8 Cara Membersihkan Kulkas Rumahmu untuk Menjaga Kesehatan Keluarga

Langkah-langkah cara membersihkan kulkas penting untuk diketahui biar prosesnya berjalan maksimal. Selain itu, kegiatan ini ialah acara penting yang harus berkala dijalankan. Ini dikarenakan kulkas menyimpan kuliner yang kita santap setiap hari. Apa hasilnya bila kulkas kita kotor dan menyimpan banyak bakteri? Tentunya akan berisiko terhadap kesehatan kita. Menjaga kebersihan kulkas berati mempertahankan kesehatan keluarga di rumah.


Namun, tidak sedikit dari para ibu di rumah yang masih bingung dengan cara menyedot kulkas. Ada beberapa langkah krusial yang sering dilewatkan. Bagaimana cara merawat dan membersihkan kulkas dengan benar? Simak langkah-langkah sederhana membersihkan kulkas berikut ini.


ane. Melepaskan terminate kontak


Hal pertama yang harus dilakukan sebelum menguras kulkas yaitu melepas cease kontak. Setiap kulkas mempunyai daya pendingin yang berlawanan-beda saat listrik mati. Namun, usahakan proses pencucian kulkas tidak lebih dari dua jam agar kesejukan masakan tetap terjaga. Maka dari itu rencanakan apalagi dulu penjadwalan pencucian kulkas di rumah semoga dapat dikerjakan secara fokus.


2. Mengeluarkan semua masakan dan minuman


Agar masakan tetap higienis, semestinya seluruh masakan dikeluarkan dari kulkas. Untuk itu, langkah cara membersihkan kulkas yang ini sebaiknya dijalankan sebelum belanja bulanan atau ketika dalam keadaan kosong. Jika membersihkan kulkas dalam kondisi sarat masakan, prosesnya akan memakan waktu lebih usang. Ada pula resiko beberapa bahan kuliner menurun kualitasnya karena terlalu terekspos suhu wajar selama pencucian.


three. Melepaskan laci dan rak kulkas


Cara membersihkan bagian rak kulkas.
Lepaskan terlebih dahulu bab rak kulkas biar tidak rusak ketika dibersihkan. (Foto: Shutterstock)

Untuk mempermudah proses pencucian kulkas, bagian rak atau laci semestinya dilepas. Tidak semua kulkas mempunyai bab rak yang mudah untuk dilepas, untuk itu, lakukan dengan hati-hati supaya tidak ada goresan atau kerusakan.


4. Rendam bab laci dan rak yang sudah dilepaskan


Sebelum mengelap bagian dalam kulkas, rak dan laci yang telah dilepas sebelumnya sebaiknya direndam dalam air hangat. Tambahkan cairan pembersih mirip pencuci piring anti bakteri atau materi alami mirip campuran baking soda. Setelah direndam dan dibersihkan dengan spons pencuci piring, bilas sampai higienis dengan hati-hati.


five. Mengelap bab dalam kulkas


Cara membersihkan bagian dalam kulkas.
Bagian dalam kulkas yang tidak bisa dilepas perlu juga untuk dibersihkan. (Foto: Shutterstock)

Hindari pemakaian deterjen untuk mengelap bab dalam kulkas. Kita mampu memakai campuran air hangat dengan baking soda sebagai cairan pembersih. Jika ada noda membandel, ambil satu atau dua sendok teh baking soda kemudian sikat memakai sikat gigi dengan halus sampai noda menghilang.


half dozen. Tidak memakai air panas di bagian freezer


Cara membersihkan kulkas dengan bunga es.
Biarkan bunga es cair apalagi dahulu sebelum membersihkan kulkas. (Foto: Shutterstock)

Melelehkan bunga es di freezer dengan air hangat adalah ilham yang buruk alasannya akan merusak kulkas. Jika ada bunga es di freezer, semestinya biarkan mencair dengan suhu ruang terlebih dahulu. Inilah pentingnya penyusunan rencana biar bahan kuliner yang tersisa di kulkas tidak menurun kualitasnya. Bahkan lebih baik dilaksanakan jika dijalankan sebelum belanja bulanan.


vii. Memasukkan kembali kuliner setelah kulkas cuek


Setelah kulkas higienis, jangan eksklusif memasukkan masakan ke dalamnya. Nyalakan kembali listriknya, dan biarkan kulkas mendingin dalam beberapa saat. Setelah dingin, masukkan kembali kuliner dengan rapi.


8. Segarkan dengan perasan lemon


Agar kulkas tetap segar, kita mampu menuangkan perasan lemon di wadah terbuka kemudian menyimpan di beberapa bab kulkas. Ganti perasan lemon setiap dua hari sekali untuk hasil maksimal.




Setelah akhir dengan cara membersihkan kulkas, waktunya juga membersihkan aneka macam perlengkapan dapur lainnya. Simak cara membersihkan cobek watu, kolam cucian piring, hingga kerak pada panci-panci di Masak Apa Hari Ini!


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel