Jangan Dulu Buang Teh Basi, Ini 5 Manfaatnya untuk Kesehatan

Tak lengkap rasanya bila tidak menyimpan persediaan teh di rumah. Tak hanya untuk dimakan sendiri, teh juga kadang-kadang dibuat untuk menjamu tamu. Rupanya ada studi yang mendapatkan bahwa teh basi bisa memiliki manfaat untuk kesehatan – dari kesehatan kulit sampai rambut! Meskipun demikian, konteks teh basi tentunya tidak selalu diartikan sebagai teh yang telah kadaluarsa. Karena teh bekas seduhan juga rupanya bisa dimanfaatkan.


Nah, berikut yaitu hal-hal yang bisa kamu manfaatkan dari kedatangan sisaan teh di rumah!


i. Teh bau meredakan peradangan


Air teh hijau dituangkan ke dalam gelas
Teh hijau rupanya mempunyai banyak faedah kesehatan. (Foto: Shutterstock)

Inflamasi atau peradangan pada kulit kerap terjadi akhir paparan sinar matahari. Teh, khususnya teh hijau memiliki kandungan anti-inflamasi yang bisa menenangkan kulit dan meredakan kemerahan. Caranya, seduh teh terlebih dulu, lalu kompres paras dengan lembut. Teh hijau juga memiliki antioksidan yang diandalkan mampu menangkal kanker.


two. Mengurangi kantung mata


Salah satu faedah teh yang biasa dikenali ialah membantu menghilangkan kantung mata. Namun, hal yang perlu diketahui bahwa kantung mata yang dimaksud yaitu bulat hitam yang timbul akhir kurang tidur atau capek. Beda dengan center pocketbook berisi lemak yang lazimnya muncul alasannya adalah faktor turunan.


Kamu bisa memakai kantung teh yang sudah dipakai. Dalam keadaan lembap, kompres kantung teh pada mata yang tertutup. Biarkan kandungan anti-infalamasinya memperbaiki metode kulit di daerah mata.


three. Meredakan bentol akhir gigitan serangga


Teh basi juga dapat menolong meredakan bentol-bentol akibat gigitan serangga. Kandungan epigallocatechin gallate pada teh hijau dapat membantu meredakan tanda-tanda alergi. Tak cuma alasannya adalah gigitan serangga tapi juga karena abu atau bulu hewan.


Kompres kulit dengan air teh yang sudah diseduh. Kamu juga bisa melumatkan teh hijau hingga berbentuk debu dan mencampurkannya dengan madu.


4. Membantu hilangkan ketombe


Kita juga bisa mempergunakan teh kedaluwarsa untuk kesehatan rambut, salah satunya yakni meredakan ketombe. Ketombe biasanya muncul alasannya adalah tumbuhnya jamur Malassesia globose. Kotoran jamur tersebut menciptakan kulit kepala iritasi dan mengelupas.


Pertumbuhan jamur mampu dihemat dengan teh. Manfaatkan teh kedaluwarsa untuk mencuci rambut. Bonusnya, air teh juga dapat menciptakan warna rambut makin pekat.


5. Menghilangkan busuk kaki


Kaki wanita direndam di air hangat
Teh kadaluarsa mampu dimanfaatkan untuk merendam kaki. (Foto: Shutterstock)

Teh yang telah kadaluarsa juga bisa dimanfaatkan untuk menetralisir bau kaki. Bau tak sedap pada kaki biasanya disebabkan oleh kuman dan jamur yang muncul akibat suhu yang terlalu basah. Kandungan asam tannin pada teh mampu menangani perkembangan jamur.


Seduh teh dalam air hangat pada ember kecil. Rendam kaki selama beberapa menit. Dibandingkan air hangat biasa, air teh dapat meredakan bacin dengan lebih cepat!


Demikian lima manfaat teh kedaluwarsa yang bisa kamu dapatkan. Semakin banyak kita memanfaatkan barang-barang kadaluarsa atau bekas, kian besar bantuan kita untuk mengurangi sampah rumah.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel