6 Jenis Potongan Sayuran dalam Dunia Memasak yang Wajib Diketahui

Potongan sayuran dalam dunia kuliner mempunyai banyak teknik dan penamaan berlawanan serta dipakai secara spesifik di setiap masakannya. Penamaan potongan sayuran ini berasal dari Prancis dan lebih banyak dimengerti para chef. Meskipun demikian tetap tak ada salahnya bila para ibu di rumah mengenali hal ini agar mengolah makanan jadi lebih mudah.


Yuk, kita lihat apa saja nama serpihan sayuran yang mungkin telah sering kamu gunakan di dapur!


1. Potongan sayuran teknik Julienne


Potongan sayuran julienne pada wortel.
Contoh cuilan sayuran gaya julienne sering diterapkan pada wortel. (Foto: Shutterstock)

Potongan julienne ialah cuilan yang cukup terkenal dipakai ketika masak dan alhasil mirip bentuk korek api. Panjangnya mampu sekitar 3 cm dengan lebar yang sungguh tipis. Biasanya, kepingan ini diaplikasikan untuk wortel dan kubis. Salah satu masakan sehari-hari orang Indonesia yang mengaplikasikan teknik potongan ini yaitu bagian wortel untuk bakwan sayur.


ii. Potongan Allumette


Potongan allumette juga terkenal disebut dengan kepingan matchstick. Sejatinya mirip dengan julienne hanya saja disebut allumette jikalau diaplikasikan pada kentang dan digunakan dalam resep French fries. Potongan ini berupa panjang dengan lebar yang tak terlalu tipis ataupun panjang. Sangat familiar, bukan?


iii. Potongan Jardiniere


Potongan sayuran gaya jardiniere.
Potongan jardiniere berbentuk persegi panjang dan agak tebal ini ibarat baton sehingga disebut juga batonnet. (Foto: Shutterstock)

Selanjutnya yakni cuilan jardiniere yang juga sering disebut selaku bagian batonnet. Jenis potongan ini berupa kotak persegi panjang dengan lebar yang lebih tebal dari ukuran French fries. Kamu bisa menemukan belahan jardiniere pada pecahan nugget yang dijual di pasaran.


4. Potongan Brunoise


Potongan sayuran gaya brunoise.
Potongan sayuran gaya brunoise ini sering juga ditemui pada sayuran pendamping steak. (Foto: Shutterstock)

Potongan brunoise berupa kubus yang sungguh kecil atau berukuran sekitar iv mm persegi. Biasanya, kita menggunakan serpihan ini pada sayuran yang mempunyai tekstur tebal mirip wortel, tomat bagian luar, dan kubis. Potongan brunoise pada bahan kuliner lazimnya digunakan untuk garnish atau isian. Misalnya saja untuk isian risoles sayuran.


five. Potongan Paysanne


Potongan paysanne memiliki desain yang berlainan dengan teknik lainnya. Potongan ini mampu berbentuk segi empat, lingkaran, atau setengah bulat tergantung sayuran yang dipotong. Namun, seluruhnya mesti berupa tipis dengan lebar sekitar 3-four mm saja.


half dozen. Potongan Chiffonade


Potongan teknik chiffonade.
Teknik chiffonade yang diterapkan pada herba hijau. (Foto: Shutterstock)

Potongan chiffonade umumnya dipakai untuk sayuran berupa dedaunan mirip daun bakteri dan selada. Bentuknya panjang, pipih, atau bahkan keriting sesuai dengan bentuk asli sayuran. Biasanya, cuilan seperti ini ditemukan pada tumisan, salad, atau garnish.




Selain enam potongan ini sesungguhnya masih banyak lagi teknik potongan sayuran lainnya yang mempunyai penamaan khusus dan fungsinya secara spesifik. Makara, khusus bagi kau yang ingin berkarir di bidang masakan, enam teknik ini yakni awal yang baik untuk memulainya.


Untuk menambah pengetahuanmu di dapur, jangan lupa juga menyimak artikel perlengkapan dapur apa saja yang perlu kamu investasikan ataupun alat-alat dapur khusus untuk masakan Cathay. Yuk, kita pelajari bersama!


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel