Ragam Jenis Jus Penurun Darah Tinggi

Menjaga tekanan darah bisa dilakukan secara alami melalui konsumsi buah-buahan dan sayuran. Hal ini menolong badan untuk lebih sehat tanpa konsumsi obat-obatan kimia yang berlebihan. Agar prosesnya lebih nyaman dan rasanya lebih yummy, kamu mampu menjajal bermacam-macam jenis jus penurun darah tinggi berikut.


Sejumlah penelitian mengungkap bahwa berbagai jenis buah-buahan terbukti ampuh membantu menurunkan tekanan darah jika dikonsumsi secara berkala . Beberapa kelompok senyawa bioaktif mirip flavonoid dipercaya dapat menolong menurunkan tekanan darah. Kandungan ini terdapat dalam beberapa buah-buahan berries, sebagai misalnya.


Selain buah-buahan, beberapa macam sayuran dapat memperlancar sirkulasi darah. Sirkulasi darah yang baik akan membantu menurunkan tekanan darah yang terlalu tinggi. Kandungan mirip potassium dan kumarin merupakan senyawa dalam berbagai jenis sayuran yang kita butuhkan untuk membuat jus penurun darah tinggi.


Nah, apa saja buah-buahan dan sayuran yang bisa kita olah jadi jus penurun darah tinggi? Yuk intip beberapa pilihannya berikut ini!


ane. Jus Kiwi


Jus kiwi
Kiwi, salah satu buah yang sempurna diolah menjadi jus penurun darah tinggi (Foto: Shutterstock)

Dari sekian banyak buah-buahan yang dinilai efektif menurunkan tekanan darah, buah kiwi adalah yang paling kerap disebut. Menurut observasi yang dilaksanakan oleh National Institutes of Health, mengonsumsi tiga buah kiwi dan satu buah apel per hari mampu membantu menurunkan tekanan darah.


Dua buah ini bisa jadi inspirasi untuk membuat jus penurun darah tinggi yang yummy. Kamu mampu memakai blender atau pressed juicer. Agar seratnya tak terbuang dan cita rasanya lebih kental, kau bisa memakai blender untuk membuat smoothie kiwi yang enak.


ii. Jus Tomat


Selain kiwi, tomat juga terkenal sebagai bahan alami yang mampu menurunkan tekanan darah. Tak cuma memiliki rasa yang lebih tomat juga gampang ditemukan. Penelitian yang dijalankan oleh Tokyo Medical together with Dental University serta Tucson Plant Breeding Institute menyimpulkan bahwa mengonsumsi jus tomat tanpa gula sepanjang tahun bisa membantu menurunkan tekanan darah.


Namun, hal ini tidak berlaku untuk siapa pun penderita hipertensi yang mengikuti penelitian tersebut. Setiap orang memiliki kondisi kesehatan yang berbeda. Meski begitu, tomat tetap dianjurkan oleh American Heart Association untuk dikonsumsi oleh para penderita hipertensi.


iii. Jus Bit


Buah flake juga bisa dimasak jadi jus penurun darah tinggi. Menurut Journal of Nutritions yang diterbitkan oleh Oxford Academy, kandungan nitrat pada buah chip mampu membantu menurunkan tekanan darah bila dikonsumsi secara berkala .


Selain itu, jus fleck juga mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan jantung. Minumlah jus fleck secara berkala untuk menerima hasil maksimal, yuk, sobat-sobat!


four. Jus Seledri


Sayur seledri diolah menjadi jus penurun darah tinggi.
Siapa sangka jika jus seledri mampu berkontribusi pada penurunan tekanan darah? (Foto: Shutterstock)

Jus seledri jadi salah satu jus yang hits di media sosial final-akhir ini. Banyak pengguna media umum di Indonesia mengaku mencicipi aneka macam faedah dari jus seledri. Salah satu manfaatnya adalah menurunkan tekanan darah.


Seledri memiliki banyak kandungan faedah mirip kumarin yang dapat menjaga keseimbangan air dan menurunkan teknan darah. Senyawa bioaktif phtalides dan antikoagulan juga bisa menghalangi stroke.


5. Jus Wortel


Wortel sebagai jus penurun darah tinggi.
Wortel yaitu salah satu sayuran yang tepat diolah menjadi jus penurun darah tinggi. (Foto: MAHI)

Wortel juga mampu dimasak jadi jus penurun darah tinggi. Kandungan potasium-nya yang tinggi dapat membantu menurunkan tekanan darah dengan cara menyeimbangkan imbas negatif dari garam. Potassium juga membantu kinerja ginjal dalam badan.


Mengonsumsi kuliner yang mengandung potassium akan menolong ginjal mencampakkan kelebihan sodium lewat urin. Selain wortel, beberapa buah-buahan yang mengandung potassium ialah apricot, alpukat, jeruk, dan anggur.


vi. Jus Stroberi


Buah berries mirip stroberi dan huckleberry mengandung flavonoid yang diyakini mampu menurunkan tekanan darah. Buah-buahan segar ini bisa kamu olah untuk jus penurun darah tinggi yang lezat.


Selain itu, flavonoid pada stoberi juga bermanfaat sebagai antioksidan, meredakan peradangan, dan menurunkan risiko serangan jantung. Selain buah berries, kandungan ini juga terdapat pada buah anggur.


Nah, keeenam buah dan sayur ini mampu kau campurkan untuk menciptakan jus. Misalnya saja mencampurkan buah fleck, wortel, dan seledri untuk jus penurun darah tinggi yang lezat. Selamat mencoba!


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel