7 Pilihan Makanan Sehat untuk Jantung yang Prima

Memilih masakan sehat untuk jantung adalah salah satu ikhtiar utama dalam mempertahankan kesehatan kita. Meskipun kita bersungguh-sungguh cheque-upwardly, berolahraga, tidak merokok, ataupun meminimalisir kadar stress, tetap saja pilihan makanan perlu kita amati. Resiko serangan jantung di kurun ini bahkan kian tinggi alasannya banyaknya opsi masakan yang tinggi lemak dan kolesterol.


Melalui artikel ini, Masak Apa Hari Ini ingin mengajakmu menikmati banyak sekali jenis kuliner sehat untuk jantung yang mampu kamu mulai dari hari ini!


i. Avokad, masakan sehat untuk jantung


Satu jenis buah yang sangat bersahabat dengan orang Republic of Indonesia ini rupanya memiliki kadar potassium yang lebih tinggi dari pisang. Untuk jenis Hass, kadar potassium-nya bahkan lebih tinggi 33%! Fungsi potassium adalah mengembangkan pelepasan nitrat oksida yang hendak membantu menurunkan tekanan darah dan resiko kardiovaskuler.


2. Tomat, sumber kelezatan yang juga sehat


Secara alami, tomat mempunyai pigmen lycopene atau likopena yang sungguh kaya dan merupakan zat antioksidan yang ampuh. Satu simpulan dari 25 studi menunjukkan bahwa makanan yang mengandung likopena tinggi mampu meminimalisir resiko serangan jantung dan stroke. Bahkan ada studi lainnya yang menunjukkan bahwa mengonsumsi tomat segar sebanyak empat kali per minggu mampu mengembangkan kadar kolesterol baik (HDL).


3. Bawang putih


Bawang putih, makanan sehat untuk jantung.
Bawang putih, jagoan kecil yang tidak cuma menciptakan masakan lebih yummy tetapi juga badan lebih sehat. (Foto: Shutterstock)

Dari satu materi yang simpel ini, siapa yang menyangka bahwa bawang putih punya banyak kelebihan yang menyehatkan badan manusia? Bahkan selama berabad-kala, bawang putih menjadi dasar obat-obatan tradisional untuk menangani banyak sekali penyakit.


Adalah komponen bioaktif dalam bawang putih yang dinamakan sebagai allicin yang berjasa dalam hal ini. Berbagai studi yang telah dikompilasi oleh National Institutes of Health menyebutkan bahwa bawang putih mampu menurunkan tekanan darah, kolesterol jahat, serta penyempitan pembuluh darah serta stroke.


Cara paling mudah menerima efek sehat dari allicin? Nikmati segar, atau memarkan selama beberapa usang sebelum diolah. Enzim allinase akan teraktivasi dan allicin akan terbentuk, sehingga kita dapat menikmati potensinya secara maksimal.


four. Teh hijau, bukan hanya sekadar minuman


Naiknya popularitas teh hijau bukan sebab tanpa alasan. Teh hijau diketahui alasannya adalah mempunyai unsur yang berguna untuk kesehatan mirip polifenol dan katekin yang berfungsi sebagai antioksidan. Lebih jauhnya, teh hijau bisa mencegah kerusakan sel, meminimalkan inflamasi, serta menjaga kesehatan jantung. Mengonsumsi ekstrak teh hijau selama tiga bulan konon dapat meminimalkan tekanan darah, trigliserida, hingga LDL dan kolesterol keseluruhan.


five. Gandum utuh


Nasi merah, makanan sehat untuk jantung.
Nasi merah, opsi orang Indonesia yang sedang menghindari nasi putih. (Foto: Shutterstock)

Makanan jenis ini biasanya datang dengan banyak sekali nama seperti whole wheat, dark-brown rice, buckwheat, oat, barley, hingga quinoa. Tingginya kadar serat pada banyak sekali bahan makanan ini mampu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan resiko serangan jantung, begitu dikutip dari jurnal National Institutes of Health di Amerika Serikat. Satu analisis yang ditarik dari 45 macam studi menyimpulkan bahwa tiga porsi gandum utuh yang dikonsumsi saban hari mampu menurunkan resiko serangan jantung hingga 22%!


half dozen. Kunyit, bahan masakan terkenal di Republic of Indonesia dan India


Kunyit, makanan sehat untuk jantung.
Sejak dini, bawah umur Indonesia telah diajari untuk sudah biasa mengonsumsi kunyit. (Foto: Shutterstock)

Inilah salah satu materi yang sangat diketahui di masakan negeri Nusantara ini. Warna kuning dari kunyit tiba dari polifenol yang disebut selaku  curcumin. Efek antioksidan dari curcumin menolong menangkal komplikasi yang diakibatkan oleh kolesterol LDL, diabetes, gagal jantung, gangguan detak jantung, dan juga aterosklerosis atau peradangan pembuluh darah.


vii. Jahe, rasa hangatnya disukai banyak orang


Jahe, makanan sehat untuk jantung.
Bahan dasar banyak sekali kuliner dan minuman herbal ini sungguh diminati orang Republic of Indonesia. (Foto: Shutterstock)

Jahe juga yakni sahabat sejatinya orang Republic of Indonesia. Biasa disantap sebagai minuman atau bagian dari makanan, jahe rupanya memiliki bagian aktif yang disebut gingerol, dan memiliki imbas antioksidan tinggi serta anti-inflamasi. Beberapa studi memberikan bahwa jahe mampu menolong menurunkan kadar kolesterol dalam sel serta gugusan penyumbatan dalam darah.




Sekian banyak bahan makanan sehat untuk jantung ini sudah mudah untuk didapatkan dalam keseharian kehidupan masakan di Republic of Indonesia. Bahkan gandum utuh juga sekarang kian gampang dicari di banyak sekali swalayan gourmet ataupun toko-toko yang memasarkan materi masakan organik. Soal resep, tentu kau mampu mudah menggarapnya dengan berbagai cara alasannya materi-bahan kuliner yang disebutkan tadi begitu fleksibel. Selanjutnya, giliranmu untuk menjajal jalur gaya hidup yang mampu menjaga kesehatan jantung.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel