5 Cara Mengusir Lalat Secara Alami Agar Dapur Lebih Higienis

Dapur menjadi lokasi vital di rumah, sebab dari kawasan ini aneka macam macam makanan dihidangkan. Kita semua paham bahwa dapur dan alat-alat masak yang tidak higienis mampu mengusik kesehatan keluarga. Itulah mengapa membersihkan dapur pun mesti diamati, mulai dari cara mengelap meja hingga menghalau lalat.


Jika kita sering mengolah masakan resep daging-dagingan, lalat lazimnya lebih sering datang. Binatang yang suka berada di daerah kotor ini bisa jadi menjinjing basil. Untuk itu, menghalau lalat jadi sebuah keharusan.


Kali ini, tim MAHI mengembangkan tips mengusir lalat secara alami. Menggunakan materi alami akan meminimalisir materi masakan dan alat dapur tercemar bahan kimia. Ada beberapa rempah yang baunya tidak disenangi lalat mirip pandan dan cengkih. Berikut yaitu ulasannya!


Lalat hinggap di garpu pada makanan yang sedang dimakan.
Mengusir lalat mampu memakai materi-materi alami yang tersedia di dapur. (Foto: Shutterstock)

one. Menjebak lalat dengan cuka apel


Cuka apel mampu dipakai sebagai perangkap lalat. Bau fermentasi cuka apel ini ternyata disukai lalat. Gunakan cuka apel selaku umpan dengan cara menuangkan sedikit cuka apel pada botol bekas. Gunting bab tengah botol sehingga membentuk gelas, lalu tutup dengan kertas. Buat lubang pada kertas sehingga lalat bisa masuk dan terjebak dalam larutan cuka apel.


two. Mengusir lalat dengan daun pandan


Berbeda dengan cuka apel, anyir daun pandan tidak diminati lalat. Alih-alih menangkapnya, kita bisa menggunakannya untuk menghalau lalat di dapur. Iris tipis daun pandan dan taruh di piring kecil. Simpan piring di kawasan-daerah yang sering dikerubungi lalat. Daun pandan yang masih segar dan bau akan lebih efektif menghalangi lalat datang.


three. Menggunakan cengkih dan jeruk lemon


Potongan lemon dengan cengkih di bagian tengah.
Paduan lemon dan cengkih mampu dipakai untuk mengusir lalat alasannya adalah wanginya yang khas. (Foto: Shutterstock)

Wangi cengkih dan lemon juga tidak disukai lalat. Ada dua cara yang bisa diseleksi. Pertama, potong lemon menjadi empat bab. Kemudian, tancapkan four-v batang cengkih di bab tengah lemon. Taruh di piring kecil dan simpan di tempat yang sering didatangi lalat.


Kedua, kita bisa menggunakan cengkihnya saja. Rendam cengkih dalam mangkuk berisi air. Simpan mangkuk tersebut di tempat yang sering dikerubungi lalat.


iv. Mencampurkan kayu manis, bawang putih, dan bubuk cabai


Racikan pengusir lalat selanjutnya ialah gabungan dari kayu manis, bawang putih, dan debu cabai. Ketiga rempah ini memiliki amis yang berpengaruh dan tidak disukai lalat. Kita bisa memakai kayu cantik dan bawang putih bubuk, mampu juga menentukan bawang putih dan kayu bagus utuh. Simpan tiga rempah tersebut di piring kecil.


v. Mengusir lalat dengan tumbuhan khusus


Jika sebelumnya kita menggunakan rempah untuk menghalau lalat, kita juga mampu memakai tumbuhan yang masih bertumbuh. Beberapa flora yang tidak digemari lalat adalah lavander, daun mint, bunga marigold, daun kemangi, dan daun salam. Wangi dari flora ini menciptakan lalat enggan tiba. Menyimpan pot kecil tanaman kemangi dan daun mint di dapur mampu menghalau lalat secara alami sekaligus membuat interior dapur tampaklebih segar.




Demikian lima cara alami menghalau lalat di dapur. Namun, harus kita ingat bahwa menjaga kebersihan dapur tetaplah yang utama. Selalu simpan materi kuliner yang potensial bau anyir seperti daging di tempat khusus. Segera buang makanan yang sudah bau biar lalat tidak menghampiri. Selamat mencoba!


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel