Cara Kerja Microwave Ternyata Tidak Hanya untuk Menghangatkan Makanan

Punya microwave di rumah, namun hanya dipakai untuk menghangatkan kuliner? Cara kerja microwave tak cuma itu, lho. Ada beberapa fungsi microwave yang mampu kita manfaatkan sehingga aneka macam macam proses mengolah makanan jadi lebih mudah dan efisien, bahkan untuk cuma mengolah masakan telur.


Cara kerja microwave pada dasarnya ialah memancarkan radiasi gelombang mikro yang memproduksi panas sehingga masakan jadi hangat dan matang. Perbedaan jenis microwave terletak pada besarnya suhu yang disajikan. Misalnya convection microwave yang mampu mematangkan makanan lebih cepat dari microwave biasa.


Apakah aman memasak memakai microwave? Apakah daya panasnya tidak merusak kuliner? Menurut observasi di Universitas Sydney, Canberra dan Victoria, mengolah masakan menggunakan microwave tetap aman selama kita memakai wadah yang tepat.


Kita bisa berkreasi dengan microwave. Berbagai jenis makanan sederhana bisa dihasilkan dengan menggunakan microwave rumahan mulai dari telur rebus hingga kudapan manis kukus.


Yuk, intip cara kerja microwave berikut ini untuk kreasi dapurmu!


i. Merebus


Microwave bisa kita manfaatkan untuk merebus banyak kuliner. Salah satunya adalah merebus telur. Caranya, masukkan telur utuh ke dalam mangkuk yang tahan panas. Kemudian, isi air ke dalam mangkuk dan tambahkan sedikit garam supaya telur tidak meletup. Atur suhu microwave paling tinggi. Tunggu sekitar 12 menit hingga telur matang.


Selain merebus telur, microwave juga bisa digunakan untuk mengolah masakan mie instan. Caranya kurang lebih sama dengan proses merebus mie di kompor. Ingin tetap sehat? Kita juga bisa merebus sayuran mirip kol dan kentang di dalam microwave.


two. Menumis


Ingin mengolah masakan tumis sayuran? Yuk, coba memakai microwave! Ternyata cara kerja microwave dapat menolong proses menumis menjadi lebih mudah. Tapi, jangan lupa untuk menggunakan wadah anti panas, ya, untuk menumis makanan dalam microwave.


Caranya kurang lebih sama dengan merebus. Bedanya, kita tidak membubuhkan air terlalu banyak ke dalam wadah. Siapkan sayuran dan bumbu yang mau ditumis ke dalam wadah, lalu tutup rapat. Atur waktu sesuai dengan tingkat kematangan yang kita harapkan.


3. Memanggang


Paha ayam siap dipanggang di microwave
Ternyata, kita mampu, lho, memanggang ayam di microwave (Foto: Shutterstock)

Cara kerja microwave selanjutnya yang mampu kita manfaatkan yaitu untuk memanggang. Misalnya saja untuk menciptakan ayam panggang. Caranya sendiri tidak terlampau berlainan dengan memanggang ayam di oven.


Pertama, kita perlu memarinasi ayam apalagi dahulu dengan bumbu sesuai selera. Kemudian bungkus ayam dengan aluminium foil. Simpan di dalam microwave dengan suhu dan waktu sesuai tingkat kematangan yang diharapkan. Bedanya, memanggang dengan microwave memerlukan waktu yang lebih usang dibandingkan oven.


four. Baking


Mug cake cokelat
Inilah acuan penampilan cake yang dibuat di microwave. (Foto: Shutterstock)

Bisa nggak, ya, untuk memanggang kue dengan memakai microwave? Jawabannya tentu bisa, namun memang tidak berlaku untuk semua jenis kue. Beberapa jenis kue sederhana mampu dibuat menggunakan microwave mirip banana cake dan chocolate cake.


Namun tetap, ada banyak resep cake yang memakai microwave yang mampu kita pilih. Bahkan beberapa di antaranya cuma memerlukan gelas mug saja. Bahan-bahannya pun cenderung sederhana, cuma perlu bahan inti mirip telur sebagai perekat gabungan.


5. Cara kerja microwave untuk menggoreng


Sudah pernah menjajal menggoreng kuliner di microwave? Jika belum, tak ada salahnya menjajal . Memang tak semua makanan bisa digoreng menggunakan microwave. Salah satu kuliner yang mampu digoreng dengan mengguankan alat masak modernistic ini yaitu kerupuk!


Kerupuk khas Indonesia
Wah, rupanya kerupuk mampu digoreng di microwave, lho! (Foto: Shutterstock)

Kita bisa mengontrol suhu tertinggi untuk menggoreng kerupuk di microwave. Tunggu sebentar sampai kerupuk mengembang, namun jangan dibiarkan terlalu lama alasannya adalah bisa gosong. Hasilnya memang tidak persis seperti menggoreng di atas kompor, tapi kerupuk bebas minyak ini mampu kita nikmati juga.


Demikian cara kerja microwave selain menghangatkan makanan yang bisa kita coba. Kita juga bisa menyaksikan berbagai resep kuliner mudah memakai microwave di sini ya. Selamat berkreasi!


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel