7 Peralatan Dapur Modern yang Kamu Butuhkan di Rumah

Peralatan dapur mengalami pertumbuhan dari tahun ke tahun. Seiring pergantian zaman, ada banyak peralatan dapur modern yang membuat lebih mudah para ibu di rumah untuk mengolah makanan lebih cepat dan efisien. Jika dahulu menanak nasi perlu waktu sampai satu jam di atas tungku, sekarang mengolah masakan nasi cuma perlu 10 menit saja di rice cooker selaku misalnya.


Namun selain rice cooker, perlengkapan dapur apa lagi ya yang menawarkan fasilitas dan efisiensi waktu? Berikut kami rangkum tujuh peralatan dapur mod dan esensial yang perlu kamu miliki.


ane. Multi Cooker


Multi cooker bisa disebut selaku model canggih dari rice cooker. Punya bentuk yang seperti, multi cooker menunjukkan fungsi yang lebih beragam dari rice cooker. Seperti namanya ‘multi’, produk ini bisa kau pakai untuk menggoreng, memanggang, hingga mengukus masakan.


Harga peralatan dapur ini pun pasti lebih mahal dari rice cooker umumnya. Tertarik punya ‘robot kecil serba bisa’ ini?


ii. Knife Sharpener


Knife sharpener, peralatan dapur paling penting.
Jangan lupa investasi perlengkapan dapur seperti knife sharpener yang hendak sungguh membantumu. (Foto: Shutterstock)

Mengasah pisau telah diketahui dari zaman dahulu abad. Namun, cara mengasah pisau semakin berkembang dan kemudahannya semakin terasa. Jika nenek kita zaman dahulu mengasah pisau memakai watu, sekarang ada peralatan dapur khusus yang terkenal dengan istilah ‘knife sharpener’.


Bentuknya cukup beraneka ragam, tetapi yang paling lazim ditemukan yaitu knife sharpener berbentuk panjang mirip pisau besar. Bahkan ada juga sejenis knife sharpener yang memungkinkan kita mengasah dua pisau sekaligus!


iii. Slow Press Juicer


Siapa yang tak suka minum jus? Minuman segar dari buah ini menjadi alternatif untuk kau yang malas makan buah. Kini, peralatan dapur pembuat jus telah sangat beragam. Salah satu yang sedang jadi primadona adalah Slow Press Juicer. Mesin ini mengolah buah-buahan atau sayuran dengan lebih lambat sehingga nutrisinya dinilai lebih terjaga.


four. Air Fryer


Jika kau tak bisa lepas dari gorengan,maka air fryer bisa masuk ke dalam daftar perlengkapan dapur incaranmu. Peralatan dapur ini mampu menggoreng kuliner tanpa minyak. Makara lebih sehat kan? Air fryer memakai udara panas berkecepatan tinggi sehingga bisa membuat kuliner matang dan bertekstur renyah seperti digoreng.


5. Steam Oven


Steam oven, peralatan dapur untuk memasak makanan sehat.
Steam oven ialah pilihan tepat dan sehat pengganti fan panggangan yang tradisional. (Foto: Shutterstock)

Steam panggangan juga menjadi solusi untuk kamu yang ingin hidup sehat. Berbeda dengan oven biasa, steam oven perlu menambahkan air untuk menyempurnakan proses pematangan. Uap panas yang diberikan oleh air diandalkan mampu membuat tekstur kuliner lebih tersadar nutrisinya. Kekurangan steam panggangan hanyalah tidak bisa membuat masakan tampakkecokelatan seperti layaknya dipanggang dalam oven biasa. Meskipun demikian, alat ini akan banyak membantumu dalam proses masak sehari-hari.


vi. Peralatan dapur untuk pemotong kentang goreng


Mesin pemotong kentang goreng untuk resep French fries.
Dengan alat ini, merencanakan French fries menjadi lebih gampang. (Foto: Shutterstock)

Tak punya waktu mengupas dan memotong kentang? Serahkan saja pada peralatan dapur yang satu ini. Alat pemotong makanan instan sudah banyak variasinya. Kini, kamu juga mampu memangkas kentang untuk menciptakan french fries dalam hitungan detik saja. Memasak jadi kian simpel!


seven. Bread Maker


Bread Maker atau alat pembuat roti secara instan juga semakin banyak disenangi. Para ibu telah tidak butuhlagi menguleni bahan roti dan takut adonan tidak mengembang. Kita cuma perlu memasukkan bahan-bahan ke dalam staff of life maker. Secara otomatis, peralatan dapur terbaru ini akan menolong proses pelumatan adonan, fermentasi, sampai pemanggangan. Praktis bukan?




Ngomong-ngomong, perlengkapan dapur terbaru mana nih yang mau kamu investasikan terlebih dulu? Pastikan untuk memulainya dengan alat masak yang kau butuhkan sehari-harinya terlebih dahulu. Perhatikan juga tips berbelanja macam-macam panci sesuai fungsinya ataupun cara mengolah masakan dengan rice cooker yang seru. Selamat mengolah makanan!


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel