5 Resep Bakwan Enak dan Praktis untuk Camilan Sore Ini

Siapa coba yang tak kenal bakwan? Gorengan khas Nusantara ini mampu dihidangkan untuk camilan hingga bill of fare pendamping ketika makan besar. Tak heran kalau kudapan ini acap kali jadi primadona dan terdapat banyak resep bakwan. Cocok dicicipi saat buka puasa atau sekedar menjadi pengganjal perut di sore hari.


Gorengan berbahan dasar tepung ini mampu juga dipadukan bersama bermacam-macam protein dan serat, mulai dari sayuran hingga udang. Cara menjadikannya pun relatif sederhana dan kamu mampu meraciknya sendiri di rumah.


Berikut yakni lima resep yang mampu kau ikuti!


one. Resep Bakwan Sayur


Satu piring berisi beberapa bakwan tahu dengan saus sambal.
Camilan yummy untuk keluarga di rumah. (Foto: Shutterstock)

Gorengan yang dalam bahasa Sunda bernama “bala-bala” ini sering kita temui di gerobak di pinggir jalan hingga warung kopi. Sayuran yang paling kerap dijadikan bahan utama yaitu kol dan wortel.


Kembang kol memperlihatkan rasa gurih tambahan saat digoreng, apalagi jika dibumbui dengan pas bersama campuran. Jangan lupa untuk tambahkan sedikit Royco Kaldu Ayam agar rasanya kian kaya. Kamu bisa mengintip resep bakwan sayur ini untuk membuatnya sendiri di rumah.


2. Bakwan Tahu


Selain sayuran, tahu juga bisa jadi bahan utama gorengan enak ini. Kudapan yang juga disebut perkedel tahu ini kadang-kadang dijadikan card pendamping. Tahu yang digunakan bisa beragam, tetapi kami sarankan untuk menggunakan tahu kuning. Kita lumatkan tahu sampai hancur kemudian satukan dengan adonan terigu.


Tantangannya adalah tahu mengandung air yang lumayan banyak sehingga bisa menciptakan gorengan ini bertekstur benyek sampai hancur saat digoreng. Untuk itu, kamu tak perlu lagi tambahkan air, ya. Lihat resep bakwan tahu dan sajikan untuk keluarga tercinta!


3. Bakwan Udang


Ote-ote udang tersaji dengan sambal kecap.
Bakwan udang yang nikmat dicocol di sambal kecap. (Foto: MAHI)

Jika ingin hidangan yang lebih berenergi, saatnya membuat varian udang. Di Jawa Timur, menu ini disebut sebagai ote-ote udang. Namun pada dasarnya, bahan terutama tak jauh berlainan yaitu tepung terigu, sayuran, dengan embel-embel udang.


Udang yang digunakan untuk campuran ini biasanya yaitu udang peci. Jangan lupa untuk membuang kepalanya terlebih dulu ya sebelum diolah. Sajikan udang dengan sambal kecap selagi hangat. Intip resep bakwan udang berikut yang gampang untuk disertai.


4. Bakwan Jagung


Tak sah rasanya kalau kita melalaikan gorengan jagung. Kudapan yang juga disebut perkedel jagung ini sering dijadikan bill of fare pendamping dan dijual di banyak daerah, mulai dari warteg hingga restoran besar. Konon, yang paling terkenal berasal dari Manado.


Tentunya kau juga mampu mengolah bakwan jagung sendiri di rumah. Pilih jagung yang manis supaya rasa gorengannya nanti semakin gurih. Jagung bagus bisa ditemukan di pasar tradisional hingga swalayan. Hindari penambahan air pada gabungan terigunya, alasannya adalah jagung mengandung air yang bisa melumatkan gabungan.


five. Bakwan Oncom


Ingin hidangan yang lebih unik? Yuk, kita coba resep yang satu ini. Oncom yang berasal dari Jawa Barat ini juga mampu dimasak menjadi gorengan. Dijadikan sebagai camilan maupun carte du jour pendamping, versi oncom pantas dicoba.


Cara menjadikannya mirip mirip bakwan tahu. Kita siapkan tepung terigu dan telur untuk merekatkan oncom dengan baik. Tambahkan juga cabai merah untuk memperbesar rasa pedas dan segar pada makanan ringan ini. Simak resep bakwan oncom dan sajikan sesuatu yang berlawanan di meja hidanganmu.


Sudah tahu mau pilih yang mana? Lima resep di atas mampu diolah dalam waktu sekitar 30 menit saja. Masak cepat namun tetap lezat bukan hanya wacana!


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel