5 Masakan yang Cocok Dihidangkan di Hari Kemerdekaan Indonesia

Lomba makan kerupuk hingga pawai tumpeng menjadi perayaan Hari Kemerdekaan Republic of Indonesia yang tak boleh dilewatkan. Kegiatannya ramai dibarengi dari pedesaan hingga berbagai sudut kota-kota besar. Anak-anak, bapak-bapak, hingga ibu-ibu turut berpartisipasi, sehingga momen spesial ini memang selalu terkenang.


Tak cuma ikut lomba, biasanya di Hari Kemerdekaan Indonesia, para ibu juga diminta untuk menghadirkan masakan Istimewa. Kali ini, tim MAHI menghadirkan beberapa resep kuliner yang tepat disajikan untuk merayakan Hari Kemerdekaan. Apa sajakah itu?


ane. Nasi tumpeng hari kemerdekaan Indonesia


Tak sah rasanya bila merayakan 17 Agustus tanpa kedatangan nasi tumpeng. Selain dihidangkan untuk dikonsumsi bareng , kontes tumpeng sering dihelat antar RT dan RW. Filosofi tumpeng juga sungguh mendalam. Nasi yang berbentuk kerucut melambangkan gunung, dan lauk pauk yang melingkarinya mewakili sumber daya alam di Republic of Indonesia.


Orek tempe dan urap sayur melambangkan kekayaan tumbuhan di Indonesia. Ada pula ayam goreng serta sambal ikan teri yang mewakili kekayaan hewani di negeri ini. Hidangkan kuliner Hari Kemerdekaan yang yummy dengan resep tumpeng dari MAHI!


2. Ayam tuturuga


Ayam tuturuga siap untuk dinikmati.
Ayam tuturuga cocok disuguhkan di Hari Kemerdekaan. (Foto: MAHI)

Selain tumpeng, kita juga mampu menghadirkan masakan tradisional lainnya. Salah satu olahan yang pas untuk Hari Kemerdekaan Indonesia yakni Ayam Tuturuga. Masakan khas Sulawesi Utara ini cukup populer alasannya adalah mempunyai rasa pedas yang lezat dan meresap.


Ayam Tuturuga sekilas memiliki penampakan yang mirip opor ayam. Perbedaannya terletak pada muatan cabe yang lebih melimpah dan daun kemangi yang harum. Lihat cara membuatnya pada resep ayam tuturuga.


iii. Nasi tutug oncom


Hidangkan sesuatu yang unik tapi tetap tradisional seperti nasi tutug oncom. Makanan khas Sunda ini mempunyai cita rasa yang khas, dan cocok dikonsumsi bareng di Hari Kemerdekaan. Popularitasnya memang tidak setinggi nasi kuning dan nasi uduk, tetapi justru bisa memberikan pengalaman berlawanan untuk para tamu.


Cara menciptakan nasi tutug oncom relatif sederhana. Kita hanya membutuhkan oncom bermutu baik, kencur, dan nasi yang pulen. Lauk yang pas untuk mendampingi tutug oncom yakni ayam goreng, tahu, dan tempe. Tak susah, kan, mendapatkannya?


four. Bubur merah putih


Menyajikan bubur merah putih.
Sepiring bubur merah putih yang yummy. (Foto: MAHI)

Beralih ke kudapan manis, salah satu masakan yang cocok disuguhkan yaitu bubur merah putih. Biasanya, bubur merah putih dibentuk dikala menyambut kelahiran anak sebagai perumpamaan rasa syukur. Meski namanya bubur merah putih, bahu-membahu warna bubur bercita rasa anggun ini lebih ke cokelat dan putih.


Ciri khasnya ada pada tekstur bubur beras yang kental dengan rasa anggun dari gula merah dan bacin dari pandan. Simak resep bubur merah putih untuk dihidangkan dikala acara 17 Agustus!


5. Kue lumpur


Untuk camilannya, kita bisa menghadirkan camilan tradisional mirip kue lumpur. Camilan ini biasanya dihidangkan di atas wadah anyaman bambu dengan daun pandan, bareng kudapan manis tradisional lainnya mirip kue apem dan kue talam. Adonan yang lembut seperti martabak, menciptakan kue lumpur disenangi banyak orang.


Agar lebih ekonomis, kita bisa membuat kue lumpur sendiri di rumah. Kita juga mampu berkreasi meracik kudapan manis lumpur yang berbeda. Simak resep kudapan manis lumpur Istimewa yang memakai Royco Kaldu Ayam dan tumisan ayam. Ciptakan momen Hari Kemerdekaan yang istimewa!


Karena lazimnya kuliner yang dibuat untuk Hari Kemerdekaan dikonsumsi tolong-menolong, amati jumlah takaran supaya tak ada yang kekurangan. Siap mencobanya? Selamat merayakan Hari Kemerdekaan Republic of Indonesia!


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel