5 Menu Arisan Khas Peranakan yang Akan Membuat Tamu Terpukau

Bulan ini kebagian jadi tuan rumah arisan keluarga? Sajikan sajian yummy semoga para tamu kian betah. Menentukan menu arisan sering kali sukar, untuk itu kita perlu menentukan tema hidangan apalagi dulu. Masakan apa yang lebih disenangi keluargamu, apakah makanan tradisional, Western, atau Peranakan?


Dalam padu padan menu arisan, hal yang lazimnya bikin pusing yakni menentukan jenis hidangan yang tepat dipasangkan dengan sajian yang lain. Nah, kali ini tim MAHI ingin berbagi cara mudah memilih menu yang tepat satu sama lain, yakni menentukan desain card dari dapur yang senada. Pilihannya jatuh pada dapur Peranakan Cina yang tentu mudah diminati dan cita rasanya sudah erat di lidah banyak orang.


i. Capcay Jamur Shimeji


Salah satu masakan peranakan yang paling terkenal yakni capcay. Hidangan ini sangat sesuai dijadikan card arisan. Dulu, banyak orang yang menduga capcay memiliki arti 10 sayuran. Namun, bahwasanya capcay tidak harus berisikan 10 sayuran. Kita juga mempunyai kebebasan untuk menentukan sayuran pada menu ini.


capcay jamur shimeji
Capcay jamur shimeji enak untuk card arisan. (Foto: Lina Tjoandra)

Cobalah berimprovisasi dengan memilih sayuran yang jarang dipakai seperti jamur shimeji dalam Capcay Jamur Shimeji. Jamur ini memiliki tekstur yang kenyal dan rasanya tidak secara umum dikuasai, cocok disandingkan dengan sayuran lain.


ii. Fuyunghai Asam Manis


Fuyunghai juga mampu menjadi pelengkap carte du jour arisan yang merepotkan ditolak. Makanan berbahan utama telur ini mempunyai bentuk yang berbeda dari telur dadar yang lain. Terdapat beberapa protein dan sayuran di dalamnya yang membuat rasa fuyunghai begitu digemari.


Fuyunghai Asam Manis senantiasa berjodoh dengan saus asam anggun yang menciptakan rasanya kian sedap. Tentu saja menciptakan sausnya tak bisa asal-asalan. Untuk menawarkan rasa bagus dan gurih pada saus, jangan lupa tambahkan Bango Kecap Manis.


three. Menu Arisan Ayam Sioh Taoco


Ayam Sioh Tauco tersaji di meja.
Ayam sioh tauco bisa jadi opsi carte du jour arisan khas Peranakan yang enak. (Foto: MAHI)

Untuk menyempurnakan menu poly peptide pada menu arisan, suguhkan Ayam Sioh Taoco khas peranakan. Makanan ini telah terkenal terlebih dulu di Malaysia. Cita rasanya unik dengan perpaduan bumbu taoco, asam jawa dan ketumbar.


Permainan rasa asin, elok, dan gurih dari Ayam Sioh Taoco akan menawarkan pengalaman berbeda untuk para tamu arisan yang datang. Makanan ini juga tidak pedas dan mampu dikonsumsi bawah umur. Membuat Ayam Sioh Tauco memerlukan waktu yang cukup usang supaya teksturnya empuk, yakni sekitar one,five jam.


four. Daging Sapi Lada Hitam


Daging sapi lada hitam sering jadi favorit di kedai makanan Chinese. Lada hitam atau dark pepper bahu-membahu tidak terlampau biasa digunakan oleh Tiongkok, kecuali di tempat Sichuan yang terkenal dengan masakan pedas. Hal ini yang menciptakan daging sapi lada hitam menjadi unik dan mendunia.


Resep Daging Sapi Lada Hitam gampang sekali untuk dibentuk di rumah. Agar rasanya makin kaya, pilih dua jenis paprika untuk mengolahnya. Paduan lada hitam yang gurih dan pedas akan menyatu dengan segarnya paprika.


five. Siomay


Tak lengkap rasanya jikalau arisan berlangsung tanpa acara snacking. Siomay menjadi salah satu masakan peranakan yang popularitasnya tak mampu disangsikan lagi. Ingin menghidangkan siomay yang berbeda dan lebih hemat? Kita bisa membuatnya sendiri di rumah.


Membuat Siomay juga relatif gampang dan kita bisa menciptakannya sendiri di rumah. Tidak banyak bahan dan alat yang diperlukan. Begitupun dengan saus kacangnya yang khas. Gunakan Bango Kecap Manis pada olahan saus kacangnya, semoga rasa siomay lebih lezat.




Selain kuliner Peranakan, kita juga mampu memilih tema lain untuk card arisan. Simak resep Nasi Liwet Solo untuk sajian tradisional yang menggugah selera. Selamat mencoba!


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel