5 Pilihan Masakan Khas Tionghoa untuk Rayakan Imlek Tahun Ini

Menjamu tamu dan kerabat di Tahun Baru Imlek, tak lengkap rasanya tanpa masakan khas Tionghoa! Mulai dari capcay hingga fuyunghai yang telah populer kelezatannya. Suasana pun akan bertambah seru, jikalau kau memasaknya sendiri di rumah. Tak ada salahnya kan mencoba?


Kali ini tim MAHI mengembangkan v opsi kuliner khas Tionghoa yang cukup mudah untuk para pemula. Dengan persiapan yang minim, hidangan ini telah mampu menggoyang pengecap!


ane. Fuyunghai, kuliner khas Tionghoa


Fuyunghai Asam Manis tersaji di atas piring.
Beragam hidangan masakan Peranakan pasti kurang seru tanpa kedatangan Fuyunghai Asam Manis. (Foto: MAHI)

Siapa yang tak kenal fuyunghai? Makanan dengan materi utama telur ini mampu dimakan bawah umur hingga cukup umur. Tak seperti telur dadar biasa, fuyunghai diaduk dengan sayuran, daging ayam atau udang, dan dihidangkan bersama saus asam cantik.


Teksturnya pun berlawanan. Fuyunghai lebih padat umumnya alasannya adalah dicampur tepung tapioka atau tepung kentang biar sayuran dan daging menempel sempurna. Saat gabungan dimasukkan ke dalam wajan, pastikan minyak sudah panas. Namun, setelah itu kita kecilkan api semoga fuyunghai matang merata di bagian dalam. Penasaran dengan resep lengkapnya? Intip cara membuat fuyunghai dan sajikan bersama nasi hangat!


two. Pangsit kuah


Tahun baru Imlek juga biasanya disambut dengan hujan. Agar situasi lebih hangat, suguhkan pangsit kuah yang gurih buatanmu sendiri. Tenang saja, menjadikannya tak serumit itu kok! Kita cuma perlu beberapa bahan mirip kulit pangsit, udang, bawang bombay, dan sagu.


Adapun kuahnya, kita bisa membuat dari ayam bab punggung atau ceker. Jangan lupa tambahkan Royco Kaldu Ayam supaya kian nikmat. Resep pangsit kuah ini mampu disertai oleh pemula. Selain direbus, pangsit juga mampu kok kita goreng. Jadi, ada beberapa pilihan mempesona di meja makan!


iii. Nasi goreng


Nasi goreng tengah dimasak di atas wajan.
Nasi goreng gaya kedai makanan mainland China mempesona untuk dicoba di rumah. (Foto: Shutterstock)

Terbayang lezatnya nasi goreng di restoran Chinese? Kamu juga bisa menyuguhkan makanan ini di rumah. Berbeda dengan nasi goreng lainnya, versi ini lebih gurih dengan kecap yang tidak mendominasi.


Warna kehitaman pada nasi goreng berasal dari saus tiram dan kecap ikan. Tak heran rasanya cukup pekat, apalagi kalau kita tambahkan seafood seperti udang dan cumi. Yakin deh, kuliner di rumah akan habis dalam sekejap! Simak resep nasi goreng Hongkong dan rayakan Imlek bersama keluarga!


four. Ayam goreng mentega


Sajian yang tak kalah populer dari kuliner khas Tionghoa ialah ayam goreng mentega. Namun, meski ayam goreng mentega selalu ada di restoran Chinese, menu ini terinspirasi oleh bahan-bahan masak asal Barat mirip saus Inggris dan mentega. Meski begitu, tetap sah dong jikalau kita menyuguhkan ayam goreng ini ketika Imlek. Resep ayam goreng mentega ini mampu kamu ikuti dengan gampang!


v. Capcay udang


Tentunya kita tak boleh melewatkan sayuran di hidangan Imlek. Sajikan capcay, masakan Tionghoa yang sudah sungguh familiar di Indonesia. Capcay mempunyai arti “adonan sayuran” yang kita mampu bereksplorasi menambahkan sayuran favorit.


Agar rasanya tidak gagal, kita tambahkan kaldu udang. Cara menciptakan kaldu udang yaitu dengan merebus kulit udang dengan api kecil. Rasa capcay akan semakin kaya dengan kaldu yang kita buat sendiri di rumah. Yuk, kita coba resep capcay udang satu ini!


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel