Mengenal Air Fryer, Penggorengan Listrik Canggih yang Menyehatkan

Air fryer kini jadi salah satu alat masak wajib punya bagi mereka yang sedang menerapkan gaya hidup sehat tanpa mengonsumsi gorengan. Berbentuk cukup bulky bak robot, alat masak ini menawarkan kemudahan menggoreng secara sehat tanpa menggunakan banyak minyak. Kini, kita bisa mengonsumsi gorengan tanpa merasa bersalah. Ide anggun, bukan?


Air fryer berwarna putih.
Terdapat aneka macam bentuk lain dari air fryer. (Foto: Shutterstock)

Bagaimana cara menggoreng kuliner dengan alat ini? Seperti apa, ya, cara kerjanya? Masakan apa saja yang bisa diolah menggunakan penggorengan canggih ini? Yuk, simak ulasan berikut ini!


Cara kerja air fryer


Alat ini mematangkan masakan dengan menggunakan udara panas yang beredar dengan kecepatan tinggi. Dengan kecepatan tersebut, udara panas menjalar dengan rata di seluruh permukaan sehingga menciptakan masakan seolah sedang diolah secara deep-fried seperti ketika kita menggoreng nugget ikan. Air yang terkandung dalam masakan menjadi menguap, sehingga kuliner yang dihasilkan bertekstur renyah.


Fungsi air fryer


Fungsi terutama adalah menggoreng masakan dengan sedikit atau tanpa minyak. Menggoreng kuliner dengan air fryer bisa meminimalisir kandungan lemak tak bosan hingga fourscore% daripada proses penggorengan biasa. Makanan yang dihasilkan tentu menjadi lebih sehat alasannya terbebas dari beragam imbas jelek minyak mirip kolesterol tinggi.


Ayam bakar air fryer.
Rupanya ayam panggang juga bisa diolah menggunakan air fryer! (Foto: Shutterstock)

Selain untuk menggoreng, ada fungsi lain yang mampu kita peroleh dari robot kecil ini. Salah satunya yakni memanggang kue. Kita bisa memakai air fryer mirip oven dengan mengatur pre-estrus di suhu tertentu sesuai dengan kematangan yang kita inginkan dan bahkan untuk sekadar menghangatkan kuliner.


Cara pakai air fryer


Cara mengolah makanan menggunakan penggorengan elektrik ini cukup sederhana dan gampang. Namun, ada beberapa hal yang harus diamati supaya proses mengolah makanan menjadi lebih maksimal. Berikut ulasannya.


i. Mengeringkan makanan sebelum digoreng 


Jika ingin menggoreng makanan seperti kentang goreng, pastikan kentang dalam kondisi kering atau tidak mengandung banyak air. Begitupun dengan masakan lain mirip ayam dan daging. Semakin banyak air yang dikandung materi kuliner, makin sulit air fryer untuk menghasilkan tekstur yang garing.


2. Panaskan terlebih dahulu 


Sama mirip halnya oven, penggorengan ini butuh dipanaskan apalagi dulu sebelum digunakan. Kondisi air fryer yang sudah panas membuat proses menggoreng jadi lebih cepat dengan hasil maksimal.


iii. Hindari memasukkan bahan makanan terlalu banyak


Meski ruang di dalam air fryer cukup besar, kita tidak mampu memasukkan banyak masakan sekaligus ke dalamnya. Jika isinya terlalu sarat , tingkat kematangan yang dihasilkan menjadi tidak sama sehingga rasanya pun tidak optimal.


Air fryer memasak kentang.
Contoh penggunaan air fryer yang sempurna – tidak memasukkan terlalu banyak masakan. (Foto: Shutterstock)

four. Perhatikan takaran minyak 


Ukuran minyak yang digunakan ketika mengolah masakan dalam air fryer juga tetap harus diperhatikan. Jangan hingga jumlahnya terlalu sedikit atau terlampau banyak. Umumnya, kita hanya membutuhkan satu sampai dua sendok makan minyak untuk menggoreng. Bahkan, ada makanan yang tidak perlu menggunakan minyak sama sekali ketika dimasak.


five. Bersihkan secara rutin


Sama dengan alat masak yang lain, alat ini wajib dibersihkan secara berkala . Cara membersihkannya memang sedikit berlawanan, bagian luar dapat dibersihkan memakai lap, sedangkan bagian dalam bisa dibersihkan menggunakan spons cuci piring yang lembut dan air hangat.


Untuk bab yang merepotkan dibersihkan, kita bisa menggunakan sikat gigi dengan bulu yang lembut. Pastikan untuk tidak menyikatnya terlalu keras. Gunakan kain lap higienis untuk mengeringkan bagian yang telah dibersihkan. Inilah waktunya menggoreng tanpa rasa bersalah!


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel