6 Ide Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Sedang mencari ide masakan sehat untuk ibu hamil dan menyusui? Wanita yang sedang tengah menjalani proses ini pasti mempunyai nutrisi yang tak sama dikala sedang dalam kondisi wajar . Dalam keadaan kehamilan, keperluan nutrisi di periode tertentu, terutama trimester pertama, sungguh penting demi menguatkan kandungan. Sementara untuk ibu menyusui, asupan vitamin wajib dilengkapi demi menciptakan produksi ASI yang berkualitas.


Nah, beberapa pandangan baru kuliner sehat bakal jadi ide bagi kau untuk mempersiapkan card sehari-hari. Tujuannya pasti supaya kebutuhan nutrisi kandungan dan keperluan ASI bisa tercukupi.


1. Kacang-kacangan ialah masakan sehat untuk ibu hamil


Kacang-kacangan mirip kacang hijau, kacang hitam, kacang almond, atau kacang merah memiliki nutrisi yang bagus bagi ibu hamil dan menyusui. Kacang-kacangan tak cuma merupakan sumber protein, namun juga mengandung zat besi, antioksidan, dan sangat bermanfaat bagi janin dalam kandungan. Begitupun juga selaku sumber nutrisi ibu menyusui.


Contoh masakan: Sup kacang merah, bubur kacang hijau, bubur kacang hitam, masakan berbahan kacang almond, atau sup pasta kacang merah.


Aneka kacang-kacangan sebagai makanan sehat untuk ibu hamil.
Kacang-kacangan punya segudang manfaat dan ialah makanan sehat untuk ibu hamil dan menyusui. (Foto: Shutterstock)

two. Daging, sumber protein paling yummy


Baik daging ayam maupun daging sapi, keduanya menyumbangkan protein yang mampu mencukupi keperluan gizi ibu hamil dan menyusui. Kandungan protein diharapkan untuk pembentukan otot, struktur tulang, enzim-enzim, dan metode imun. Daging sapi mempunyai kandungan zat besi yang dapat menolong menurunkan risiko kelahiran prematur dan membantu pembentukan hemoglobin. Pilih daging ayam atau daging sapi tanpa lemak untuk diolah.


Contoh masakan: Tumis daging brokoli, ayam panggang saus jamur, rolade ayam, cap cay goreng sapi.


3. Makanan tinggi asam folat


Bagi ibu hamil, konsumsi tambahan asam folat menjadi salah satu yang utama, utamanya pada ketika trimester pertama. Kamu mampu mendapat sumber asam folat tinggi dari avokad, brokoli, asparagus, sayuran berdaun hijau, jeruk, dan lainnya.


Contoh makanan: brokoli panggang saus keju, sup krim asparagus, tumis caisim, puding avokad.


4. Buah-buahan segar


Jenis-jenis buah-buahan ini seharusnya sering kamu konsumsi terutama untuk kamu yang sedang hamil atau menyusui. Kurma, daging buah kelapa (zat besi), aprikot, pisang (potassium) dan kismis diandalkan mampu memperbesar produksi ASI. Bagi ibu hamil, kurma biasa disantap pada era kehamilan. Di permulaan kehamilan, kurma berguna mencukupi keperluan kalori, terutama kalau sang ibu mempunyai persoalan kehilangan nafsu makan dan dilanda morning sickness. Menjelang proses kelahiran, kurma dapat mengembalikan stamina dan mempercepat pemulihan usai proses bersalin.


Contoh carte: Puding kelapa muda, es teh kurma, puding kurma.


five. Ikan bahari, kaya akan omega iii


Sangat diusulkan untuk mengonsumsi ragam ikan yang banyak mengandung omega three, mirip salmon, kembung,  dan tuna. Ada hal penting yang mesti diperhatikan sebelum mengonsumsi ikan-ikanan khususnya dalam sajian sushi atau salad, adalah tentukan ikan yang mau disantap sudah diolah betul-betul matang untuk mencegah kemungkinan adanya basil pada ikan maritim.


Contoh carte: salmon steak, kembung acar kuning, tuna woku.


Aneka ikan yang tinggi asam folat adalah makanan sehat untuk ibu hamil.
Konsumsi ikan yang mengandung asam folat yang bagus bagi janin. (Foto: Shutterstock)

half dozen. Telur, sumber poly peptide paling terjangkau


Sumber poly peptide hewani yang harganya sangat terjangkau ini juga penting untuk ibu hamil dan menyusui. Telur yakni sumber protein, lemak,  mineral, dan asam lemak omega three. Nutrisi yang didapat dari mengonsumsi telur juga menolong ibu memberi asupan protein dan tumbuh kembang bayi lewat asupan ASI.


Contoh card: Tumis telur kailan, tahu telur, omelet sayuran.


Begitu mudah pastinya untuk bisa menyiapkan carte kuliner sehat untuk ibu hamil yang didasarkan pada enam bahan ini, bukan? Bagi kamu yang sedang dalam era hamil dan menyusui, jangan lupa untuk senantiasa mengonsumsi masakan sehat, ya!


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel