5 Tips Memasak Hot Pot, Makanan Rebus Khas Asia untuk Cuaca Dingin

Siapa yang tidak mau menikmati masakan rebus berkuah yang disuguhkan hangat di trend hujan? Di tengah cuaca sejuk dan ingin mempertahankan suhu badan tetap fit, maka masakan jadi kuncinya. Tentu kamu oke jikalau sajian hot pot atau yang juga akrab dengan sebutan shabu-shabu ini sangat membangkitkan selera.


Hujan deras yang terjadi di saat-waktu mungkin akan menghambat jadwal jajan hot pot di luar bersama keluarga ataupun sobat-sahabat. Nah, ini jadi momen yang tepat untuk menciptakan sendiri kuliner yang seru disantap ramai-ramai ini!


Sebelum membuatnya, aku ingin membuatkan sedikit kiat dan informasi seputar keperluan menyajikan hot pot sendiri di rumah:


i. Masak hot pot haruslah beramai-ramai


Menikmati hotpot akan lebih seru bila setiap individunya memasak bahan-bahannya. Kalau kau tak memiliki kompor gas mini atau kompor listrik portable tak perlu membatalkan menjadikannya di rumah. Kamu bisa memakai rice cooker atau mini cooker yang umum kamu gunakan untuk kamping. Siapkan di atas meja makan dan tata agar mampu nyaman untuk mengolah masakan beramai-ramai.


ii. Siapkan panci khusus hot pot kuliner rebus


Gunakan panci yang memang biasa digunakan untuk mengolah makanan hot pot. Kalau tidak punya yang khusus, gunakan panci yang tidak terlalu dalam semoga kamu bisa dengan gampang mencelupkan materi ke dalam kaldu panas. Supaya lebih seru, kau bisa memakai panci one-half-half atau panci yang diberi sekat sehingga kamu mampu menikmati dua jenis kaldu secara terpisah.


Panci bersekat untuk dua jenis kaldu makanan rebus.
Gunakan dua jenis kaldu semoga makanan rebus Asia ini lebih seru. (Foto: Shutterstock)

3. Masak kaldu terlebih dahulu


Kaldu ayam, sapi, atau angsa mampu menjadi alternatif pilihan untuk sup dasar shabu-shabu. Kalau ingin bervariasi kamu mampu menyertakan bumbu tom yum. Bisa juga cita rasa pedas disertakan dengan pasta cabai atau serpihan cabai kering.


iv. Pilih bahan daging dan sayuran yang bermacam-macam


Selain kaldu, yang tak kalah penting yakni keberadaan daging, ikan, seafood, sayuran, tahu, hingga mi. Gunakan daging sapi iris yang bisa didapat dengan gampang di swalayan ataupun toko online. Daging sapi yang digunakan yaitu irisan daging tipis yang digunakan untuk BBQ, teppanyaki, atau teriyaki.


Sawi hijau, bok choy, sawi putih, ataupun jamur-jamuran ialah berbagai jenis sayuran yang mampu kamu hadirkan. Kamu juga bisa mendatangkan irisan daging ayam dan daging kambing jika suka. Sediakan juga pecahan tahu putih dan aneka mi (kwetiau, bihun, mi telur, atau suun) supaya makan hot pot lebih mengenyangkan.


Variasi daging untuk hidangan rebus.
Ragam kuliner rebus untuk materi-materi hot pot. (Foto: Shutterstock)

five. Tambahkan kondimen agar lebih mantap


Bersantap sajian rebus ini takkan lengkap bila tanpa kehadiran saus dan kondimen. Yang dimaksud dengan kondimen yaitu bahan-materi embel-embel yang disuguhkan untuk melengkapi atau menyempurnakan cita rasa hot pot. Beberapa diantaranya yaitu cincangan bawang putih, bawang daun, daun ketumbar, dan cabe.


Sementara untuk sausnya kamu bisa menawarkan kecap asin, minyak wijen, sambal rawit rebus, dan saus hoisin. Kamu mampu memilih atau mencampur beberapa jenis kondimen dengan saus.


Nah, sehabis mendapat info seputar menyiapkan hidangan hot pot, kau tentu takkan kebingungan lagi saat akan merencanakan kuliner rebus ini, kan? Yuk, sajikan hot pot untuk musim hujan ini!


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel