Masa sih Diet Kenyang itu Mustahil? Simak Kiat-Kiatnya!

Apa yang terlintas dalam pikiranmu dikala mendengar kata pembatasan makanan ? Lapar yang ditahan atau kuliner menjadi tidak seenak lazimnya ? Wajar, namun bagaimana bila ada penyelesaian diet kenyang untukmu? Pasti senang rasanya jika berat tubuh turun tanpa menahan rasa lapar.


Tenang saja, itu bukan hal yang mustahil. Ada beberapa tips-kiat khusus untuk melakukan diet kenyang. Istilah diet kenyang sendiri pertama kali dibuat oleh salah satu selebriti Indonesia yang berhasil menurunkan berat badannya hingga 75 kg dalam waktu yang cukup singkat. Diet yang ia kerjakan adalah hanya menyantap raw food atau kuliner mentah yang minim proses pengolahan.


Kita bisa mengambil pandangan baru dari cara pembatasan makanan kenyang yang beliau kerjakan. Jika tidak inginterlalu drastis, kita bisa melakukannya secara perlahan-lahan dengan lima tips berikut!


ane. Konsumsi kuliner raw nutrient


Diet raw food telah ada sejak tahun 1800-an. Dalam prinsipnya, masakan yang dikonsumsi tidak dimasak dalam suhu lebih dari twoscore-48 derajat Celsius. Makanan seperti tepung, pasta, dan sosis harus dibuang dari daftar masakan para penganut pembatasan makanan raw nutrient. Dengan begitu, makanan menjadi rendah kolesterol dan nutrisinya masih tersadar.


Makanan yang disediakan langsung dari alam, seperti buah dan sayuran juga kaya serat yang cantik untuk metabolisme tubuh. Kandungan kalori raw food juga condong rendah, sehingga diyakini dapat menolong menurunkan berat tubuh.


Beberapa raw nutrient yang bisa jadi pilihanmu yaitu buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, yoghurt, juga daging yang tidak melalui banyak proses pengolahan seperti sashimi. Namun, pembatasan makanan raw nutrient sepenuhnya masih jadi kontroversi. Ada beberapa pakar yang berpendapat bahwa proses pengolahan masakan mampu mematikan basil dan bakteri tertentu. Untuk itu, bila ingin memakan raw nutrient, tentukan kebersihan dan higienitasnya ya!


2. Hindari karbohidrat sederhana


Karbohidrat secara lazim terbagi menjadi dua, adalah karbohidrat sederhana dan karbohidrat kompleks. Karbohidrat sederhana mempunyai susunan zat yang gampang dicerna oleh tubuh. Sedangkan, karbohidrat kompleks mempunyai susunan zat yang memerlukan waktu lebih usang untuk dimasak, serta mengandung lebih banyak serat dan vitamin.


Mengonsumsi karbohidrat sederhana seperti pasta, nasi putih, gorengan, dan minuman manis dapat memajukan gula darah dalam badan, memajukan rasa ingin makan, hingga mengoptimalkan berat tubuh. Sebaliknya, karbohidrat kompleks mirip oat, nasi merah, dan apel dapat mengontrol kadar gula dalam darah sekaligus memperlihatkan energi lebih.


Satu mangkuk oatmeal bertabur blueberry dan potongan pisang.
Sajian yummy oatmeal selaku opsi karbohidrat kompleks. (Foto: Shutterstock)

three. Diet kenyang dengan perbanyak minum air putih


Sudah bukan belakang layar lagi jikalau air putih atau air mineral memperlihatkan banyak faedah untuk tubuh. Sebuah observasi yang dikerjakan oleh Department of Human Nutrition, Foods as well as Exercise, Amerika Serikat tahun 2010 menunjukkan bahwa minum air putih sebelum makan mampu menurunkan berat tubuh sekitar 2 kg dalam dua ahad dengan peluang sekitar 44%. Banyak minum air putih dapat menawarkan rasa kenyang extra , sehingga kita tidak makan terlalu banyak.


Air putih juga dapat mengembangkan proses metabolisme dalam tubuh. Dalam proses yang dinamakan resting free energy expenditure (REE), badan kita bermetabolisme meski tidak dalam keadaan bergerak. Konsumsi air putih akan membantu mengkremasi lemak. Jika metabolisme berjalan lancar, bobot badan pun dapat terjaga. Penelitian yang lain menyebut bahwa mengonsumsi ane liter air mineral per hari dapat memperabukan tambahan 23 kalori. Maka, seharusnya kita mengonsumsi setidaknya two liter air mineral per hari untuk mengoptimalkan proses metabolisme tubuh.


Tiga cara di atas mampu kau coba untuk menurunkan berat tubuh tanpa mesti kelaparan. Jangan lupa untuk membedakan rasa lapar (hunger) dan rasa cuma ingin makan (craving). Keduanya berlawanan. Biasanya harapan untuk mengkonsumsi makanan manis ataupun gurih muncul sebab craving, bukan sungguh-sungguh lapar.


Bagaimana? Sudah siap untuk hidup lebih sehat?


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel