Inilah Cara Membersihkan Talenan Sesuai Bahannya Agar Bebas dari Bakteri

Membersihkan talenan adalah salah satu hal penting di dapur demi memutuskan bahan makanan tersadar bersih. Penting untuk dimengerti bahwa talenan yang kotor mampu menjadi media pengirim kuman dari satu materi makanan ke materi makanan yang lain.


Maka dari itu, rutin membersihkan talenan bisa menghalangi kontaminasi silang dari penyebaran basil dari bahan mentah yang memiliki peluang mengakibatkan keracunan kuliner. Manfaat lain dari membersihkannya ialah membuat mutu talenan bertahan lama.


Tapi, beda bahan talenan, beda juga cara membuatnya. Tidak sesulit yang dibayangkan, kok, selama kamu bisa membersihkan talenan di dapur dengan cara yang benar.


Simak cara gampang membersihkannya sesuai dengan jenis talenan berikut ini!


i. Membersihkan Talenan Kayu


Membersihkan talenan kayu tampak atas.
Ternyata membersihkan talenan kayu itu mudah, lho! (Foto: shutterstock)

Pori-pori alami yang terdapat pada kayu menciptakan talenan jenis ini menjadi sarana yang berkembangnya kuman. Apalagi jikalau kau menggunakan talenan kayu yang sama untuk berbagai macam materi. Misalnya untuk memotong daging, ikan, lalu bumbu dan sayuran.


Maka, bersihkan talenan kayu dengan merendamnya dalam air hangat yang sudah dicampur dengan perasan air jeruk lemon atau jeruk nipis. Diamkan selama thirty menit, kemudian sikat talenan perlahan untuk menetralisir kotoran atau noda yang menempel. Setelahnya bilas dengan air higienis yang mengalir dan keringkan dengan menepuk-nepuknya memakai tisu dapur.


ii. Talenan Bambu


Talenan bambu mempunyai kepadatan pori-pori yang lebih tinggi ketimbang talenan kayu sehingga tidak akan meninggalkan celah dari pisau. Cara membersihkannya pun lebih mudah adalah dengan mencampur sabun basuh piring dengan cuka dan air sebagai cairan pembersih. Sikat perlahan dengan spons hingga talenan bersih.


3. Talenan Plastik


Talenan plastik dan bahan-bahan makanan.
Talenan plastik yaitu alternatif yang lebih bersih dibandingkan dengan kayu. (Foto: Shutterstock)

Mayoritas terbuat dari materi polyester yang tidak berpori-pori. Inilah mengapa talenan plastik relatif lebih gampang untuk dibersihkan dan lebih aman untuk digunakan. Kamu bisa membersihkannya dengan air sabun dan menggosoknya secara perlahan dengan spons.


Jika ada noda membandel yang melekat di talenan plastik, bersihkan dengan pasta yang terbuat dari gabungan 1 sendok teh soda kue, ane sendok teh garam, dan i sendok teh air. Baluri talenan dengan pasta sambil disikat perlahan memakai sabut besi. Bilas dengan air higienis lalu keringkan secara alami.


four. Talenan Komposit


Terbuat dari fabric yang mampu bertahan di suhu 121 derajat Celsius, talenan komposit mudah dibersihkan secara manual maupun menggunakan dishwasher. Cukup membersihkannya dengan sabun khusus basuh piring, bilas talenan dengan air higienis dan keringkan.


Bagaimana, tidak sukar bukan membersihkan talenan di dapur? Selalu bersihkan talenanmu sesuai jenisnya, ya, agar tahan usang dan kesehatan keluarga terjaga. Cari tahu juga aneka macam tips yang lain dalam membersihkan kulkas, membersihkan cobek, atau menjaga kebersihan dapur secara biasa di Masak Apa Hari Ini!


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel