan sebagai bahan minuman atau dessert. Bila ingin dibuat jus atau smoothies, maka tambahkan buah-buahan dengan cita rasa segar seperti buah apel hijau ataupun nanas. Tujuannya yaitu semoga menghilangkan rasa kale yang agak getir.


three. Sup krim


Sup krim sayur kale mudah untuk dibuat.
Sup krim dengan bahan sayur kale? Sungguh menyehatkan! (Foto: Shutterstock)

Membuat sup krim kale dengan jagung? Kenapa tidak? Caranya begitu gampang! Cukup dengan berbekal kale dan materi dasar mirip margarin, bawang bombay, bawang putih, tepung terigu, dada ayam serta jagung pipil maka kau bisa menciptakan sup yang yummy. Tumis margarin dengan bawang dan tambahkan tepung terigu. Masukkan kaldu dan dada ayam serta jagung pipil. Masak sampai matang.


Selanjutnya, masukkan sayur kale dan gula, garam, serta merica kemudian tambahkan susu, Royco Kaldu Ayam, aduk cepat, dan masak sampai mendidih. Praktis!


four. Salad sayur


Banyak kombinasi yang bisa kamu gunakan untuk membuat salad kale, terlebih sebab kecocokannya dengan berbagai bahan lainnya. Berkreasilah sesukamu atau coba formula singkat yang satu ini. Campurkan sayur kale dengan bawang merah, bumbui dengan cuka, gula, minyak zaitun, serta garam dan merica hitam. Aduk rata dan terakhir parut keju parmesan di atasnya. Nikmat!


v. Tumis kale


Sayur kale tumis.
Berbekal bumbu dasar dan minyak zaitun, kamu bisa menumis sayur kale dengan gampang! (Foto: Shutterstock)

Begitupun dengan resep tumisan, kale mampu dipasangkan dengan berbagai bahan. Untuk versi gampangnya, kamu bisa menjajal menumisnya dengan minyak zaitun, tambahkan bawang putih, chili flakes, dan tumis kale secara bertahap. Pertama masukkan dulu sebagian, tambahkan lagi sedikit setelah yang pertama agak layu. Terakhir, bumbui dengan garam, merica, dan perasan jeruk lemon.


Sungguh satu jenis sayuran yang sungguh fleksibel. Pastinya kau tidak sabar ini mencobanya, dong? Yuk, kita berbelanja saja segera dan mengolahnya di rumah!


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel