Dibuang Sayang, Ampas Kopi Ternyata Banyak Manfaatnya

Ampas kopi yang dihasilkan dari secangkir kopi berkelahi di rumah biasanya akan dibuang begitu saja. Kebiasaan ini bakal kita ubah jikalau saja mengenali bahwa ampas kopi banyak manfaatnya. Beragam manfaat dari ampas kopi dimulai dari untuk kecantikan kulit hingga kebersihan rumah.


Memanfaatkan residu kopi juga dapat menolong meminimalkan sampah. Bahkan, dengan memakai materi alami ini, kita dapat mengurangi anggaran rumah tangga. Penasaran apa saja keuntungannya yang mampu kita peroleh? Yuk, intip ulasan berikut ini!


ane. Ampas kopi menetralisir amis kulkas


Karena aromanya yang khas dan kuat, maka tak aneh jika bau kopi dapat mengalahkan macam-macam bau. Termasuk di antaranya ialah wangi tak sedap di kulkas.


Segera ambil ampas kopi sesudah menyeduhnya, kemudian simpan di dalam wadah beling atau keramik. Simpan di kulkas selama satu hari dan wanginya akan membuat kulkas lebih segar. Selain kulkas, kita juga bisa menetralisir wangi tak sedap pada wastafel atau kamar mandi. Pastikan untuk melakukannya di saat kulkas tidak berisi bahan-materi segar alasannya adalah baunya akan bercampur.


2. Membersihkan alat dapur


Ampas kopi dapat digunakan untuk membersihkan alat dapur.
Ampas kopi mampu dimanfaatkan sebagai alternatif produk kebersihan. (Foto: Shutterstock)

Selain wanginya yang kuat, teksturnya yang sedikit agresif juga dapat membantu membersihkan noda membandel pada alat dapur. Gunakan materi alami berwarna pekat ini sebagai alternatif sabun cuci untuk menetralisir kerak pada wajan atau panci.


Bau anyir pada wajan penggorengan juga mampu diminimalisir dengan penggunaan residu kopi. Simpanlah pada daerah tertutup semoga mampu digunakan di saat-waktu.


three. Menyuburkan tanah


Ampas kopi digunakan sebagai pupuk tanaman.
Tidak cuma pupuk lazimnya , ampas kopi juga dapat menyuburkan tanah. (Foto: Shutterstock)

Dalam kopi, rupanya terdapat potassium, tembaga, dan fosfor serta magnesium yang mampu menutrisi tanah. Inilah sebabnya dia mampu digunakan selaku alternatif pupuk.


Namun caranya ialah dengan mengeringkan ampas kopi terlebih dulu. Setelah itu, bubuk yang sudah kering ditaburkan ke atas tanah tempat tanaman bertumbuh. Selain selaku alternatif pupuk, kopi juga diyakini dapat menghalangi datangnya hama.


iv. Mengatur kelembapan kulit wajah


Manfaat kopi di dunia keayuan juga telah diketahui usang. Kopi banyak dijadikan materi perawatan paras mulai dari masker, scrub, dan sabun pembersih. Kandungan vitamin C dan antioksidan dari kopi rupanya baik untuk kesehatan kulit. Menurut observasi University of Lisbon, kopi dapat membantu mengatur produksi minyak dalam kulit sekaligus menghidrasi kulit.


Salah satu cara yg terkenal adalah dengan mempergunakan ampas kopi yang gres diseduh, kemudian aplikasikan sebagai masker wajah. Diamkan hingga x menit, lalu bilas sampai higienis.


five. Menguatkan dan memperbaiki warna rambut


Selain untuk keayuan paras , ampas kopi juga mampu bermanfaat untuk rambut. Perawatan rambut dengan kopi telah ada semenjak peradaban antik di Mesir. Kandungan kafein pada kopi mampu mendorong kemajuan rambut untuk menanggulangi kebotakan, terutama untuk kaum pria.


Warna kopi yang pekat juga cocok untukmu yang ingin menjaga warna rambut tetap gelap dan mengkilap. Caranya adalah dengan mengoleskan ampas kopi yang masih segar pada rambut setelah dikeramas. Diamkan selama kurang lebih 10 menit, lalu bilas hingga bersih.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel