5 Resep Ayam Goreng yang Sederhana Tapi Istimewa

Mengolah ayam membutuhkan waktu yang cukup singkat dibandingkan daging sapi. Tak heran, kalau ayam goreng masuk ke dalam daftar carte du jour favorit para ibu di rumah. Namun, biar tak membosankan, tak ada salahnya kita berkreasi dalam mengolah bumbunya.


Ada beragam jenis variasi yang bisa kita pilih. Mulai dari dicampur tepung hingga tambahan lengkuas. Kamu bisa menyajikan sesuatu yang berlainan di rumah meski menggunakan bahan sehari-hari.


Berikut ini yakni lima nasehat resep untukmu!


i. Ayam Goreng Mentega


Meski sering hadir di kedai makanan Chinese, ayam goreng mentega rupanya berasal dari peranakan Belanda. Mentega memang dibawa dari Eropa, meskipun banyak yang menggunakan margarin alasannya lebih terjangkau. Namun, beberapa sumber menyebut masakan dipopulerkan oleh seorang chef dari mainland China.


Ciri khas hidangan ini selain penambahan mentega yakni kedatangan kecap Inggris. Ditambah dengan kecap asin, kecap anggun, dan merica membuat masakan ini cocok dikonsumsi dengan menu Chinese yang lain mirip cap cay ataupun tumisan sayur. Ikuti resep ayam mentega yang satu ini dan suguhkan untuk keluarga tercinta!


two. Ayam Goreng Tepung


Resep Ayam Goreng Crispy yang Tidak Bisa Dilewatkan
Resep ayam crispy yang tidak mampu dilewatkan. (Foto: MAHI)

Ayam goreng tepung juga tak kalah jadi favorit. Penambahan tepung yang crispy di bab luar menyulap daging ayam jadi lebih Istimewa. Aygor tepung yang sering dijual di restoran fast nutrient ini mampu kau buat sendiri di rumah.


Biasanya, hidangan ini memakai ayam negeri agar dagingnya tebal dan empuk. Selain rasanya nikmat, masakan ini cukup ringkas untuk dimakan. Untuk itu, kami merekomendasikan masakan ini untuk bekal atau acara kumpul keluarga. Resep ayam tepung ini bisa dibarengi oleh pemasak pemula. Yuk, kita coba!


three. Ayam Goreng Lengkuas


ayam goreng lengkuas tersaji
Nikmatnya ayam dengan kremesan lengkuas. (Foto: MAHI)

Jika kamu menginginkan hidangan yang lebih tradisional, ayam goreng lengkuas jawabannya. Ayam dengan parutan lengkuas yang crunchy punya rasa gurih. Tentunya menu ini bakal sulit ditolak!


Resep ayam lengkuas memakai bumbu kuning yang terdiri dari kunyit, bawang putih, dan bawang merah. Pilih ayam kampung atau ayam pejantan supaya rasanya lebih gurih. Sajikan olahan ayam ini selagi hangat bersama nasi putih dan sambal.


4. Ayam Goreng Kremes


Selain parutan lengkuas, kita juga mampu menggunakan campuran tepung terigu dan bumbu Istimewa yang lain selaku kremesan. Populer disajikan di rumah makan, kamu juga mampu menghidangkan carte ini di rumah.


Cara membuat ayam goreng kremes tak jauh berbeda dengan ayam lengkuas. Kita memakai kunyit, bawang putih, dengan pelengkap kemiri, serai, daun salam, dan jahe. Sisa bumbu ungkep ayam tersebut kita aduk dengan terigu, lalu goreng sebagai kremesan. Simak resep ayam kremes yang gampang disertai ini!


five. Ayam Goreng Kalasan


Pada dasarnya ayam goreng kalasan menggunakan bumbu kuning seperti kebanyakan. Sajian yang berasal dari kawasan Kalasan akrab Klaten ini memakai racikan kunyit, bawang putih, kemiri, dan ketumbar. Ada pula yang mengungkep ayam kalasan menggunakan air kelapa biar rasanya lebih gurih.


Tak hanya digoreng, ayam kalasan juga mampu dipanggang. Dengan bumbu yang kurang lebih sama, ayam yang telah diungkep dengan bumbu kita panggang. Untukmu yang ingin berkreasi dengan sajian ini, resep ayam kalasan berikut bisa jadi andalanmu. Disajikan dengan sambal terasi dan nasi hangat, ayam kalasan siap menggoyang lidahmu.


Dengan aneka resep ayam di atas, sajian ayam tak lagi monoton. Memasak dengan waktu ringkas,  mampu menghasilkan sesuatu yang istimewa untuk keluarga. Selamat mencoba!


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel