Inilah Cara Membuat Sup Buah a la Hong Kong yang Sedang Viral!

Sup buah a la Hong Kong atau yang terkenal disebut dengan nama 11 mi lu atau sai mao lou selesai-selesai ini sedang booming dan jadi topik hangat di kelompok foodie. Sudah pernah mencobanya?


Sejatinya eleven mi lu yaitu tapioca dessert asal dapur Kanton yang berbahan dasar santan dengan isian tapioca pearl atau bola-bola sagu. Semakin berkembang, dessert ini  juga dipadukan dengan susu evaporasi dan bahan isi yang lain. Misalnya seperti buah segar potong, buah kalengan, dan dessert olahan (jelly, puding, atau nata de coco).


Xi mi lu, dessert sup buah yang menggunakan tapioca pearl.
Tapioca pearl, bahan utama sup buah a la Hong Kong. (Foto: Shutterstock)

Sup buah eleven mi lu versi lokal


Beberapa dessert Asia yang juga terkenal di negara tetangga seperti mango sago pearl dan taro pearl bisa jadi yaitu leluhur kreasi sup tapioca pearl hambar ini. Xi mi lu juga mulai dikenal di kota-kota besar di Indonesia, seperti Medan, Pekanbaru, Batam, dan beberapa daerah yang lain.


Bedanya, versi setempat dibentuk dengan kombinasi pelengkap isi yang mempesona mirip buah segar, dawet, atau cincau. Ada juga yang mendatangkan substitusi berbentukkrim atau susu evaporasi selaku pengganti santan oleh para penjaja kuliner. Tampilannya yang colorful dan instagrammable membuat sajian cantik seperti sup buah ini gampang booming dengan banyak improvisasi bahan.


Karena 11 mi lu sendiri hanya berbahan dasar saus santan cantik dan tapioca pearl, jadi sah-sah saja jikalau kamu ingin menghadirkan yang beda. Tambahkan ragam buah favoritmu untuk paling gampangnya. 


Puding mangga dengan tapioca pearl.
Hidangan anggun ini yakni salah satu yang mampu kamu ciptakan dari eleven mi lu. (Foto: Shutterstock)

Cara menciptakan 11 mi lu


Sebelum meracik eleven mi lu versimu, pastikan apa saja yang ingin kamu jadikan selaku materi isi sup buah kontemporer ini. Saranku, pilihlah buah terbaik yang kamu peroleh dikala membeli atau gunakan buah-buahan yang sedang musim. Untuk presentasi terbaik, pilihlah kombinasi isian berwarna kontras sehingga menghasilkan semangkuk sup buah yang menggugah selera.


Inilah resep sup buah a la Hong Kong atau eleven mi lu yang mampu kau coba sendiri:


Untuk: three takaran


Bahan:



  • 200 g buah nangga harum anggun, potong kotak

  • i buah avokad, keruk isinya

  • four sdm sagu mutiara matang atau tapioca pearl

  • iii sdm dawet

  • l g cincau atau puding cokelat atau java jelly

  • iii buah leci kalengan

  • 350 ml santan kental

  • 75 g gula pasir

  • one lembar daun pandan

  • Es kerikil seperlunya


Cara menciptakan:



  1. Didihkan santan, daun pandan, dan gula pasir di atas api kecil sambil terus diaduk. Angkat. Sisihkan hingga tidak panas.

  2. Penyajian: Siapkan mangkuk saji, masukkan es batu, saus santan, dan semua materi isi. Sajikan.


Nah, mudah sekali, kan, meracik sago soup asal Hong Kong ini. Jangan ragu juga untuk mengganti santan dengan susu, krim, atau susu evaporasi sebagai kuahnya. Yuk, bikin es buah kontemporer dan banyak sekali kudapan cantik yang lain dari Masak Apa Hari Ini seperti cendol ataupun bubur kacang hijau!


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel