Jangan Dibuang Dulu, Kulit Jeruk Ternyata Banyak Manfaatnya

Siapa yang suka membuang kulit jeruk? Wajar saja, terlebih jika telah selesai kita santap buahnya. Sebetulnya, kita bisa pertimbangkan dulu pemanfaatannya sebelum dibuang. Tak hanya wanginya menyegarkan, kulit jeruk juga mengandung zat-zat yang berfaedah – baik untuk dimakan secara eksklusif atau tidak.


Cara menggunakannya juga bervariasi, mulai dari diparut hingga dimasak menjadi cuilan kecil ataupun dikeringkan. Pilihlah jenis jeruk yang berkulit tebal karena lebih gampang untuk diolah. Berikut ialah cara memanfaatkannya yang bisa kau lakukan di rumah!


i. Menambah rasa segar pada masakan


Orange Cake dengan garnish kulit jeruk
Orange Cake (Foto: Shutterstock)

Kulit jeruk mampu memperkuat rasa masakan, utamanya untuk kue dengan tema rasa yang menyegarkan seperti orangish cake ataupun lemon cake. Parut menjadi kepingan kecil, dan larutkan pada campuran kue. Kamu juga mampu menyebabkan orangish zest selaku garnish.


Tak cuma menunjukkan rasa yang segar, beliau juga punya banyak manfaat kesehatan kalau disantap pribadi. Kandungan zat pektin-nya dapat mengendalikan kadar kolestoral dan memajukan kinerja lambung.


ii. Menghilangkan anyir tidak sedap


Suhu kulkas dijaga dengan ditutup kulkasnya.
Kulit jeruk mampu menetralisir wangi tak sedap pada kulkas. (Foto: Shutterstock)

Kulit jeruk mengandung minyak atsiri atau lebih diketahui dengan istilah populernya sebagai esssential petroleum. Tak heran jika jeruk sering dijadikan materi utama dalam parfum, bukan?


Nah, kau mampu manfaatkan kulit buah berwarna oranye ini untuk menghilangkan bau tak sedap pada kulkas. Caranya, simpan dengan garam di bagian dalam kulkas. Ganti kalau telah terlihat basah atau kering.


three. Meredakan batuk


Kulit jeruk juga berfungsi selaku obat herbal. Salah satunya yakni obat pereda batuk. Tapi, pastinya kita tidak mesti memakan kulitnya secara pribadi. Kita mampu mengolahnya terlebih dulu.


Caranya, bersihkan terlebih dulu. Setelah itu, rebus 5 gram kulit jeruk dengan two gelas air selama sekitar x menit. Tambahkan irisan jahe dan gula merah. Minum selagi hangat.


4. Menjadi bahan pembersih serbaguna


Kulit buah berkarakter bau segar ini mampu disulap jadi pembersih meja dan lantai. Saat ini, pembersih menggunakan bahan alami sedang digalakkan oleh banyak komunitas pencinta lingkungan alasannya lebih aman.


Rupanya, cara membuatnya cukup mudah! Campurkan kulit jeruk dengan cuka di dalam botol. Kamu juga mampu mencampurkan materi lain sebagai penambah busuk mirip daun rosemary. Simpan selama dua ahad dan gunakan. Kamu mampu memakai cairan alami ini selaku pembersih lantai dan meja.


v. Menjadi pewangi lemari busana


Kamu juga mampu membuatnya selaku pewangi atau penyegar lemari pakaian. Tak jarang, busana amis apek alasannya adalah lemari terlalu basah. Kandungan minyak atsiri pada jeruk dapat menolong menanggulangi hal tersebut.


Pembersih serba guna dari bahan alami
Pembersih serbaguna dari materi alami (Foto: Shutterstock)

Caranya cukup simpan kulit jeruk yang segar di satu pojok lemari. Ganti bila sudah mengering. Jumlahnya bisa diadaptasi dengan volume lemari.


vi. Dibuat menjadi masker sampai lulur


Kulit jeruk juga terkenal memiliki segudang faedah untuk keayuan. Kamu bisa mengolahnya jadi masker sampai lulur.


Caranya, keringkan kulit jeruk terlebih dulu kemudian lumatkan sampai halus. Untuk menciptakan masker, kau bisa mencampurkannya dengan susu segar. Untuk lulur, kamu mampu padukan dengan air mawar dan beberapa bahan alami lainnya mirip tepung beras dan daun kenanga.




Demikian keenam cara mempergunakan yang mampu kau kerjakan di rumah. Kini, tak ada lagi alasan membuangnya sehabis mengkonsumsi buahnya.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel