Aneka Resep Soto Ayam dari Beragam Kota, Banjar hingga Banyumas

Begitu beragamnya menu soto ayam di Republic of Indonesia. Beda tempat, beda pula ciri khasnya. Meski sama-sama menggunakan bahan dasar ayam, aneka soto dari Banjar hingga Banyumas mempunyai karakter yang berbeda.


Ada soto yang menggunakan santan, ada pula yang bening. Misalnya saja soto Lamongan yang warna kuning dari kunyitnya begitu pekat. Ada pula soto Banjar yang nikmat disajikan dengan ayam kampung. Rasa yang bermacam-macam ini bisa kau coba di rumah.


Berikut yakni opsi resep soto untukmu. Yuk, kita ke dapur!


ane. Soto Banjar


Soto ayam bening yang berasal dari Borneo Selatan ini mempunyai racikan rempah yang kuat. Bumbu wajib yang menjadikannya berlainan yakni pekak, pala, dan cengkih. Kuahnya inilah yang menjadikannya berlainan.


Seperti soto kebanyakan, ayam pada soto Banjar dimasak terpisah. Agar lebih mantap, gunakan ayam kampung atau ayam pejantan. Jangan lupa lengkapi soto Banjar dengan perkedel dan ketupat. Yuk, simak resep soto Banjar dari Masak Apa Hari Ini!


ii. Soto Kudus


Soto kudus lengkap tersaji dengan telur dan taoge.
Saat isu terkini hujan menghampiri, hangatkan diri dengan semangkuk soto Kudus enak! (Foto: MAHI)

Soto Kudus juga tak boleh dilewatkan. Soto ayam bening tanpa santan ini juga kaya akan rempah, tetapi terasa lebih light dibandingkan soto Banjar. Soto Kudus juga yummy disuguhkan bareng kecap anggun.


Sayuran wajib pada soto ini adalah taoge. Selain itu, soto Kudus juga dihidangkan dengan sate-satean seperti sate usus, ati ampela, sampai telur puyuh. Ayo, coba resep soto Kudus ini di rumah!


3. Soto Ayam Lamongan


Soto lamongan dalam mangkok putih dengan sate ati ampela dan perkedel di sampingnya.
Soto Lamongan yakni salah satu yang paling terkenal di Republic of Indonesia. (Foto: Shutterstock)

Soto Ayam Lamongan ialah yang paling populer. Akrab disebut selaku soto ayam Surabaya atau soto Ambengan ini kerap hadir sebagai kuliner kaki lima. Kuah kuning menjadi ciri khas soto ini sebab kunyit, kemiri, dan bawang putih yang punya cita rasa kuat.


Irisan kol, tomat, dan bihun melengkapi nikmatnya soto ayam Lamongan. Begitupun dengan koya yang yang dibuat dari kerupuk udang bubuk, menjadikannya menjadi favorit banyak orang. Tantang dirimu untuk menjadikannya sendiri di rumah. Intip resep soto Lamongan ini dan suguhkan untuk keluarga tersayang.


iv. Soto Banyumas


Soto asal Banyumas juga sering disebut sroto Sokaraja. Istilah sroto memang nama lain dari soto. Penyebutan ini seperti dengan coto Makassar yang juga masuk ke dalam jenis soto. Soto Banyumas juga masuk ke dalam jenis soto ayam bening tanpa santan yang kuahnya kaya akan rempah. Ciri khas bumbunya ialah pala dan ketumbar.


Sajian ini mampu dihidangkan dengan daging ayam ataupun daging sapi. Dalam satu porsi soto Banyumas, kita mampu mendapati adonan taoge dan kerupuk cantir atau kerupuk bawang berwarna merah. Buat versimu sendiri dengan resep soto Banyumas berikut ini!


v. Soto Bongko


Jika kamu lebih menggemari soto ayam santan, cobalah membuat soto Bongko khas Sumedang. Sajian soto ini sekilas mirip ketupat sayur. Soto Bongko berisikan lontong, tauge, dan tahu goreng. Ada pula yang menyajikannya dengan serpihan ayam.


Bumbu halus pada soto ini cukup kaya, mulai dari kemiri, kunyit, pala, lengkuas, sampai cabai. Hadirnya daun jeruk juga menciptakan soto ayam santan ini tetap terasa segar. Ikuti resep soto Bongko untuk sarapan keluargamu,


Namanya soto ayam, pastilah menggunakan materi-materi yang gampang ditemukan sehari-harinya. Yuk, kita masak soto di rumah hari ini!


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel