Inilah Manfaat Bawang Bombay untuk Kesehatan yang Perlu Kamu Tahu

Bawang bombay adalah salah satu bumbu wajib di banyak dapur di seluruh dunia. Tak cuma memperkaya rasa kuliner, ada banyak manfaat bawang bombay untuk kesehatan yang mampu kita dapatkan.


Pertama-tama, bawang bombay mengandung banyak air. Kandungan yang lain mirip serat, protein, lemak, natrium dan kalium memiliki banyak fungsi baik untuk tubuh. Segenap faedah tersebut dapat kita dapatkan dengan konsumsi yang berkala dengan porsi yang cukup. Khasiat bawang bombay telah dirasakan sejak dahulu di berbagai peradaban, mulai dari Mesir, Bharat, dan Tiongkok.


Apa saja manfaat bawang bombay? Yuk, simak ulasan berikut ini!


one. Menguatkan metode imun tubuh


Bawang bombay mengandung polifenol yang berfungsi sebagai antioksidan. Polifenol dapat menolong badan kita menghadang radikal bebas. Kandungan vitamin C dalam bawang bombay juga dapat membantu daya tahan badan dari berbagai macam virus. Lebih lanjut lagi, penelitian di University of Maryland Medical Center mengungkapkam bahwa saat dikonsumsi mentah, bawang bombay mampu mengurangi gejala alergi seperti gatal dan bersin-bersin.


ii. Menstabilkan gula darah


Meski mengandung karbohidrat, salah satu bahan salad ini tidak memiliki banyak kalori sehingga dipercaya baik untuk penderita diabetes. Kandungan sulfurnya dapat menolong menurunkan gula darah. Selain sulfur, bawang bombay juga mengandung kromium yang berfungsi mengendalikan kadar gula darah.


3. Mencegah kanker


Salah satu manfaat bawang bombay adalah untuk mencegah kanker.
Salah satu manfaat bawang bombay adalah untuk menangkal kanker. (Foto: Shutterstock)

Manfaat bawang bombay berikutnya ialah menangkal kanker tertentu seperti kanker prostat, usus besar, dan lambung. Sebuah studi di Universitas Boston mengungkap kandungan quercetin dapat menghemat risiko kanker. Penelitian perihal manfaat ini diakui masih sangat sukar, alasannya lazimnya bawang bombay disajikan sedikit dalam sajian makanan sehari-hari. Untuk pencegahan yang maksimal, direkomendasikan untuk mengonsumsi i-7 bawang bombay dalam satu minggu.


iv. Memperlancar pencernaan


Kaya akan serat, bawang bombay diandalkan dapat menolong tata cara pencernaan badan. Kandungan serat oligofructose pada bawang bombay mampu merangsang kemajuan basil baik pada usus sehingga proses sekresi badan lebih lancar. Kamu bisa kian sering nih, masak hidangan serba tumis dengan bawang bombay.


five. Menjaga mood


Bawang bombay yang dikaramelisasi dalam wajan.
Bawang bombay yang terkaramelisasi banyak dipakai di banyak sekali masakan. (Foto: Shutterstock)

dan stress mampu disebabkan oleh senyawa homosistein dalam tubuh. Senyawa ini menghalangi sirkulasi darah dan gizi ke otak. Kandungan folat dalam bawang bombay dapat menghalangi terbentuknya homosistein sehingga otak dapat ternutrisi dengan baik. Dengan begitu, otak akan lebih optimal dalam mengendalikan emosi.


half dozen. Menjaga kesehatan jantung


Manfaat bawang bombay untuk kesehatan jantung juga cukup populer. Bawang bombay diandalkan dapat menurunkan risiko serangan jantung. Penelitian dalam Jurnal Redox Biology mengungkap bahwa konsumsi bawang bombay mampu mengembangkan bikinan oxylipins yang berfungsi mengontrol kolesterol dan lemak.




Penyajian bawang bombay dapat beraneka macam, bisa diolah ataupun dikonsumsi dikala masih mentah. Usahakan untuk memilih bawang bombay yang masih segar. Simpan bawang bombay pada kawasan dengan ventilasi yang bagus dalam keadaan kulit yang belum dikupas. Jika kulitnya telah dikupas, simpan dalam lemari es.


Meski belum ada yang mengungkap batas-batas konsumsi bawang bombay setiap harinya, usahakan untuk tidak berlebihan memakannya dalam satu hari. Kandungan karbohidrat pada bawang bombay mampu membuat perut kembung, khususnya bagi penderita gastritis akut. Makara, mulai kini kamu juga menikmati faedah bawang bombay untuk kesehatan selain juga jasanya dalam masakan.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel